Health

Harga Hingga Cara Daftar Vaksin Gotong Royong Kimia Farma

Vaksinasi Gotong Royong, Kimia Farma

Vaksin gotong royong saat ini secara resmi bisa didapatkan secara individu, tentunya tidak gratis ya. Pelaksanaannya akan dilakukan oleh PT Kimia Farma Tbk di 6 kota di Indonesia. Sebelumnya, program vaksin mandiri ini diperuntukkan kepada perusahaan yang ingin memberikan karyawannya vaksin COVID-19.

Namun, pada 5 Juli 2021, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menetapkan peraturan Menteri Kesehatan mengenai pelaksanaan vaksinasi dalam menanggulangi pandemi. Dalam peraturan tersebut, tertulis seseorang dapat ‘membeli’ sendiri vaksin CIVID-19 melalui vaksinasi gotong royong perorangan.

Tidak Untuk Dosis Ketiga

Indonesia memang tengah berencana untuk memberikan vaksin penguat atau booster yang merupakan dosis ketiga vaksin COVID-19 yang diperuntukkan bagi tenaga Kesehatan. Baksin berbayar yang disediakan Kimia Farm aini tak melayani dosis ketiga untuk masyarakat umum.

“Hingga kini masih untuk dua dosis,” kata Jubir vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, Minggu (11/7/2021).

Lihat Juga: Lakukan Beberapa Cara Ini, Sebelum Vaksin Covid-19

Jenis Dan Harga Vaksin Gotong Royong Kimia Farma

Sama halnya dengan vaksinasi gotong royong bagi perusahaan, vaksinasi individu berbayar Kimia Farma juga menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksinasi umum. Salah satu jenis vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi ini adalah vaksin buatan Sinopharm.

Nantinya vaksin mandiri ini dapat diperoleh dengan membayar Rp 321.660/dosis ditambah harga layanan Rp 117.910. Jadi, total untuk mendapat satu dosis vaksin ini yaitu Rp 439.570.

“Untuk per orang membutuhkan dua dosis, 2 x Rp 439.570 = Rp 879.140,” terang dr Nadia.

Lokasi Vaksinasi Gotong Royong Kimia Farma

Sebelum mendaftar, peserta dapat menentukan lebih dahulu lokasi klinik terdekat dengan tempat tinggal. Karena Kimia Farma baru membuka 8 klinik yang melayani vaksinasi COVID-19, yaitu:

  1. Jakarta KF Senen (200 orang/hari)
  2. Jakarta KF Pulogadung (200 orang/hari)
  3. Jakarta KF Blok M (100-200 orang/hari)
  4. Bandung KF Supratman (Drive Thru, 200 orang/hari)
  5. Semarang KF Citarum (100orang/hari)
  6. Solo KF Suhoharjo (500 orang/hari)
  7. Surabaya KF Sedati (200 orang/hari)
  8. Bali KF Batubulan (100 orang/hari)

Cara Pendaftaran

Menurut Plt Direktur Utama Kimia Farma Agus Chandra, ada 3 pilihan pendaftaran vaksin gotong royong, di antaranya:

  1. Menghubungi call center Kimia Farma 1-500-255
  2. Mendaftak ke laman resmi www.kimiafarmaapotek.co.id yang kemudian akan diarahkan menuju nomoe WhatsApp.
  3. Melalui aplikasi Kimia Farma Mobile yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Namun, aplikasi ini baru dapat diakses pada Kamis (15/7/2021) karena masih penyempurnaan.
  4. Jadwal vaksinasi Gotong Royong Individu berbayar yang sedianya bisa diakses di Klinik Kimia Farma hari ini ditunda. Kimia Farma akan melakukan perpanjangan proses sosialisasi terlebih dahulu.

kimia Farma Tunda Jadwal Vaksinasi Gotong Royong

Jadwal vaksinasi berbayar di Kimia Farma yang seharusnya dimulai hari ini ditunda. Kimia Farma mengaku akan memperpanjang sosialisasi lebih dahulu.

“Kami mohon maaf sebab jadwal vaksinasi Gotong Royong Individu yang awalnya dimulai Senin, 12 Juli 2021 kami tunda sampai pemberitahuan berikutnya,” ungkap Corporate Communications PT Kimia Farma Apotek Novia Valentina, Senin (12/7/2021).

Ia menjelaskan, penundaan tersebut karena besarnya animo masyarakat. Karena itu, pihak Kimia Farma perlu memperpanjang masa sosialisasi program vaksinasi berbayar tersebut.

“Tingginya animo dan banyaknya pertanyaan yang masuk membuat Manajemen memutuskan memperpanjang masa sosialisasi vaksinasi individu dan pengaturan pendaftaran calon peserta,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top