Health

Habis Lebaran, Liburan Badan jadi Lebaran

 

Bisa dilihat di rumah Anda masing-masing, pasti masih ada sisa makanan lebaran. Bahkan, ada toples-toples yang masih tertutup rapi. Lebaran memang identik dengan bingksan dan parsel. Tidak bisa disangkal lagi, hal tersebut menjadikan hasrat untuk mengemil lebih tinggi. Apalagi masih suasana liburan pasca lebaran.

Selain itu, pasca lebaran juga masih ada beberapa acara keluarga, kampung maupun kantor yang mengangkat tema halal bihalal. Sudah bisa dibak bukan menunya apa? Lontong opor juga belum bisa move on untuk akhir-akhir ini. Layaknya balas dendam setelah sebulan puasa. Pasca lebaran kita disuguhkan beranekaragam makanan yang menggoda.

Belum lagi yang melakukan perjalanan wisata ke suatu kota. Menikmati makanan khas di kota tujuan menjadi kegiatan kuliner yang menyenangkan. Biasanya di kota wisata memiliki hidangan berat yang menjadi ciri khas, semisal kota Yogyakarta terkenal dengan nasi gudeg, Solo terkenang dengan tengkleng kambing, Rujak Cingur di Surabaya, dsb. Potensi berat badan naik sangat tinggi bukan?

Apakah berat badan Anda stabil setelah puasa berakhir? Bisa pasca lebaran dan liburan tubuh jadi lebar alias lebaran. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak mengontrol makan dan pola hidup yang sehat. Untuk menjaga kestabilan berat badan, Anda bisa melakukan pola hidup sehat pasca lebaran dan liburan berikut ini.

Pertama adalah berolahraga. Berolahraga tidak harus ke luar rumah. Di dalam rumah ataupun di halaman juga bisa dilakukan. Jika Anda masih measakan lelah dan enggan olahraga ke luar rumah, Anda bisa melakukan senam aerobic, yoga maupun senam lantai di rumah saja. Skipping juga bisa menjadi pilihan alternative lainnya. Olahraga tanpa biaya tersebt sangat efektif menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan Anda.

Kemudian, hindari ngemil di malam hari. Apabila Anda seharian sudah wisata kuliner dan menikmati makanan berat, maka usahakan tidak memakan camilan di malam hari. Mengemil di malam hari diyakini mampu menambah berat badan lebih cepat.

Kalau merasa lapar di malam hari. Anda bisa memakan buah secukupnya atau sekedar minum jus buah. Hal tersebut dapat mencegah Anda supaya tidak menikmati camilan terlalu banyak. Selanjutnya, jangan lupa minum air putih secukupnya dalam sehari. Memperbanyak minum air putih baik untuk kesehatan .

Nah, beberapa tips sederhana di atas, bisa Anda lakukan agar pasca lebaran dan liburan tuuh Anda tidak jadi lebaran. Jangan bermalas-malasan untuk bergerak meskipun masih liburan. Menjaga kestabilan berat badan ideal akan menunjang kesehatan tubuh Anda.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top