Health

Ingin Sehat Dengan Jus? Ternyata Minum Jus Ada Aturannya!

Ingin Sehat Dengan Jus? Ternyata Minum Jus Ada Aturannya!

Jus adalah minuman menyegarkan yang banyak dikonsumsi untuk kesehatan. Namun dibalik khasiatnya, ternyata ada aturan yang harus diikuti agar manfaat jus benar-benar maksimal bagi tubuh.

Memang jus yang berupa jus buah atau jus sayur termasuk minuman sehat yang praktis dan memudahkan kita daripada mengonsumsi satu per satu buah atau sayuran tertentu. Tetapi beberapa aturan minum jus berikut ini sangat penting dalam membantu tubuhmu menyerap nutrisi dari jus dengan mudah.

1. Jus yang rasanya asam bukan untuk dikonsumsi pagi hari

Membuka hari dengan meminum segelas jus rasanya pasti menyegarkan. Namun kamu perlu tahu bahwa tubuhmu baru saja berpuasa semalaman dan ini memungkinkan kondisi lambungmu sensitif dengan rasa asam. Nah, agar seharian tetap aman terhindar dari sakit perut, hindari mengonsumsi jus buah dengan rasa asam. Sebaiknya pilih jus buah yang rasanya segar seperti jus apel, pepaya, pisang dan wortel.

2. Jus bukan untuk pengganti makanan

Sedang program diet? Boleh-boleh saja mengonsumsi jus pada malam hari untuk menghindari banyak kalori dari makanan. Namun bukan berarti kamu bebas minum jus untuk pengganti makan pagi dan siang juga. Tubuh memerlukan minimal 1.800 kkal dalam sehari dan itu tidak bisa didapatkan hanya dari mengonsumsi jus.

Jika kamu memperbanyak jus sebagai pengganti makanan, bukannya tubuhmu menjadi sehat, justru kekebalan tubuh akan melemah. Meski berat badan turun drastis, tapi hal tersebut tidak akan bertahan lama. Berat badanmu akan naik kembali ketika kamu makan dengan pola makan seperti semula. Karena jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi kadar air dalam tubuh.

3. Jus sebaiknya diminum beserta ampasnya

Kalau kamu membuat jus buah menggunakan juicer, biasanya ampas akan terpisah dengan airnya. Jangan buang ampasnya meski mungkin rasanya kurang enak. Begitu juga kalau kamu membuat jus menggunakan blender, jangan pernah saring jus hanya untuk diambil airnya saja. Biarkan ampas buah tetap tercampur untuk diminum. Aturan minum jus seperti ini sangat bermanfaat untuk kesehatan karena justru dalam ampas buah terkandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C dan vitamin A misalnya.

4. Jangan simpan jus terlalu lama

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus, sebaiknya kamu menghindari menyimpan jus terlalu lama. Jus yang telah dibuat namun tidak segera diminum, kandungan vitaminnya akan rusak oleh oksigen dan sinar ultraviolet. Nah, jika memang terpaksa tidak bisa meminum jus langsung setelah dibuat, sebaiknya buatlah jus sedingin mungkin dan tempatkan dalam termos aluminium yang tertutup rapat. Kondisi seperti ini akan membantu mempertahankan nutrisi dalam jus selama 4 jam.

5. Jus tidak selalu rendah kalori

Tidak selalu semua buah rendah kalori. Ada beberapa buah yang mengandung kalori tinggi seperti pisang, alpukat, durian dan nangka. Kalau kamu memiliki berat badan berlebih, sebaiknya memilih jus dengan kalori rendah seperti jus apel, jeruk, semangka, melon atau pir.

Itulah beberapa aturan minum jus yang kamu harus tahu. Dengan mengikuti beberapa aturan ini, kamu pun akan merasakan manfaat jus bagi kesehatan tubuhmu dengan maksimal. Lalu, sudahkah kamu minum jus hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top