Health

Gejala Infeksi Paru-paru, Kondisi yang Sempat Dialami Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

Gejala Infeksi Paru-paru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kulomo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022). Tjahjo disebut sempat mengalami infeksi paru-paru. Penyakit yang menyerang organ pernafasan ini diketahui dapat diakibatkan oleh virus, bakteri atau jamur. Salah satu jenis infeksi paru-paru paling umum yakni pneumonia.

Pneumonia mempengarungi kantung udara kecil pada paru-paru yang sering diakibatkan oleh bakteri. Tetapi, bisa juga disebabkan oleh virus.

Seseorang dapat tertular ketika menghirup bakteri atau virus dari droplet orang yang terinfeksi, lewat bersin dan batuk. Pneumonia biasanya cukup ringan. Namun, dapat menjadi masalah serius, terutama jika orang yang terinfeksi memiliki daya tahan tubuh rendah atau orang dengan penyakit kronis, seperti paru obstruktif kronis (PPOK).

Lihat Juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Wafat, Disebut Berawal dari Kelelahan

Gejala Infeksi Paru-paru

Seperti penyakit lain, infeksi pada paru-paru juga menyebabkan beberapa gejala yang harus diwaspadai. Berikut di antaranya:

1. Batuk disertai lendir kental

Batuk dengan disertai lendir kental bisa menjadi salah satu gejalanya. Pada beberapa kasus, lendir bisaberwarna putih, hijau, abu kekuningan, atau bahkan disertai darah.

2. Dada terasa nyeri

Nyeri pada dada yang diakibatkan oleh penyakit ini digabarkan sebagai rasa sakit tajam dan menusuk. Dada terasa semakin nyeri saat batuk atau bernapas. Rasa sakit ini juga bisa dirasakan pada punggung bagian tengah sampai atas.

Lihat Juga: Batuk Pilek dan Pneumonia Pada Anak

3. Demam

Saat tubuh melawan infeksi, demam menjadi salah satu tanda-tandanya. Demam juga dapat disertai dengan nyeri otot, keringat, dehidrasi, panas dingin, lemah dan sakit kepala.

4. Badan terasa sakit

Gejala infeksi paru-paru lainnya yaitu rasa sakit pada punggung dan otot. Kondisi ini disebut juga dengan myalgia.

5. Pilek

Pilek seperti flu lainnya disertai bersin juga kerap dialami oleh pengidap penyakit ini.

6. Sesak napas

Infeksi paru juga menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas. Kondisi ini pun membuat penderitanya kesulitan bernapas.

7. Badan terasa letih

Saat tubuh melawan infeksi, badan biasanya terasa lesu dan lelah, selama waktu ini, sangat penting untuk istirahat yang cukup.

Lihat Juga: Fungsi Paru-Paru dalam Organ Tubuh Manusia dan Jenis Penyakit yang Menyerang Paru-Paru Selain Covid-19

8. Mengi

Ketika bernapas, mungkin terdengar suara siualan yang dikenal sebagai mengi. Mengi juga merupakan gejala infeksi paru-paru yang harus diwaspadai. Kondisi ini dapat terjadi karena saluran udara menyempit. Selain itu, bisa juga menandakan adanya peradangan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top