Health

Ini Alasan Makan Tengah Malam Bikin Sakit Kronis

Makan Tengah Malam Tak Hanya Bikin Gemuk, Jantung Pun Bisa Kena Imbasnya

This post is also available in: English

Makan tengah malam memang jadi godaan tersendiri, terutama untuk mereka yang memang sulit menahan rasa lapar. Tanpa berpikir panjang, akan langsung saja makan jika merasa lapar.

Memang boleh, namun akan mendatangkan masalah jika ini terjadi pada malam hari. Sebabnya, berat badan Anda akan cepat meningkat jika ini terjadi secara frekuentif. Parahnya, hal ini bisa memicu serangan jantung jika terus menjadi bad habbit.

Dari yang sudah biarlah sudah terjadi, kedepannya Anda harus punya resolusi, untuk tidak lagi melakukannya. Lalu mengapa kita bisa merasa lapar dan langsung makan tengah malam? Dan apa alasan makan tengah malam ini memicu serangan jantung? Bersama kita akan temukan jawabannya.

Mengapa Anda Terdorong untuk Makan Tengah Malam?

Makan Tengah Malam
Mengapa Anda Terdorong untuk Makan Tengah Malam

Ada banyak alasannya, dan mungkin setiap orang yang selalu punya keinginan atau dorongan makan tengah malam akan memiliki alasan berbeda-beda. Ada yang memang karena sudah terbiasa, ada yang karena manajemen waktunya buruk, juga ada yang melakukan kesalahan aktivitas sebelumnya.

Tak perlu panjang lebar lagi untuk mereka yang sudah terbiasa. Tidak ada yang salah dengan aktivitas sebelumnya karena memang itulah pula yang menjadi kebiasaan.

Kemudian untuk mereka yang memiliki manajemen waktu buruk, biasanya terus melakukan aktivitas hingga tengah malam sampai lupa makan malam. Hal yang membuat mereka makan tengah malam atau tidak makan malam sama sekali.

Alasan terakhir, yaitu karena aktivitas yang terjadi sebelumnya. Stres bisa membuat seseorang cepat lapar atau sulit tidur, jika dua ini terjadi, maka ada potensi akan makan makanan pada tengah malam.

Kesalahan aktivitas lainnya adalah makan terlalu banyak saat sebelum tidur, kurang konsumsi buah dan sayur, terlalu lelah hingga terus kapar, hingga alasan minum minuman tertentu. Minuman tersebut misalnya kopi dan alkohol, keduanya membuat Anda terjaga dan lapar setelahnya.

Mengapa banyak makan dan kurang sayur bisa menyebabkan hal ini? Karbohidrat berlebih yang terkandung pada tubuh membuat Anda sulit tidur. Sama halnya kurang makan buah dan sayur, makan makanan kurang serat juga bisa memberikan dampak ini.

Alasan Mengapa Ini Bisa Memicu Serangan Jantung

Alasan Mengapa Ini Bisa Memicu Serangan Jantung
Alasan Mengapa Ini Bisa Memicu Serangan Jantung

Seorang ahli bedah jantung yang bernama A. Marc Glinov lah yang mengeluarkan gagasan tentang makan tengah malam yang berimbas pada kesehatan jantung. Penjelasan dari beliau lah yang akan dibahas di bagian ini.

Beliau menjelaskan bahwa tubuh kita sebenarnya memiliki jam biologis masing-masing, dan normalnya tubuh harus tidur di tengah malam. Karena harus tidur, maka akan ada organ, senyawa, dan bagian lainnya yang bekerja.

Namanya ritme sirkadian, ritme yang akan memberikan ‘pengaturan’ untuk ‘menidurkan; tubuh di waktunya (tengah malam). Karena di tengah malam adalah waktunya untuk tidur, akan jadi masalah jika tubuh justru menerima makanan.

Proses metabolisme melakukan tugasnya, salah satunya adalah untuk mencerna makanan. Proses ini akan diminimalisir di saat waktu tidur. Jika ini tidak dilakukan, seharusnya kolesterol, lipid, dan lemak akan diserap oleh organ-organ.

Adapun organ-organ yang dimaksud antara lain otot, hati, dan bagian lain. Lalu apa yang terjadi jika tubuh kemasukkan makanan? Lemak yang seharusnya diserap organ akan bertahan lebih lama di dalam darah.

Yang mana padahal, darah akan terus mengalir untuk menuju jantung, yang disebut sebagai sirkulasi. Tentu bukan lah kondisi bagus jika darah yang masuk ke jantung masih mengandung lemak.

Malahan bukan hanya untuk jantung saja, kondisi ini juga akan berdampak buruk untuk ginjal dan organ lainnya. Kemudian, apa yang terjadi jika darah dengan lemak ini masuk jantung?

Adapun yang terjadi adalah akan semakin cepat terjadi penyumbatan di pembuluh darah sehingga akhirnya menyebabkan serangan jantung. Sangat berbahaya tentunya, ibaratnya sebuah jalan yang tadinya longgar menjadi sempit karena penyumbatan ini. Inilah yang terjadi jika Anda makan tengah malam.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Apa yang Harus Anda Lakukan?
Apa yang Harus Anda Lakukan?

Mengerti betapa seriusnya dampak yang bisa dirasakan jika makan tengah malam, Anda harus tahu apa solusinya. Sebab, mau tak mau kebiasaan ini harus Anda hilangkan segera supaya apa yang telah dibahas di atas tidak terjadi.

Entah itu karena memang sudah kebiasaan atau hanya dorongan saja untuk melakukannya, berikut beberapa tipsnya.

Tips yang pertama adalah untuk menghindari segala yang mengandung alkohol dan kopi di malam hari. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi dua jenis minuman ini di atas jam 7 atau 8 malam.

Keduanya akan membuat Anda merasa lapar beberapa jam setelah habis. Oleh karena itu, terdapat batasan jam supaya pada tengah malam nanti (jam 11 sampai jam 1 pagi hari) Anda tidak merasa lapar. Berlaku juga untuk susu kopi, meski wujud utamanya adalah susu, tetap berpotensi memuat lapar.

Tips kedua adalah untuk memilih menu makan malam. Anda sebaiknya memilih menu makanan yang banyak sayur dan buahnya. Semakin banyak sayurnya, semakin mudah pula tubuh untuk beristirahat pada tengah malam nanti. Juga untuk buah-buahan, akan membantu merasa kenyang lebih lama. Apabila Anda melakukan diet, pastikan dietnya memang sesuai kebutuhan nutrisi dan tidak asal-asalan.

Terakhir adalah untuk menghindari makan terlalu banyak sesaat sebelum tidur. Katakanlah Anda ingin tidur jam 10 malam, maka jangan banyak-banyak sesaat sebelumnya. Apa yang terjadi? Anda kemungkinan besar akn sulit tidur, dan kemudian bisa terjaga hingga tengah malam dan merasa lapar lagi.

Itu saja upaya-upaya untuk menghindari makan tengah malam. Usahakan semuanya, supaya tidak ada lagi potensi serangan jantung atau berat badan yang bertambah. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top