Health

Heboh Paracetamol Dikaitkan dengan Gagal Ginjal Misterius, Kemenkes Setop Penjualan Obat Sirup

Kemenkes Setop Sementara Peredaran Paracetamol Sirup

Belakangan ramai adanya gagal ginjal misterius pada anak yang diduga dipicu oleh paracetamol cair. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI mengimbau tenaga kesehatan untuk menghentikan pemberian resep obat dalam bentuk sirup atau cair. Selain itu, apotek juga diimbau menyetop penjualan obat dalam bentuk tersebut untuk sementara waktu.

“Tenaga Kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Kemenkes RI dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

“Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari pemerintah,” sambungnya.

Kemenkes juga meminta Dinas Kesehatan di setiap provinsi, kabupaten/kota dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengedukasi masyarakat. Terutama, bagi orangtua yang mempunyai anak berusia kurang dari 6 tahun. Berikut gejala gagal ginjal akut pada anak yang perlu diwaspadai:

  • Volume atau frekuensi urine menurun
  • Tidak adanya urine

Dengan maupun tanpa deman atau gejala prodromal lain untuk segera menuju ke fasilitas kesehatan terdekat. Bagi orangtua yang memiliki anak balita, disarankan untuk tidak memberikan obat-obatan tanpa resep dokter atau tenaga kesehatan.

“Orang tua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Kemenkes.

Lihat Juga: Penyakit Gagal Ginjal Akut Sebabkan 192 Anak di 20 Provinsi Indonesia Meninggal

Kemenkes juga mengimbau agar memberikan perawatan non farmakologis kepada anak. Salah satunya dengan kompres air hangat, jadi jika anak demam jangan terburu-buru memberikan obat-obatan, termasuk paracetamol.

“Perawatan anak sakit yang menderita demam di rumah lebih mengedepankan tatalaksana non farmakologis. Misalnya seperti mencukupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis,” ujar Kemenkes.

“Jika terdapat tanda-tanda bahaya, segera bawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.”

Paracetamol Belum Jadi Penyebab Pasti Gagal Ginjal Misterius

Ditekankan, hingga kini belum ada temuan yang pasti terkait penyebab gangguan ginjal misterius pada anak yang belakangan menggemparkan sejumlah negara, termasuk Indonesia. Di Gambia, tiga produk obat sirup paracetamol diduga terkait, namun dipastikan ketiga produk itu tak beredar di Indonesia.

Lihat Juga: Gara-gara Paracetamol, 66 Anak Gambia Meninggal Gagal Ginjal

Sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan untuk mewaspadai dini penggunaan sirup paracetamol. Dalam pernyataannya, dr Pimprim mengatakan, hingga kini Kemenkes RI masih menelusuri lebih lanjut terkait efek penggunaan paracetamol terhadap kasus gagal ginjal misterius.

Artinya, belum ada diketahui penyebab pasti gagal ginjal misterius pada anak ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top