Health

Inilah Beberapa Masalah Kesehatan Yang Mengancam Pekerja Shift Malam

Inilah Beberapa Masalah Kesehatan Yang Mengancam Pekerja Shift Malam

Sering bekerja lembur? Atau merasa lebih nyaman bekerja di malam hari? Menurut ahli kesehatan, bekerja di shift malam saat banyak orang terlelap akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan apalagi jika kegiatan bekerja itu dilakukan secara terus menerus.

Bekerja shift malam atau lembur tidak hanya dilakukan oleh karyawan, terkadang orang yang berbisnis atau bekerja dari rumah juga melakukan hal serupa. Begadang menjadi rutinitas sehari-hari, terlebih jika pekerjaan harus selesai tepat pada waktunya.

Ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang mengancam pekerja shift malam, diantaranya yaitu :

Penyakit jantung

Sering lembur akan mengakibatkan ritme jantung terganggu. Bahkan sebuah penelitian yang tercantum dalam ‘American Journal of Epidemiology’ menyatakan tentang pekerja shift malam atau pekerja lembur yang akan beresiko mengalami penyakit jantung hingga 80% karena tekanan darah tinggi, stres dan obesitas.

Depresi

Ketidak seimbangan hormon dan kerja jantung mengakibatkan orang yang sering bekerja lembur akan lebih mudah mengalami depresi daripada orang yang bekerja normal. Keadaan depresi bisa terjadi pada suatu masalah yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diselesaikan. Selain itu, orang yang kurang tidur juga diyakini lebih mudah panik dan stres menghadapi banyak hal dalam hidupnya sehari-hari.

Menurunnya kesuburan

Ini yang kurang disadari terutama bagi pria, terus menerus bekerja lembur atau shift malam ternyata dapat menurunkan kesuburan seseorang. Hal ini terkait dengan kebiasaan merokok, dan kecanduan kafein dalam kopi. Selain itu bentuk gangguan kesuburan juga dapat berupa disfungsi ereksi hingga kemandulan.

Obesitas dan diabetes

Beberapa penelitian jangka panjang tentang para pekerja shift malam atau lembur yang melakukan kegiatannya terus menerus dapat memicu obesitas dan diabetes. Hal ini disebabkan menurunnya kadar hormon leptin dalam tubuh akibat kurang tidur, sehingga membuat seseorang tidak dapat mengontrol nafsu makannya.

Insomnia

Masalah kesehatan selanjutnya bagi pekerja shift malam atau sering lembur adalah insomnia yaitu sulit tidur. Pekerja shift malam secara konsisten tidak mendapat kecukupan tidur sekitar 1-3 jam setiap hari dibanding orang yang memiliki jam normal. Meskipun sempat tidur, orang yang sering lembur tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Bahkan bahaya dari insomnia jangka panjang dapat mengakibatkan beberapa hal seperti gangguan jantung, munculnya jerawat atau bisul, komplikasi kehamilan, kanker payudara pada wanita serta kanker prostat pada pria.

Kecanduan kafein dan nikotin

Sebagian besar pekerja shift malam atau orang yang sering lembur cenderung rutin mengonsumsi kopi dan merokok untuk menjaganya tetap fit dan fokus sepanjang malam. Kondisi ini yang akhirnya membuat mereka kecanduan kafein dan nikotin yang tentu saja berpengaruh buruk pada kesehatan.

Baca Juga : Perhatikan 5 Tantangan, Ketika Baru Pertama Masuk Dunia Kerja

Itulah beberapa masalah kesehatan yang mengancam pekerja shift malam. Ada baiknya bagi kamu yang terpaksa harus kerja malam, sebisa mungkin mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga untuk meminimalkan resiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top