Health

Hal Penyebab Turunnya Kekebalan Tubuh

Hal Penyebab Turunnya Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sering disebut imun system merupakan system pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing meliputi virus, bakteri, prototozoa dan parasit. Selain itu, system kekebalan tubuh juga berperan dalam perlawanan terhadao protein tubuh dan molekul lain seperti terjadi pada autoimunitas dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor. Jika kekebalan tubuh kita melemah, kita akan lebih mudah untuk terserang beberapa penyakit. Oleh karena itu,perlu diketahui beberapa hal yang mampu memnurunkan system kekebalan tubuh sebagai berikut;

  • Terlalu Sering Mengkonsumsi Rokok dan Alkohol

Sepertinya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan gangguan pernapasan. Ganggan pernapasan tersebutlah efek dari asap rokok yang mengandung banyak bakteri, sehingga para perokok lebih rentan mengalami penyakit gangguan pernapasan seperti asma, peunomia, bronkitis. Selain rokok, mengkonsumsi alcohol juga sangat berpengaruh pada system kekebalan tubuh. Karena mengkonsumsi alcohol terlalu banyak dapat menghancurkan antibodi. Padahal antibody tersebut berperan penting dalam melwan virus yang ada pada tubuh. Jika antibodi rusak akibat kecanduan dapat mengakibatkan virus masuk dan berdapak terserang penyakit tubercolusis.

  • Menghirup Udara yang Berpolusi

Seperti halnya dengan asap rokok, udara yang berpolusi seperti asap kendaraan dapat menyebabkan system kekebalan tubuh menurun. Dalam polusi udara tersebut yang mengandung berbagai macam zat berbahaya yang mampu menurunkan system kekebalan tubuh

  • Tidur yang Tidak Berkualitas

Tidur merupakan kebutuhan primer manusia untuk menyeimbangkan tubuh. Jika seseorang memiliki jam tidur yang tidak berkualitas, maka tubuh tidak dapat memproduksi sel darah putih dengan baik. Faktanya, sel sangat berperan penting dalam tubuh untuk melawan bakteri dalam tubuh. Selain itu, jam tidur yang tidak konsisten mampu menyebabkan gangguan kesehatan seperti stroke, jantung, hipertensi diabetes, dsb.

  • Stress

Mungkin hal ini sering diabaikan. Stress dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius. Tingkat stress yang tinggi mempengaruhi ketidakseimbangan hormone yang terdapat dalam tubuh, sehingga system kekebalan tubuh melemah.

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Kebersihan dalam hal apapun sangatlah penting, baik makanan, tempat, pakaian dan lingkungan sekitar. Kondisi yang kotor ataupun jorok akan menimbulkan berbagai organisme, bakteri atau virus-virus yang mampu membuat system kekebalan tubuh melemah.

  • Asupan Mineral yang Kurang

Mineral merupakan asupan yang penting bagi tubuh. Dapat diketahui bahwa fungsi cairan yaitu untuk membilas semua racun yang ada pada system imun tubuh. Maka dari itu kita perlu memenuhi asupan air atau mineral untuk menjaga keseimbangan terutama menjaga system imun.

            Kesehatan sangatlah berharga untuk mendukung produktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kita perlu menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan fit. Menghindari hal-hal yang dapat menurunkan kekebalan tubuh merupakan salah satu upaya agar kita dapat beraktivitas dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top