Health

Jaga Sistem Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19, Begini Caranya

Sistem Imunitas Tubuh

Penting bagi kita untuk tetap menjaga sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik tentunya akan melindungi kita dari kuman yang membawa penyakit. Oleh karena itulah, mengapa daya tahan tubuh yang kuat itu sangat penting karena dapat mencegah kita tidak mudah terserang penyakit. Apalagi belakangan ini, jika sistem imunitas tubuh buruk maka akan beresiko terinfeksi virus Covid-19.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap kuat meskipun dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 seperti memperhatikan asupan makanan ke dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat.

Memperhatikan asupan makanan ke dalam tubuh

asupan makanan ke dalam tubuh

Perlu diketahui bahwa peran dari asupan makanan sangatlah penting bagi imunitas atau daya tahan tubuh. Untuk menjaga imunitas tubuh bisa dimulai dari memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa cara dalam menjaga asupan makanan, diantaranya:

  • Perbanyak asupan nutrisi
    Jika tubuh kekurangan nutrisi maka dapat menurunkan fungsi sel-sel pada tubuh. Hal itu mengakibatkan menurunnya sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu, agar sistem imunitas terjaga dengan baik, perbanyak makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat, mineral, dan lemak yang menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.
  • Perbanyak makan  sayur dan buah
    Sayur dan buah sangat bagus untuk menjaga bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Seseorang yang banyak mengkonsumsi sayur dan buah diyakini tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan sayur dan buah itu kaya vitamin dan mineral dimana kedua hal itu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyakit.

    Kekuatan imunitas tubuh tergantung asupan vitamin dan mineral. Vitamin dalam buah yang diperlukan bagi tubuh diantaranya: Vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

    Sedangkan mineral yang dikaitkan dengan antioksidan dan terbukti memengaruhi daya tahan tubuh seperti zat besi, mangan, tembaga, selenium, dan seng
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan
    Antioksidan berperan dalam mengangkat radikal bebas yang ada di dalam darah dimana hal itu bisa memperkuat daya tahan tubuh. Oleh karena itu, seseorang sangat perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup. Maka dari itu, cobalah untuk rutin konsumsi buah dan sayuran seperti kiwi, jeruk, apel, anggur, berry, wortel, bayam, jenis kacang-kacangan, biji-bijian, jamur, dan bawang putih.

Baca Juga :

Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat

Apabila kita terlalu hidup di dalam tekanan yang terus-menerus, maka membuat tubuh akan lebih banyak produksi hormon kortisol. Hal itu mengakibatkan melemahnya daya tahan tubuh. Jika terjadi demikian, maka akan mudah terserang penyakit. Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan dalam menerapkan pola hidup sehat, diantaranya:

  • Istirahat yang cukup
    Sistem imunitas tubuh dapat menurun apabila seseorang kekurangan waktu untuk beristirahat. Kita harus tahu betapa pentingnya menjaga pola tidur yang sesuai dengan usia. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam, sedangkan untuk remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam. Jika pola tidur baik, maka kesehatan tubuh pun ikut baik.
  • Selalu menjaga kebersihan makanan
    Kebersihan dari makanan yang akan dikonsumsi sangat perlu untuk diperhatikan, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk juga perlengkapan yang digunakan untuk makan dan minum. Hal itu dilakukan agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dalam kondisi yang higienis dan bersih.

    Kebersihan makanan sangatlah berpengaruh bagi kesehatan, terutama daya tahan tubuh. Apabila makanan yang dikonsumsi tidaklah bersih, maka akan menimbulkan penyakit seperti sakit perut maupun diare.
  • Hindari stress yang berkepanjangan
    Perlu diketahui bahwa stress yang berkepanjangan dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Jika hormon tersebut terlalu tinggi, maka akan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, stress juga akan membuat seseorang pada gaya hidup yang sembarangan seperti merokok, makan makanan yang tidak sehat, dan minum minuman beralkohol.

    Beberapa aktivitas tersebut sangatlah jelas membuat daya tahan tubuh mudah menurun. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga pola stress kita dengan baik agar kita tidak mudah terserang penyakit.
  • Olahraga secara rutin
    Untuk menerapkan pola hidup sehat bisa dilakukan dengan olahraga secara rutin. Setiap hari disarankan untuk olahraga minimal selama 30 menit. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam melawan virus, meningkatkan respons antibodi dan T Cell, dan menghilangkan bakteri yang masuk ke tubuh.

    Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, asalkan tetap terkena sinar matahari. Olahraga dengan berjalan kaki pun sudah sangat cukup, apalagi dilakukan di pagi hari. 
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol
    Semua pastinya tahu bahwa merokok sangatlah berbahaya bagi seseorang, apalagi perokok pasif atau penghirup asap rokok. Ketergantungan rokok apalagi disertai dengan minuman beralkohol bisa merusak sistem daya tahan tubuh. Berbagai penyakit yang akan menyerang sistem pernafasan seperti bronkitis dan pneuponia. Akan tetapi, yang paling berdampak buruk bagi kesehatan adalah perokok pasif.
  • Bersosialisasi
    Menurut beberapa ahli, orang yang cenderung suka menyendiri atau intovert dapat mengubah sistem imunitas tubuh ke tingat seluler. Artinya, kesehatan fisik dan mental orang tersebut akan menurun dan terganggu. Jadi, bersosialisasi sangatlah penting untuk dilakukan agar membuat pikiran menjadi rileks. Hal itu tentunya bisa menghindarkan seseorang dari stress yang berkepanjangan.
  • Berjemur di bawah sinar matahari
    Dikutip dari Kompas.com (19/1/2021) bahwa menurut Dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K) menjelaskan bahwa berjemur bermanfaat untuk sistem imunitas tubuh apabila dilakukan secara tepat. Paparan sinar matahari terutama antara pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB sangat bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh karena dapat meningkatkan produksi vitamin.

    Namun, untuk waktu yang sangat dianjurkan dalam berjemur agar menghasilkan vitamin D yang memadai sekitar 10-15 menit sudah cukup. Untuk intensitasnya, cukup berjemur 2-3 kali dalam seminggu.

Begitu penting sistem imunitas bagi kesehatan tubuh. Apabila tubuh kekurangan imun, maka kesehatan tubuh juga ikut menurun sehingga akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top