Health

Girls, Yuk Hindari 7 Larangan Saat Haid Ini!

Larangan saat Haid

Setiap bulannya, wajar bagi para wanita untuk menyambut tamu yang rutin menyapa, yaitu haid atau menstruasi. Ada berbagai macam reaksi tubuh terhadap haid yang berbeda-beda pada setiap wanita. Ada beberapa wanita yang mengalami nyeri perut yang dahsyat, ada juga yang tidak mengalami nyeri perut sama sekali.

Baca Juga : Dismenore : Pengertian, Penyebab, dan Cara Alami Mengatasinya

Selain nyeri perut, haid juga dapat membuat wanita lebih moody atau lebih sering mengalami perubahan emosi. Perubahan mood ini tidak terlepas dari perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Tidak hanya itu, perubahan hormon bahkan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan kehilangan nafsu makan bagi para wanita.

Oleh karena itu, untuk menghadapi perubahan hormon di dalam tubuh, ada beberapa larangan saat haid yang harus diperhatikan oleh wanita. Berbagai hal yang dapat mempengaruhi produksi hormon harus diperhatikan oleh para wanita saat haid, mulai dari kandungan makanan yang dikonsumsi, aktivitas dan kegiatan yang dilakukan, bahkan kegiatan atau kebiasaan sehari-hari. Yuk, langsung kita telusuri saja 7 larangan saat haid yang harus dihindari wanita!

1. Mengonsumsi Makanan Asin

Hindari konsumsi makanan asin saat haid
Makanan asin dapat memperparah nyeri perut

Nafsu makan saat haid memang terkadang bisa berubah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Nah, kamu perlu berhati-hati jika perubahan hormon di dalam tubuhmu membuat kamu ingin mengonsumsi makanan-makanan yang asin. Pasalnya, makanan asin dapat memperburuk kembung dan kram yang kamu rasakan saat haid loh!

2. Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Hindari konsumsi produk olahan susu saat haid
Produk olahan susu dapat meningkatkan kadar gas dalam perut

Selain makanan asin, kamu juga harus menghindari konsumsi produk olahan susu untuk sementara ya. Seperti yang kita ketahui, pencernaan produk olahan susu dapat menghasilkan gas dalam perut. Padahal, saat haid, kandungan gas dalam perut sudah meningkat akibat pengaruh hormon. Nah, kadar gas yang terlalu banyak di dalam perut ini dapat membuat perut terasa kembung, bahkan memicu terjadinya nyeri atau kram pada perut. Kalau kamu sudah biasa mengalami kram perut saat haid, konsumsi produk olahan susu yang berlebihan ini dapat membuat kram perutmu menjadi lebih mengganggu.

3. Mengkonsumsi Kafein

Konsumsi kafein merupakan salah satu larangan saat haid
Kandungan kafein dapat memperparah nyeri perut

Kandungan makanan atau minuman yang harus kamu hindari saat haid adalah kafein. Kafein yang kamu konsumsi dapat mempersempit pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah di bagian rahim kamu. Penyempitan pembuluh darah di rahim inilah yang akan memperparah nyeri atau kram perut yang kamu rasakan saat haid.

Selain mempersempit pembuluh darah, kafein juga meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menimbulkan berbagai jenis gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang kamu alami ini juga pastinya akan membuat perut kamu semakin terasa tidak nyaman ya. Tidak hanya sampai di situ, kandungan kafein juga dapat merusak mood, memicu perasaan cemas dan gelisah, serta membuat kamu kurang tidur dan istirahat. Nah, untuk menghindari kafein, bukan hanya kopi ya yang harus kamu hentikan konsumsinya sementara. Makanan dan minuman yang mengandung teh dan cokelat juga harus kamu hindari, karena keduanya merupakan makanan dengan kadar kafein di dalamnya.

4. Malas Mengganti Pembalut

Pembalut harus sering diganti saat haid
Malas mengganti pembalut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri

Nah, pantangan keempat ini yang mungkin sudah banyak diketahui oleh para wanita, tetapi tetap jarang dilaksanakan. Waktu ideal untuk mengganti pembalut saat haid adalah setiap 3 sampai 6 jam sekali, disesuaikan dengan volume haid pada saat itu. Penggantian pembalut ini terutama ditujukan untuk menghindari perkembangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, penggantian pembalut juga dapat menghindari aroma tidak sedap di organ intim wanita saat haid. Bagi kamu yang rutin berolahraga, kamu harus lebih sering mengganti pembalut ya saat olahraga.

5. Berhenti Berolahraga

Olahraga dianjurkan untuk dilakukan saat haid
Olahraga harus tetap dilanjutkan selama haid berlangsung

Yup, kalimat terakhir di poin sebelumnya tidak salah kok! Larangan saat haid selanjutnya adalah larangan untuk berhenti berolahraga, alias kamu harus tetap rutin berolahraga saat haid. Masih banyak wanita yang menghentikan kebiasaan olahraga saat haid datang menghampiri. Padahal, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh tidak berpengaruh terhadap fisik, sehingga tidak akan menyebabkan masalah apa-apa jika kamu tetap melanjutkan berolahraga saat haid.

Berolahraga saat haid malah dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan berolahraga saat haid bahkan akan membantu kamu mengurangi nyeri datang bulan. Beberapa opsi olahraga yang dapat kamu lakukan saat haid misalnya bersepeda, lari pagi, atau bahkan sekedar jalan pagi.

6. Begadang

Salah satu larangan saat haid adalah begadang
Pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup saat haid

Begadang adalah salah satu kebiasaan buruk yang melekat pada hampir semua orang, termasuk para wanita. Saat sedang haid, usahakan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini ya. Pasalnya, begadang atau kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Padahal, hormon kortisol ini dikenal sebagai hormon yang dapat memicu stres. Selain itu, ketidakseimbangan hormon saat haid akan dapat menyebabkan semakin beratnya gejala pre-menstruasi yang kamu alami.

Tidak hanya ditilik dari sisi hormon, kurang tidur atau kurang istirahat saat haid juga dapat memperburuk mood kamu loh! Dengan mood yang tidak baik, pastinya juga akan sangat tidak nyaman bagi kamu untuk menjalani kegiatan sehari-hari kamu. Oleh karena itu,  yuk usahakan memberi jatah istirahat yang cukup untuk tubuh selama masa haid atau menstruasi!

7. Waxing

Waxing tidak dianjurkan saat haid
Waxing tidak dianjurkan saat haid

Larangan saat haid yang terakhir ini adalah larangan untuk melakukan waxing. Selama haid, tubuh kamu akan menjadi lebih peka terhadap rasa sakit. Kulitmu pun akan menjadi lebih sensitif karena perubahan hormon yang terjadi. Peningkatan sensitivitas ini diakibatkan oleh reseptor rasa sakit yang meningkat ketika haid sedang berlangsung. Oleh karena itu, apabila kamu melakukan waxing saat haid, rasa sakit yang kamu rasakan akan lebih parah dibandingkan biasanya.

Baca Juga : 13 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Menstruasi

Semoga informasi terkait larangan saat haid ini bisa membantu kamu mengatasi dan menjalani masa-masa datang bulan ya. Memang, larangan yang diberikan ada berbagai macamnya, mulai dari larangan makanan hingga larangan aktivitas. Akan tetapi, perlu diingat bahwa hormon dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, dan perubahan yang kamu rasakan saat haid pun disebabkan oleh aktivitas hormon. Oleh karena itu, yuk patuhi ketujuh larangan saat haid ini supaya kamu dapat menjalani haid dengan lebih nyaman!

To Top