Health

Jangan Panik! Ini Panduan Positif Omicron yang Bisa Dilakukan

Jangan Panik! Ini Panduan Positif Omicron yang Bisa Dilakukan

Panduan positif Omicron tengah banyak dicari masyarakat Indonesia. Mengingat, belakangan ini kasus COVID-19 varian Omicron kembali menanjak.

Walau begitu, varian Omicron diklaim menimbulkan gejala yang lebih ringan ketimbang varian lainnya, seperti Delta. Lalu apa yang mesti dilakukan apabila dinyatakan positif Omicron?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengeluarkan beberapa panduan positif Omicron yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Mengutip akun Instagram Kemenkes, Jumat (4/2/2022), berikut beberapa hal yang dapat dilakukan apabila dikonfirmasi positif Omicron.

Panduan Positif Omicron

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika dinyatakan positif Omicron, yakni:

Lihat Juga: Waspada Varian Omicron! Jakarta Jadi Perhatian Utama

Jangan Langsung Masuk Rumah Sakit

Panduan pertama dari Kemenkes untuk pasien Omicron dengan gejala ringan atau tidak bergejala adalah jangan terburu-buru masuk rumah sakit. Hal ini untuk memberikan slot bagi pasien positif COVID-19 lain yang kondisinya wajib dirawat di RS.

Utamakan Isolasi Mandiri

Panduan positif Omicron selanjutnya adalah utamakan isolasi mandiri dan jangan lupa untuk melapor ke puskesmas setempat dan menggunakan layanan telemedicine (jika ada). Hal ini agar dokter tetap dapat memantau kondisi pasien yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Isolasi Terpusat di Tempat Terdekat

Jika harus melakukan isolasi terpusat, dianjurkan untuk menjalani isolasi di fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan di wilayah masing-masing.

Lihat Juga: Omicron Masuk Indonesia, DPR Minta Banyak Hal

Isoman Akan Mengurangi Beban RS

Dengan isolasi mandiri, bisa menekan beban rumah sakit dan juga tenaga kesehatan. Selain itu, isoman juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang terpapar COVID-19 dengan gejala berat atau kritis.

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Panduan positif Omicron kelima yakni, jika melakukan isolasi mandiri di rumah, upayakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan diri maupun keluarga.

Segera Dapatkan Vaksinasi Lengkap

Kemenkes menganjurkan masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19, khususnya bagi para lansia, anak-anak dan kelompok rentan. Hal ini untuk menghindari gejala yang lebih berat dari COVID-19 varian Omicron.

Lihat Juga: 5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

Nah, bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Omicron, jangan panik dahulu. Ikuti panduan positif Omicron dari Kemenkes dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, bagi pasien yang belum mendapat vaksinasi, segera lakukan dua dosis vaksin untuk mencegah gejala berat virus Corona.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top