Health

Hati-Hati dengan Diet GM

diet GM

Banyak orang yang memilih diet sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah Diet GM. Diet GM dikenal pada 1985 saat digunakan untuk karyawan General Motors. Beberapa mengatakan bahwa diet ini dibantu Departemen Pertanian AS dan FDA, dengan pengujian dari Pusat Penelitian John Hopkins.

Dikutip dari Healthline, hal tersebut dianggap mitos dan sesat informasi. Diet GM masih belum diketahui asal mulanya. Sehingga kredibilitas tentang diet tersebut dipertanyakan. Diet tersebut dikenal dengan diet yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat, sekitar 6,8 kilogram dalam waktu tujuh hari. Cepat sekali bukan?

Bagaimana Tahapan Diet GM?

Diet ini dirancang sangat ketat dalam tujuh hari. Masing-masing hari memiliki aturan ketat tentang kelompok makanan yang dapat dikonsumsi. Beberapa klaim menyatakan bahwa diet ini dapat menyingkirkan racun dalam tubuh (detox), melancarkan pencernaan, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

Banyak pendukung diet GM bahwa diet tersebut berhasil karena banyak mengonsumsi makanan diet rendah kalori, seperti buah-buahan dan sayuran. Bahkan diet ini juga menggunakan makanan yang banyak air, seperti buah pir, yang dapat membantu detoksifikasi racun dalam tubuh.

Diet ini melarang kita mengonsumsi kacang karena tinggi kalori dan menyebabkan penambahan berat badan. Mengonsumi teh dan kopi tanpa pemanis diperbolehkan. Setelah Diet GM, kita perlu melanjutkannya dengan konsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk mempertahankan penurunan berat badan.

Untuk dapat mencapai berat badan yang ideal, kita bisa melakukannya beberapa kali. Waktu yang direkomendasikan perlu mengambil jarak antara 5 sampai 7 hari selang diet pertama. Kita juga perlu mengonsumsi sup diet GM yang dibuat dari kubis, seledri, tomat, bawang, dan paprika.

Makanan yang Dikonsumsi Saat Menjalani Diet GM

1.     Hari Pertama

Di hari pertama kamu memakan buah-buahan, tidak dibatasi berapa banyak buah yang dapat kamu konsumsi, kecuali pisang. Untuk sarapan kamu bisa memakan semangkuk beri campur. Makan siang dan malam menggunakan apel dan jeruk. Cemilan yang diperbolehkan adalah buah pir, semangkuk semangka, dan semangkuk irisan melon.

2.     Hari kedua

Di hari kedua ini kita hanya mengonsumsi sayuran, baik mentah atau masak. Batasi konsumsi makanan semangkuk kentang untuk sarapan. Untuk makan siang kita dapat mengonsumsi kepala brokoli rebus. Sedangkan makan malam dengan asparagus dan arugula yang direbus. Untuk cemilan kita bisa makan wortel bayu, tomat ceri, dan mentimun.

3.     Hari Ketiga

Hari ketiga kita memakan buah dan sayuran kecuali pisang dan kentang. Sarapan dapat mengonsumsi apel, disusul bayam dengan mentimun dan tomat untuk makan siang. Untuk makan malamnya kita bisa menyajikan alpukat dan stroberi. Hanya makan buah dan sayuran dalam bentuk apa pun kecuali pisang dan kentang. Cemilan kita bisa memilih buah atau sayur yang kita sukai.

4.     Hari Keempat

Di hari keempat kita hanya mengonsumi pisang dan susu. Sarapan, makan siang, dan malam hanya mengonsumsi 2 buah pisang besar dan segelas susu. Dalam sehari kita bisa makan 6 pisang besar atau 8 pisang kecil.

5.     Hari Kelima

Kita mengonsumsi tiga tomat untuk sarapan. Sedangkan untuk makan siang kita boleh mengonsumsi daging sapi, ayam,atau ikan sebanyak 10 ons atau setara dengan 284 gram. Untuk vegetarian, daging dapat diganti dengan nasi merah atau keju cottage

6.     Hari Keenam

Untuk hari keenam, kita dapat mengonsumsi daging seperti hari pertama. Untuk sarapan, makanlah ½ alpukat. Variasi dagingnya dapat disesuaikan, termasuk dengan jumlah sayuran yang akan dikonsumsi tidak terbatas.

7.     Hari Tujuh

Hari terakhir kita hanya boleh mengonsumsi nasi merah dengan sayuran dan buah-buahan. Batasi nasi merah hanya sebanyak satu mangkuk saja ditambah lauk sayuran. Kita juga bisa mengonsumsi jus buah dan sayuran.

Mengapa Diet GM Berbahaya?

Ada berbagai kelemahan untuk menjalankan diet ini. Salah satunya tidak ada penelitian yang mengevaluasi kerja dari diet GM. Menurut penelitian Academy of Nutrition and Dietetics, mereka mengklaim bahwa Diet ini  “makanan rendah kalori” dapat membakar lebih banyak kalori. Masalahnya, tidak ada bukti yang mendukung hal tersebut. Diet GM tetap memasok kalori. Kemudian beberapa makanan membutuhkan kalori untuk mencerna makanan yang lain.

Diet GM juga tidak seimbang dan menyebabkan kelaparan. Diet ini juga menyediakan protein yang rendah, itu cukup berbahaya bagi tubuh. Bahkan diet ini juga tidak memasukkan nutrisi penting seperti vitamin B12, zat besi, kalsium, dan mineral penting lainnya. Setelah melakukan diet GM, berat badan akan berkurang pesat. Tetapi tubuh akan terasa lemas dan pucat. Kondisi tersebut membuat tubuh mudah terserang penyakit hingga terserang tifus.

Diet ini sering disebut dengan diet yoyo, yakni diet yang membuat berat badan cepat turun dan cepat naik kembali. Bahkan dalam tubuh ini, kita bukan kehilangan lemak, melainkan air. Ketika kita mengurangi asupan kalori, tubuh akan mencari simpanan glikogen yang memegang banyak air. Glikogen mengandung banyak air, ketika simpanan glikogen habis, itu dapat menurunkan berat badan.

Sebelum melakukan diet, sebaiknya cobalah untuk mencari diet alternatif atau melakukan olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter agar kita dapat mengetahui nutrisi tubuh yang penting. Dengan itu kita mengetahui makanan apa yang membuat tubuh sensitif sehingga menimbulkan kenaikan berat badan. Terapkan juga pola makan “eating clean”, agar tubuh sehat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top