Health

Gejala Jantung Bengkak Seperti Yang Dialami Melisha ‘Indonesian Idol’

Gejala Jantung Bengkak Seperti Yang Dialami Melisha ‘Indonesian Idol’

Melisha ‘Indonesian Idol’ meninggal dunia karena jantung bengkak. Kabar kepergian pemilik nama lengkap Melisha Sidabutar ini disampaikan oleh akun Instagram Indonesian Idol pada Rabu (9/12/2020).

“‘Beautiful soul is never forgotten’. Keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya ‘Melisha Sidabutar’. Kontestan Top 35 #IdolSpecialSeason. Rest In Peace @melishapricilla,” tulis akun tersebut.

Dari keterangan kerabat dekat, Melisha ‘Indonesian Idol’ meninggal karena pembengkakan jantung atau disebut juga cardiomegaly.  Sebelum meninggal dunia, gadis 19 tahun itu sempat mengeluh lemas.

“Jadi sudah dironsen, ditemukan ada pembengkakan jantung. Jadi emang udah lemes dari pagi or kemarin (nggak tau jelasnya ya guys). Terus mamanya cerita, mau dibawa ke RS dari kemarin, cuma Melisa bilang nggak usah, takut covid. Akhirnya hari ini bener-bener lemes dan terjadilah kejadian singkat ini,” terang Ellysia Belinda, sahabat Melisha.

Jantung bengkak seperti yang dialami oleh Melisha ‘Indonesian Idol’ saat meninggal bukanlah sebuah penyakit, tetapi pertanda dari kondisi klinis lainnya. Kondisi ini disebut dengan kardiomegali, yang bisa saja tida menunjukkan gejala awal pada beberapa orang.

Dikutip dari laman Web MD, ada beberapa pasien yang merasakan gejala seperti tidak nyaman pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari jantung bengkak:

  • Stress jangka pendek
  • Otot jantung melemah
  • Penyakit jantung koroner
  • Kondisi medis lain
  • Ritme jantung yang tidak normal
Lihat Juga: Alasan Daniel Mananta Mundur Dari Host Indonesia Idol

Biasanya pasien jantung bengkak bisa diobati dengan prosedur medis operasi atau cukup mengkonsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Ada beberapa gejala atau tanda yang harus dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi segera. Biasanya, gejala tidak muncul kecuali jantung membengkak sudah dalam kondisi sedang atau parah. Tanda-tanda yang sering tidak disadari oleh pasien adalah:

  • Perut kembung
  • Ritme jantung tidak normal, atau dikenal dengan sebutan aritmia
  • Dada terasa nyeri
  • Batuk, terutama ketika berbaring
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Pergelangan kaki dan tungkai membengkak
  • Kelelahan

Faktor Risiko Jantung Bengkak Seperti Yang Dialami Melisha ‘Indonesian Idol’

Namun, ada beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan jantung bengkak, seperti kelenjar tiroid atau kelainan jantung bawaan sejak lahir. Walaupun begitu, ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

  1. Tekanan darah tinggi yang lebih dari 140/90
  2. Riwayat keluarga, jika ada anggota keluarga seperti orang tua atau saudara kandung yang mengalami pembengkakan jantung, bisa jadi anda lebih rentan
  3. Jika terlahir dengan penyakit jantung bawaan yang mempengaruhi struktur jantung, kondisi ini lebih berisiko tinggi terkena jantung bengkak.

Mencegah Pembekakan Jantung

Ada beberapa hal terkait pola hidup yang dapat digunakan untuk mencegah terkena pembengkakan jantung seperti yang dialami Melisha ‘Indonesian idol’. Anda bisa mencatat beberapa hal berikut ini.

  1. Olahraga, untuk menghindari kondisi pembengkakan jantung, disarankan untuk rajin berolahraga. Jenis olahraganya sendiri bisa dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter, jika sebelumnya memiliki masalah kesehatan.
  2. Berhenti merokok, dikutip dari Healthline, penting untuk berhenti merokok demi mencegah penyakit ini. Metode seperti terapi atau produk pengganti nikotin bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok.
  3. Menurunkan berat badan, yang satu ini juga sama pentingnya dengan berolahraga atau berhenti merokok. Obesitas menjadi salah satu faktor jantung membengkak mudah terjadi. Mengatur pola makan, membatasi konsumsi garam, kolesterol, atau lemak jenuh dapat menjadi langkah awal.
  4. Hindari alkohol dan stress, sangat penting untuk menghindari alkohol, dan mengelola stress. Meditasi atau yoga bisa menjadi salah satu teknik relaksasi untuk mengelola stress. Selain itu, membatasi konsumsi kafein juga penting.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top