Health

Hindari Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Gigimu

Gigi merupakan bagian penting juga pada tubuh kita. Selain menjadi alat untuk mengunyah makanan, gigi juga menjadi bagian penting dari penampilan kita. Ada secuil makanan nyangkut saja membuat kita tidak percaya diri, apalagi jika terjadi kerusakan pada gigi. Kesehatan gigi soal kuat dan tidaknya saja, namun dari segi kerapian gigi hingga warnanya juga mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Nah, bagaimana agar gigi kalian sehat dari segi kekuatan, kerapian dan warnanya? Simak ulasan berikut agar gigi kalian tetap sehat.

Mengurangi Makanan Manis

Gula dan pemanis menjadi bahan baku hampir untuk semua makanan. Kita tidak bisa mengelakkan hal tersebut. Kemudian, untuk menjaga kesehatan gigi kita juga harus pandai memilih makanan. Terutama makanan yang mengandung gula, kita harus berusaha untuk menguranginya agar gigi tetap sehat. Ada apa dengan makanan manis? Makanan manis yang mengandung gula lebih mudah menempel di gigi, hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan plak dan karang gigi pada sela-sela gusi lalu menyebabkan sarang bakteri. Selanjutnya, kerusakan seperti gigi berlubang menjadi hal fatal membuat kita tidak nyaman saat makan dan mudah ngilu ketika makan makanan manis atau dingin.

Memaksakan Memakai Tusuk Gigi

Sering mengalami makanan yang nyelip di sela-sela gigi? Lantas kalian risih dan menggunakan tusuk gigi untuk mengambil sisa makanan tersebut. Memang hal tersebut sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi perlu diperhatikan dalam memakai tusuk gigi. Pasalnya memakai tusuk gigi apalagi memaksakannya agar dapat meraih sisa makanan yang nyelip dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi. Tusuk gigi yang tajam dapat menyebabkan gusi berdarah, gigi renggang dan gangguan kesehatan gigi lainnya.

Mengurangi Makanan dan Minuman yang Dingin atau Panas

Sejatinya memang nikmat jika makan bakso panas dan minumnya es teh. Padahal tanpa disadari, kebiasaan yang bikin nikmat tersebut dapat merusak gigi kalian. Namun, bagi sebagian orang yang mengalami gangguan pada gigi seperti ngilu, sebaiknya mengurangi makanan atau minuman baik yang panas maupun dingin. Hal tersebut terjadi karena lapisan pada gigi luar mulai menipis.

Mengurangi Rokok

Asal kalian tahu, yang pada mengkonsumsi rokok harus memperhatikannya. Rokok tidak hanya menyebabkan gangguan pada organ dalam yaitu jantung dan paru-paru, namun juga menyebabkan kerusakan pada gigi. Nikotin yang terkandung dalam rokok dan menempel di gigi membuat gigi kalian lama-kelamaan menguning dan mudah kerropos.

Tidak Berlebihan Minum Kopi

Selain rokok, kopi juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kafein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi kuning, gigi keropos hingga gigi berlubang. So, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi agar gigi kalian tetap sehat.

Menghindari hal-hal di atas mampu meminimalisir kerusakan pada gigi. Selain itu,ada hal-hal sepele lainnya yang mampu merusak gigi kalian seperti terlalu sering mengunyah permen, menyobek plastik dengan gigi bahkan mengunyah es batu. Untuk tetap bisa menjaganya kalian harus rajin menyikat gigi dengan rutin. Hubungi dokter jika ada gangguan serius. Hindari hal-hal sepele yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan membersihkan gigi dengan rutin dan benar. Gigi yang sehat akan membuat kalian nyaman ketika makan dan membuat kalian tampil lebih percaya diri. Berikan senyum terbaik kalian dengan gigi yang sehat dan bersih.

 

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top