Health

Inilah Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Bahan Alami

Inilah Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Bahan Alami

Batuk memang mengganggu aktivitas, terlebih bagi kamu yang punya segudang aktivitas sehari-hari. Terkadang tanpa ragu kamu langsung membeli obat batuk di apotik atau toko obat. Tak kunjung sembuh dengan merk obat batuk tertentu, kamu pun beralih dengan merk obat batuk yang lain.

Meski sebagian orang lebih percaya penyembuhan dengan obat batuk, namun masih ada sebagian lagi yang takut akan alergi atau ketergantungan jika terus menerus meminum obat. Sebab itu, akan lebih mudah jika kamu tahu bagaimana cara menyembuhkan batuk dengan bahan alami, seperti berikut ini :

1. Jeruk nipis dan madu

Sudah hal yang umum bahwa jeruk nipis dan madu seringkali menjadi obat batuk alami yang berkhasiat. Cara membuatnya adalah dengan mencampur 1 sendok makan madu murni dengan perasan jeruk nipis. Kemudian diminum sebanyak 3 kali sehari selama kamu terserang batuk.

Cara lain adalah menggunakan jeruk nipis dan kecap. Campurlah 1 sendok makan kecap dengan perasan jeruk nipis, dan diminum 3 kali sehari selama mengalami batuk.

2. Jahe dan kencur

Tumbuhan jahe dan kencur juga terbukti efektif menyembuhkan batukmu, terlebih batuk berdahak. Caranya cukup mudah, cuci bersih jahe dan kencur terlebih dahulu. Setelah dipotong-potong, masukkan dalam secangkir gelas dan seduh dengan air panas. Minuman jahe akan terasa nikmat jika dicampur dengan teh. Selain aromanya hangat, rasanya juga akan melegakan tenggorokan yang luka karena batuk.

Sama halnya dengan kencur, setelah dipotong-potong dan dimasukkan dalam gelas, seduhlah dengan air panas. Jika diminum secara teratur setiap hari, minuman jahe dan kencur ini akan sangat bermanfaat sebagai salah satu cara menyembuhkan batuk dengan bahan alami.

3. Lada dan madu

Madu memang terbukti sangat ampuh membantu menyehatkan tubuh, penurunan berat badan secara alami juga meningkatkan metabolisme tubuh. Kali ini, campuran lada dan madu ternyata juga terbukti berkhasiat menyembuhkan batuk berdahak.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan lada putih dan madu, kemudian seduh dengan air hangat secukupnya. Minumlah sebanyak 2 kali sehari, dengan waktu terbaik pagi hari dan sebelum tidur malam. Campuran ini ternyata dapat mengubah dahak menjadi cair dan mengurangi batuk karena lendir.

4. Garam

Bahan dapur ini pasti mudah ditemukan. Jika kamu kesulitan menemukan madu, lada, jahe atau kencur, larutan garam dengan air hangat dapat digunakan sebagai bahan alami meredakan batuk berlendir.

Caranya dengan melarutkan garam dalam segelas air hangat, kemudian diminum dua kali sehari. Larutan garam ini akan berfungsi meredakan gatal akibat dahak termasuk mengencerkan dahak.

5. Akar tanaman teh licorice

Sudah tahu belum tanaman yang satu ini? Akar tanaman teh licorice atau akar manis adalah sejenis tanaman yang umumnya dapat diolah menjadi bahan obat batuk. Nah, kalau kamu punya tanaman ini, kamu berkesempatan membuat obat batuk alami langsung dengan bahan yang dibutuhkan.

Caranya sangat mudah, hanya dengan merebus akar tanaman teh licorice sesuai kebutuhan. Kemudian biarkan hingga dingin dan langsung diminum. Minumlah 2 kali sehari untuk menyembuhkan batuk, terutama batuk yang berdahak.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Bahan-bahan alami itu ada di sekitarmu dan dapat kamu gunakan kapan saja saat dibutuhkan. Selamat mencoba!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top