Health

Jadi Pangkal Kasus dr Richard Lee, Apa Sih Hidrokuinon Itu?

Jadi Pangkal Kasus dr Richard Lee, Apa Sih Hidrokuinon Itu?

Dokter yang juga seorang YouTuber, Richard Lee, ditangkap oleh kepolisian pada Senin (27/12/2021) usai mereview produk kecantikan yang dilaporkan oleh artis Kartika Putri. Kasus dr Richard Lee tersebut berkaitan dengan Pasal 30 jo. Pasal 46 UU ITE dan Pasal 231 KUHP, Pasal 221 KUHP, lantaran telah mengakses data secara ilegal juga menghilangkan bukti.

Kasus dr Richard Lee berawal saat ia mereview krim kecantikan merek Helwa di channel YouTube-nya. Dari review tersebut ia menyatakan produk itu mengandung merkuri hidrokuinon berdasarkan pemeriksaan laboratorium yang dilakukan.

Kartika Putri sebagai brand ambassador Helwa merasa tak terima atas review dr Richard yang dianggap berbohong. Akhirnya Kartika pun mengenakan Richard somasi sebanyak dua kali.

Perseteruan ini memanas karena dia juga menyatakan produk tersebut mengandung hidrokuinon tinggi mencapai 5,7%. Perlu diketahui, batas kandungan hindrokuinon yang diperbolehkan adalah 2% dan harus dalam pengawasan dokter.

Jadi Awal Kasus dr Richard Lee, Ini Loh Pengertian dan Fungsi Hidrokuinon

Hidrokuinon adalah salah satu bahan pencerah kulit yang berfungsi untuk memutihkan kulit dan membantu pengobatan hiperpigmentasi.

Secara historis, terdapat sejumlah pernyataan terkait keamanan kandungan ini. Pada 1982, Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (AS) menyatakan bahan ini aman serta efektif.

Lihat Juga: “Selamatkan Dokter Richard” Jadi Trending Topic Twitter, Begini Penyebabnya

Beberapa tahun kemudian, ada kekhawatiran soal keamanan bahan tersebut dan meminta para pengecer untuk menariknya dari pasar. Lembaga Food and Drug Administration (FDA)  lalu menemukan bahwa kandungan kontaminan, salah satunya merkuri ditemukan pada banyak produk tersebut.

Sejak itulah, FDA mengknfirmasi hindrokuinon bisa dijual bebas dalam kadar maksimal 2%. Hidrokuinon bekerja untuk memutihkan kulit dengan cara mengurangi jumlah melanosit.  Dengan mengontrol melanosit, kulit akan jadi lebih merata seiring berjalannya waktu.

Setidaknya membutuhkan waktu sekitar empat minggu untuk melihat perubahan pada kulit. Selain itu, juga dibutuhkan beberapa bulan penggunaan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya secara penuh.

Mengutip Healthline, hingga kini hidrokuinon dianggan aman di AS. Pasalnya hingga saat ini tak ada bukti klinis yang membuktikan bahwa hindrokuinon berbahaya bagi manusia.

Lihat Juga: Buntut Perseteruannya Dengan Kartika Putri, Dr Richard Lee Ditangkap Polisi

Namun, bahan ini menimbulkan efek samping seperrti kemerahan dan kekeringan sementara pada saat awal pemakaian, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Efek ini akan berangsung menghilang ketika kulit sudah terbiasa dengan pemakaian produk tersebut.

Dalam kasus terparah namun jarang terjadi, bahan ini juga mengakibatkan ochronosis yang ditandai dengan pigmentasi hitam kebituan dan papula. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan secara rutin yang dilakukan dalam jangka waktu lama. Karena itulah, produk yang mengandung bahan ini tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari lima bulan sekaligus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top