Health

Jaga Imunitas Selama Pandemi Dengan Vitamin C

Kaya Akan Vitamin C, 4 Buah Berikut Ini Wajib Jadi Menu Harian Di Masa Pandemi Covid-19

This post is also available in: English

Vitamin C atau asam askorbat merupakan zat dalam makanan yang berguna dalam menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Sehingga membuat Anda tidak mudah terserang bakteri dan virus.

Pandemi Covid-19 telah menewaskan hampir 2 juta orang seluruh dunia. Kelompok manusia yang paling rentan terserang virus ini adalah para manula dan orang yang telah memiliki penyakit sebelumnya, seperti pengidap HIV AIDS.

Vitamin C akan sangat berguna untuk membantu tubuh melawan virus. Selain itu, asam askorbat juga berguna untuk melawan radikal bebas, memperkuat tulang dan gigi, memperbaiki jaringan sel dengan meningkatkan produksi kolagen, serta banyak lagi manfaat asam askorbat lainnya. Asupan Askorbat yang cukup akan membantu tubuh dalam melawan melawan penyakit kardiovaskular dan sel kanker tertentu.

Akan sangat berbahaya, jika tubuh kekurangan vitamin c atau yang biasa disebut skrobut. Kondisi ini mengakibatkan kekurangan kolagen pada penderitanya, sehingga mudah terjadi kerusakan jaringan pada tubuh. Tak perlu khawatir, skorbut merupakan kondisi langka. Mengapa demikian? Karena banyak sayur dan buah yang memiliki kandungan asam askorbat di dalamnya.

Perbedaan Angka Kecukupan Asupan Vitamin C

Meski vitamin C dapat menjadi nutrisi yang Anda konsumsi pada segala usia, tetapi jumlah kecukupan vitamin C pada setiap orang berdasarkan perbedaan usia dan jenis kelaminnya. Semakin tumbuh dewasa, maka semakin besar pula kebutuhannya akan asam askorbat.

Pada bayi dan anak-anak, umumnya kebutuhan asupan asam askorbat per harinya ialah 40 hingga 45 mg .

Saat beranjak remaja, remaja laki-laki umumnya membutuhkan asupan asam askorbat 75 mg/hari dan remaja perempuan 65 mg/hari.

Ketika beranjak dewasa dengan usia lebih dari 18 tahun, laki-laki membutuhkan asupan asam askorbat 90 mg/hari, sedangkan perempuan 75 mg/hari.

Perempuan akan membutuhkan asupan asam askorbat lebih banyak daripada biasanya ketika hamil dan menyusui. Pada ibu hamil, jumlah kebutuhan asupan asam askorbat yaitu 80 hingga 85 mg/hari, sedangkan ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan asam askorbat yang umumnya berkisar 115 hingga 120 mg/hari.

Asam askorbat tidak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Zat ini diperoleh manusia melalui makanan yang dikonsumsinya seperti buah dan sayuran. Tidak sulit menemukan makanan yang memiliki kandungan asam askorbat di dalamnya.

Buah yang Mengandung Vitamin C

Agar bisa membuat aneka sajian yang mengandung vitamin tersebut, kenali macam-macam buah yang memiliki kandungan vitamin C berikut ini.

1. Jambu Biji

buah mengandung vitamin C
Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah yang satu ini sangat umum bagi masyarakat Indonesia. Dalam 100 gram buah jambu biji, terdapat 228.3 mg vitamin C. tentunya dengan kandungan sebanyak itu sudah mencukupi 250% kebutuhan asam askorbat per hari pada pria dewasa.

Selain asam askorbat, dalam jambu biji terkandung pula vitamin A yang baik untuk Kesehatan mata, kalium yang baik untuk Kesehatan jantung, serat, potasium, dan juga rendah kalori yang tepat untuk menjadi menu andalan.

2. Pepaya

Ternyata buah pepaya merupakan salah satu buah yang tinggi akan kandungan asam askorbat. Pada 100 gram buah pepaya, terdapat 78 mg asam askorbat terkandung di dalamya.

Dengan jumlah tersebut, 100 gram pepaya telah memenuhi 100% kebutuhan asam askorbat per hari pada remaja laki-laki. Selain asam askorbat, buah papaya juga memiliki kandungan lain seperti serat, protein, fosfor, kalsium, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi.

3. Stroberi

Jaga Imunitas Selama Pandemi Dengan Vitamin C
Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah stroberi merupakan buah yang tumbuh di daerah subtropis dan beradaptasi di dataran tinggi tropis sehingga mudah dijumpai di Indonesia. Melansir USDA, dalam jumlah per 100 gram stroberi, terkandung asam askorbat sebanyak 58,8 mg.

Jumlah tersebut mencukupi 64% kebutuhan vitamin C harian pada pria dewasa. Selain asam askorbat, buah stroberi juga kaya akan kandungan kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin A.

4. Blackcurrant

Buah ini mungkin masih cukup asing bagi banyak orang di Indonesia. Tapi kandungannya tidak diragukan lagi. Dalam 100 gramnya saja, terdapat 151,5 asam askorbat atau memenuhi 168% kebutuhan harian pada pria dewasa. Kandungan lainnya pada blackcurrant adalah potassium, kalsium, fosfor, vitamin B11.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsi Vitamin C

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsi Vitamin C
Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsi Vitamin C

Dalam mengkonsumsi vitamin C, sebaiknya memperhatikan takaran dalam konsumsinya. Berlebihan dalam konsumsi vitamin tentu tidak baik bagi tubuh manusia, Tidak seperti vitamin lainnya yang menumpuk dalam tubuh, asam askorbat pada umumnya akan dikeluarkan melalui urin menjadi oksalat. Oksalat inilah yang dapat menyebabkan batu ginjal hingga gagal ginjal pada manusia, apabila mengkonsumsi asam askorbat lebih dari 2000 mg.

Selain batu ginjal, beberapa masalah pencernaan lain seperti diare, kembung, mual merupakan efek samping dari terlalu benyak mengkonsumsi asam askorbat secara berlebihan.  Apabila terjadi keluhan yang serius, ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Vitamin C umumnya akan hilang oleh panas, cahaya, dan proses memasak terlalu lama. Sifat vitamin ini yang larut dalam air akan hilang apabila makanan yang terlarut asam askorbat tidak dikonsumsi. Usahakan untuk memasak makanan dengan kandungan asam askorbat dengan menumis dan merebus cepat.

Baca Juga : 8 Sayuran Ini Baik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan mengonsumsi asam askorbat bersamaan dengan zat besi yang ada pada makanan nabati seperti sayuran, akan membantu penyerapan zat besi secara maksimal oleh tubuh. Hal itu terjadi karena asam askorbat meningkatkan produksi kolagen untuk penyerapan zat besi pada tubuh. Konsumsi asam askorbat dapat Anda lakukan dengan meminum segelas kecil jus buah-buahan yang memiliki kandungan asam askorbat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top