Health

Ingin Diet Berhasil? Tidur Saja!

Anda sudah mencoba beragam macam diet namun selalu gagal? Coba tidur saja untuk menurunkan berat badan. Tentu, tidur yang dimaksud adalah tidur berkualitas. Annals of  International Medicine menemukan bahwa tidur selama 8 jam dapat membantu meluruhkan lemak dalam tubuh dibanding mereka yang hanya tidur selama 5 jam. Apa saja tidur yang dapat disebut tidur berkualitas demi menurunkan berat badan? Simak info berikut.

Minum Susu

Protein dalam susu bisa membantu mencegah tubuh Anda kelaparan saat tengah malam. Komsumsilah susu sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas atau Anda bisa mencoba meminum yogurt atau smoothie untuk hasil yang lebih optimal, karena di dalam dua minuman tersebut selain terdapat protein yang mengenyangkan juga mengandung casein yang membantu mempercepat pembentukan otot. Seperti yang Anda ketahui, pembentukan otot sangat bermanfaat untuk diet Anda lewat meningkatnya metabolisme dan pembakaran kalori.

Turunkan Suhu Ruangan

Agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas, Anda mungkin bisa mencoba dengan menurunkan suhu ruang tidur Anda lebih dulu sebelum tidur. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang tidur dengan suhu kamar yang rendah, maka lemak putih dalam tubuh yang bertugas menyimpan kalori akan berubah secara bertahap menjadi lemak cokelat yang bermanfaat sebagai pembakar kalori. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pelaku diet.

Lakukan Hobi

Jangan sampai setelah membaca artikel ini, Anda jadi berpikir untuk tidur lebih cepat. Jika belum mengantuk dan ingin tidur, sebaiknya jangan memaksakan diri. Lakukan saja hobi Anda! Tidak apa jika dengan melakukan hobi jam tidur Anda menjadi sedikit terlambat. Hal yang paling penting dari tidur yang berkualitas tentu adalah mood yang berkualitas juga saat Anda tidur. Rilekskan tubuh Anda dengan melakukan hobi sebelum tidur, maka besok pagi Anda terbangun dengan tubuh yang lebih segar dan metabolisme pun lebih membaik.

Pencahayaan Yang Tepat

Tidur yang nyenyak adalah hasil dari kerja hormon melatonin dalam tubuh kita. Untuk itu, demi tidur yang berkualitas sebaiknya Anda bisa membantu hormon ini bekerja lebih optimal. Caranya? Tidurlah di kamar yang gelap. Hasil studi dari Univesity of Oxford menunjukkan bahwa wanita yang tidur di kamar gelap dapat menurunkan 21% resiko obesitas dibanding wanita yang tidur dengan cahaya kamar yang terang. Jika Anda tidak nyaman berada dalam kegelapan, atur cahaya kamar menjadi remang-remang saja. Yang penting, jangan sampai cahaya yang terlalu terang menganggu kinerja hormon melatonin dalam tubuh Anda.

Lakukan Yoga

Tidur berkualitas adalah tidur yang tenang dengan mood yang baik. Untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda, coba lakukan yoga sebelum tidur. Bukan sembarang gerakan yoga, tapi bedtime yoga. Anda mungkin bisa menggunakan jasa instruktur yoga, untuk membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas. Atau lakukan yoga sederhana yaitu bernapas. Pelaku yoga tentu tahu bagaimana bernapas sangat membantu tubuh menjadi rileks. Caranya, tarik napas lewat hidung dan keluarkan lewat mulut secara perlahan dan tenang. Rasakan diagframa Anda turun dan naik dengan tenang.

Kamar adalah Kamar

Jika selama ini Anda menonton televisi di kamar, maka hindarilah kegiatan tersebut jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Buat tubuh Anda ‘merindukan’ tempat tidur sehingga ketika Anda berbaring di sana, Anda bisa langsung mengantuk dan tertidur tanpa mengalami kegelisahan. Boleh saja jika Anda ingin menonton televisi sebelum tidur, namun pastikan televisi berada di ruangan lain dan bukan di kamar tidur.

Matikan Ponsel

Jika tugas dan pekerjaan Anda sudah selesai, jika Anda merasa sudah cukup berkomunikasi dengan orang-orang, maka matikanlah ponsel Anda sesegera mungkin sebelum tidur. Bukan tidak mungkin jika sedang ingin tidur, tiba-tiba ponsel Anda berdering. Akibatnya Anda tidak jadi tidur dan hal tersebut sangat memungkinkan Anda begadang sampai pagi dengan mengotak-atik ponsel. Untuk lebih membantu, Anda bisa menyetel ponsel Anda agar berdering jika ada panggilan dari orang-orang darurat saja.

Bercinta

Untuk yang satu ini, tentu dimaksudkan untuk Anda yang sudah memiliki pasangan sah. Bercinta sampai mencapai orgasme tentu akan membuat tubuh Anda rileks sehingga Anda akan merasa mengantuk dan tidur pun menjadi lebih nyenyak. Selain itu, seperti yang Anda ketahui, aktivitas bercinta pun bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Anda sering merasa lapar setelah bercinta? Itulah sebabnya. Untuk menghindari makan di tengah malam, tidur saja.

Itulah beberapa tips tidur berkualitas yang dapat membantu diet penurunan berat badan Anda. Selain beberapa hal di atas, Anda juga sebaiknya memperhatikan apa yang Anda konsumsi menjelang tidur. Jangan meminum kopi atau teh karena mengandung kafein yang dapat membuat Anda susah tidur dan hindari makan berat ataupun mengemil agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Demikian, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top