Health

Ini Makanan Kaya Probiotik Untuk Lawan Badai Sitokin

Makanan Kaya Probiotik

Badai sitokin sempat membuat Deddy Corbuzier hampir meninggal dunia. Presenter sekaligus YouTuber itu mengaku alasannya vakum dari media sosial beberapa waktu lalu adalah untuk memulihkan kesehatannya.

Lalu apakah bisa mengatasi badai sitokin dengan makanan tertentu? Melansir dari BioSpace (23/8/2021), penelitian terbaru dari BGU (Ben-Gurion University of the Negev) di Israel membuktikan bahwa molekul terisolasi dari beberapa olahan susu sangat bermanfaat.

Bahkan makanan ini berpotensi menjadi ‘obat’ baru untuk melawan bakteri pathogen dan mengatasi inflamasi, termasuk badai sitokin. Temuan ini juga telah diterbitkan ke dalam jurnal Microbiome. Lantas olahan susu kaya prebiotik apa saja yang dapat dikonsumsi? Berikut daftarnya.

Lihat Juga: Sempat Kritis Karena Badai Sitokin, Ini Yang Sembuhkan Deddy Corbuzier

Kefir

Makanan kaya probiotik satu ini mampu mendorong sistem kekebalan tubuh yang sehat serta meningkatkan keragaman dan menyeimbangkan populasi bakteri baik di dalam organ pencernaan. Kefir sendiri tersebut dari fermentasi susu sapi atau kambing dan biji kefir. Teksturnya mirip dengan yogurt dan rasa asam yang cukup tajam.

Selain kaya akan bakteri Bifidobacterium bifidum dan Lactobacillus acidophilus, kefir juga menganduk vitamin K, vitamin B, fosfor, asam folat, magnesium dan kalium. Olahan dari susu satu ini juga dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Yogurt

Makanan satu ini sangat populer di kalangan pelaku pola hidup sehat. Yogurt banyak dikenal karena mengandung bakteri asam laktat yang baik untuk usus. Pilih yogurt alami atau yang dibuat dengan sedikit bahan tambahan.

Sebelum membeli pastikan untuk mengecek kandungan probiotik hidup di dalamnya. Karena ada pula yogurt yang mematikan bakteri baik dalam proses pembuatannya.

Keju

Selanjutnya adalah keju, walaupun hampir seluruh jenis keju difermentasi, tidak berarti semua jenisnya mengandung probiotik. Bateri baik bisa bertahan dalam proses aging pada beberapa jenis keju, seperti keju mozzarella, cheddar, cottage dan gouda.

Selain untuk mengatasi badai sitokin, keju juga menjadi sumber protein yang sangat baik. mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup dapat membantu mencegah osteoporosis karena keju mengandung vitamin B12, fosfor, kalsium dan selenium.

Buttermilk

Walaupun tidak terlalu populer layaknya keju dan yogurt, buttermilk juga termasuk makanan kaya probiotik yang baik dikonsumsi secara rutin. Makanan satu ini adalah jenis susu fermentasi dan jenis tradisional adalah buttermilk dengan probiotik terbaik. Mengandung banyak vitamin serta mineral membuat minuman rendah kalori dan lemak ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top