Health

Ini Dia Fakta Vaksin Gratis Yang Disahkan Jokowi

Ini Dia Fakta Vaksin Gratis Yang Disahkan Jokowi

Vaksin COVID-19 yang katanya menjadi game changer di tengah situasi saat ini akhirnya diputuskan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Keputusan tersebut telah diumumkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Jokowi mengatakan keputusan tersebut diambil setelah mendapat masukan dari berbagai pihak. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diketahui terkait vaksin gratis.

Alasan Vaksin Gratis

Belakangan ini timbul polemik terkait program vaksinasi COVID-19, karena dalam program vaksinasi mandiri, masyarakat harus membayar sejumlah uang untuk dapat divaksinasi. Akhirnya, Presiden Joko Widodo pun menjawab polemik tersebut dengan menegaskan vaksin gratis bagi masyarakat.

“Hari ini saya ingin menyampaikan perkembangan vaksin COVID-19. jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” terangnya, Rabu (16/12/2020).

Lihat Juga: Vaksin Corona Sukses Disuntikkan ke Manusia Oleh Peneliti Jerman

Mengeluarkan Instruksi Anggaran

Joko Widodo juga memberikan instruksi dan perintah kepada seluruh jajaran kabinetnya. Baik dari kementerian maupun lembaga, serta pemda untuk meprioritaskan program vaksinasi ini pada tahun anggaran 2021.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” lanjutnya Rabu (16/12/2020).

Vaksinasi Dimulai Januari 2021

Presiden Indonesia menyampaikan, proses vaksin gratis ini akan dimulai Januari tahun depan. Proses vaksinasi ini sendiri akan dilakukan secara bertahap.

“Nanti dimulai bulan Januari akan dilakukan vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah. Diberikan gratis kepada masyarakat, tapi ini memang perlu tahapan-tahapan, nanti Januari berapa juta, Februari berapa juta, Maret berapa juta, April berapa,” lanjutnya saat memberikan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro di Istana Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Joko Widodo menegaskan vaksin gratis tersebut akan diprioritaskan bagi tenaga medis, mulai dari dokter, perawat hingga tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, aparat keamanan seperti TNI dan Polri juga akan diprioritaskan. Program vaksinasi ini sendiri menargetkan bisa menyuntikkan kepada 70% penduduk Indonesia yang berarti sekitar 182 juta penduduk.

Presiden juga menjamin keamanan vaksin COVID-19 yang disediakan oleh pemerintah. Untuk membuktikan keamanannya tersebut, Jokowi akan menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top