Health

Ini Penyakit Akibat Banjir dan Cara Pencegahannya

Ketahui Penyakit yang Muncul Akibat Banjir dan Cara Pencegahannya

Akibat banjir, sejumlah aktifitas masyarakat pun terbengkalai. Hal ini terjadi karena banjir yang merendam permukiman warga sudah tinggi.  Ini membuat masyarakat tidak bisa beraktifitas dengan leluasa.

Kini banjir sedang melanda beberapa daerah di Indonesia. Daerah yang ikut terdampak banjir salah satunya adalah daerah Jabodetabek. Intensitas hujan yang cukup tinggi dan ketidakmampuan tanggul air menampung air hujan yang terus turun menyebabkan terjadinya banjir.

Akibat Banjir yang Mempengaruhi Berbagai Sektor

Akibat Banjir yang Mempengaruhi Berbagai Sektor
Akibat Banjir yang Mempengaruhi Berbagai Sektor

Salah satu kegiatan yang terdampak banjir adalah kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar yang sebelumnya berjalan dengan kurang baik karena terdampak adanya pandemi covid-19, kini semakin diperparah dengan adanya banjir.

Hujan yang turun disertai angin dapat menyebabkan jaringan internet terganggu yang akhirnya berpengaruh pada kegiatan belajar daring. Selain para tenaga pendidik maupun peserta didik, para pekerja kantoran yang bekerja secara daring pun ikut terganggu.

Tidak hanya melumpuhkan aktifitas masyarakat untuk sementara, banjir juga menyebabkan kerugian lainnya. Seperti rumah warga yang rusak diterjang banjir, kerusakan lingkungan, dan dapat menyebabkan munculnya penyakit-penyakit yang lain.

Hujan yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan udara menjadi lembab. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit. Kondisi cuaca seperti ini dapat mempermudah serta memperluas perkembangbiakan virus, bakteri, parasit dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Aneka Penyakit Akibat Banjir yang Harus Diwaspadai

Apalagi saat seperti ini tidak sedikit juga masyarakat di beberapa daerah terdampak banjir yang mengalami krisis air bersih. Karena virus penyebab penyakit berkembang biak lebih mudah di saat seperti ini, maka Anda perlu untuk waspada dengan tetap menjaga kesehatan.

Nah, untuk itu, Anda perlu mengetahui penyakit apa saja yang muncul akibat banjir. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Flu

Penyakit yang memiliki istilah lain influenza ini merupakan infeksi virus influenza yang akan menyerang sistem pernafasan. Penyakit ini dapat menyebar jika Anda mengalami kontak dengan orang yang sedang sakit flu. Misalnya saat berbicara.

Penyakit tersebar melalui air liur, ingus, atau dahak. Flu dapat menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan, demam, batuk, dan pegal. Flu bisa sembuh dengan sendirinya, namun influenza harus segera diatasi karena penyakit ini dapat berkembang menjadi penyakit pneumonia.

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD penyakit yang tersebar melalui virus dengue pada nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Nyamuk ini berkembang biak sangat banyak saat musim penghujan. Hal ini karena nyamuk ini berkembang pada genangan air.

Ketika mengalami penyakit DBD Anda akan merasa nyeri otot dan tulang, sakit kepala, demam, serta munculnya bintik merah pada kulit. Penyakit ini tergolong penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi. Jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan syok dan pendarahan.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA menjadi salah satu penyakit yang ada akibat banjir. Penyakit ini sering menyerang saluran pernapasan. Umumnya ISPA memiliki gejala seperti batuk, demam dan sesak napas. Penyakit ini dapat ditularkan melalui udara maupun air liur. Penyakit ini memiliki gejala seperti demam, pilek dan sesak nafas.

4. Hepatitis A

Panyakit ini merupakan penyakit yang menginfeksi hati. Penyakit ini dapat tertular melalui air dan dapat mengakibatkan peradangan dan kerusakan fungsi hati.

Penyakit ini dapat tertular melalui makanan atau minuman yang tidak sengaja tertular dengan tinja ataub kotoran.

5. Tipes (Demam Tifoid)

Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada usus halus yang disebabkann oleh bakteri Salmonella thyphi pada kotoran hewan. Demam tifoid terinfeksi melalui makanan dan minuman.

Sama seperti namanya, penyakit ini memiliki gejala demam, sakit kepala, diare dan hilangnya nafsu makan. Penyakit ini dapat menjadi penyakit komplikasi seperti pneumonia, gagal jantung akut bahkan dapat mengakibatkan kematian.

6. Kolera

Kolera terjadi jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri vibrio cholera. Penyakit ini dapat menyebabkan diare yang berlebihan serta muntah-muntah.

Selain keenam penyakit diatas, terdapat beberapa penyakit lain yang dapat menyerang saat banjir. Misalnya seperti Diare, Infeksi Kulit, Malaria dan Leptospirosis

Cara Mencegah Penyakit Akibat Banjir

Cara Mencegah Penyakit Akibat Banjir
Cara Mencegah Penyakit Akibat Banjir

Setelah mengetahui jenis penyakit apa saja yang bisa muncul akibat banjir, maka Anda juga perlu mengetahui cara sebagai berikut.

Menjaga Imunitas Tubuh

Imun atau daya tahan tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Imunitas tubuh yang kuat dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga.

Berolahraga Secara Teratur

Hal ini sangat penting karena dapat membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Anda dapat melakukan kegiatan olahraga ringan seperti jogging dan yoga tiap pagi.

Menjaga Kebersihan

Lingkungan yang bersih dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit DBD. Nyamuk Aedes Aegypti berkembangbiak pada lingkungan yang memiliki banyak genangan air.

Maka untuk menghindari terhindar dari penyakit DBD maka Anda harus mengurangi genangan air yang berada di sekitar rumah Anda. Selain itu kegiatan mencuci tangan juga harus sering dilakukan.

Berupaya Menghindari Gigitan Nyamuk

Untuk menghindari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit serius lainnya, menggunakan kelambu saat tidur.  Selain itu mengunakan lotion anti nyamuk seperti Autan dan Soffel serta menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot pada ruangan Anda.

Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Selain berolahraga, asupan makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan. Pada musim penghujan seperti ini, Anda perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Selain mengonsumsi buah dan sayur, mengonsumsi suplemen vitamin serta mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan instant.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga sangat membantu dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Demikian pembahasan tentang penyakit yang muncul akibat banjir dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.

To Top