Health

Jangan Ikuti Tren Hidup Sehat Yang Salah Ini!

Kesadaran masyarakat saat ini terhadap healthy living atau hidup sehat sudah semakin bertambah bahkan mungkin hidup sehat dianggap sebagai tren masa kini. Well, tahukan Anda ternyata terdapat beberapa tren hidup sehat yang salah. Sebenarnya bukan gaya hidupnya yang salah tapi pengaplikasiannya saja yang kurang tepat. Apakah Anda salah satu dari sekian juta orang yang merasa sudah mengikuti tren hidup sehat ini tapi ternyata salah dalam menerapkannya?

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Suplemen

Ketika mendengar beberapa tayangan di televisi bahwa untuk memiliki rambut indah Anda harus banyak mengkonsumsi vitamin A, untuk memiliki tulang kuat harus banyak mengkonsumsi kalsium dan agar tetap ceria sepanjang hari harus mengkonsumsi zat besi dan akhirnya Andapun berakhir di apotik membeli suplemen vitamin A, kalsium dan zat besi demi hidup sehat yang Anda impikan. Tahukan Anda namanya juga suplemen yang artinya ‘tambahan’ jadi Anda hanya boleh mengkonsumsi suplemen ketika tubuh Anda memang benar-benar butuh ‘tambahan’ zat-zat tersebut dengan cepat, bukan mengkonsumsinya sekaligus. Karena mengkonsumsi suplemen tanpa petunjuk dokter juga bisa berbahaya. Contohnya saja jika Anda mengkonsumsi kalsium dan zat besi bersamaan maka zat besi yang sudah Anda konsumsi tidak akan terserap oleh tubuh secara sempurna karena sifat kalsium yang dapat menginterfensi penyerapan zat besi. Sebaiknya, jika Anda membutuhkan asupan vitamin A perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah dengan warna cerah dan kalau ingin asupan kalsium tercukupi pastikan minum segelas susu tinggi kalsium setiap hari.

  1. Olah Raga Tanpa Angkat Beban

Tujuan olah raga selain untuk menjaga berat badan juga membentuk tubuh menjadi padat dan berisi. Memiliki tubuh sehat, padat dan berisi adalah impian semua wanita namun kebanyakan wanita bertanya-tanya walaupun mereka sudah sering berolah raga dan walaupun berat badan mereka tetap terjaga tapi tetap tidak terlihat padat. Apa yang salah? Tidak ada yang salah hanya saja Anda kurang memahami bahwa untuk mendapatkan badan yang padat, perlu adanya pelatihan khusus pada otot dan angkat beban adalah salah satu caranya. Tanpa itu, Anda mungkin tetap sehat dan berat badan tubuh terjaga tapi tidak terbentuk dengan sempurna.

  1. Makan Sayuran Tapi Membelinya di Restoran Cepat Saji

Ketika melihat Jessica Alba pamer tubuh idealnya akibat diet sayuran yang dilakukannya Anda jadi tertantang untuk memperbanyak asupan sayuran Anda. Tapi asupan sayuran yang Anda dapatkan justru dari restoran cepat saji favorit Anda, walaupun bentuknya salad tapi dressing yang digunakan adalah mayones atau keju yang berkalori tinggi. Selain itu tumis sayuran dari restoran cina favorit Anda juga tentunya banyak mengandung sodium dari garam dan MSG yang justru dapat membuat nutrisi dalam sayuran seperti potassium tidak ada gunanya sama sekali. Yang ada justru tekanan darah Anda yang akan naik.

  1. Yang Penting Sudah Minum 8 Gelas Air Sehari

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum 8 gelas air sehari adalah hanya dari air putih yang kaya akan mineral bukannya dicampur dengan teh, kopi apa lagi minuman kemasan bersoda. Biasakan untuk minum setidaknya dua gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari dan selalu minum air putih setelah makan dan kurangi asupan gula apalagi pemanis buatan dalam minuman Anda.

Tak sedikit para selebritis yang juga ikut mengkampanyekan gaya hidup sehat mereka di akun media sosial milik mereka mulai dari olah raga apa yang saat ini sedang mereka geluti dan kemudian olah raga tersebut menjadi tren ‘kekinian’ sampai dengan sarapan apa yang mereka makan sehingga tubuh mereka ideal sempurna. Tapi bukan berarti semua yang Anda lihat dan dengar itu benar dan tak semua gaya hidup yang dianggap sehat itu sehat dan tak sedikit gaya hidup sehat yang salah tapi menjadi tren yang sering diikuti oleh banyak orang mungkin termasuk juga Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top