Health

Jangan Pernah Menganggap Enteng Penyakit Flu

Jangan pernah menganggap enteng penyakit flu. Kebanyakan orang beranggapan bahwa penyakit flu itu sudah biasa, minum obat yang biasa dibeli di warung dekat rumah juga bisa sembuh. Bahkan malah tidak minum obat sama sekali dan penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya. Dalam istilah medis, penyakit flu termasuk dalam salah satu jenis penyakit infeksi viral yaitu jenis penyakit disebabkan oleh virus dan bukannya bakteri sehingga antibiotik tidak akan mempan menangani kondisi ini karena antibiotik hanya berlaku untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Memang benar setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya flu yang dalam kondisi tertentu juga disertai dengan demam, memang bukan sesuatu yang serius tapi bukan berarti bisa dianggap enteng. Penanganan yang salah terhadap penyakit flu ternyata juga dapat berakibat fatal.

Gejala Umum Seseorang Terinfeksi Virus Influenza dan Apa Yang Harus Dilakukan?

Tentunya Anda semua pernah mengalami flu dan tentunya paham betul gejala umum yang dialami ketika terinfeksi penyakit flu seperti bersin-bersin dan pusing kepala kemudian diikuti pilek adalah gejala awalnya. Gejala lanjutan seperti diikuti demam, badan menggigil dan kelelahan yang amat sangat sehingga kadang tidak mampu untuk bergerak banyak. Ketika semakin parah biasanya juga diikuti dengan diare dan muntah-muntah. Pada umumnya tubuh sudah memiliki pertahanan sendiri terhadap virus influenza namun tidak ada salahnya melakukan tindakan-tindakan berikut ini untuk mempercepat proses penyembuhan:

  1. Istirahat Penuh di Rumah

Istirahat penting untuk segera mengusir virus influenza dari sistem tubuh Anda, karena semakin Anda banyak bergerak, tubuh akan semakin kelelahan dan saat tubuh lelah sistem imun tubuh tidak akan bekerja secara maksimal dan virus akan semakin sulit untuk ditangani. Selain itu dengan istirahat di rumah Anda dapat mencegah virus yang menyerang Anda menyebar dan menyerang orang-orang di sekitar Anda.

  1. Minum Banyak Air Putih

Banyak manfaat air putih ketika Anda sakit. Pertama efek samping dari penyakit flu adalah tubuh akan lebih mudah dehidrasi, dengan minum air putih Anda dapat memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Kedua, air putih membantu melancarkan peredaran darah sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan ketiga air hangat yang mengalir ditubuh Anda juga dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan menetralkan panas tubuh Anda akibat demam.

  1. Banyak Makanan Bergizi

Percaya atau tidak dengan mengkonsumsi makanan bergizi Anda akan cepat sembuh, hal ini dikarenakan saat sakit energi Anda akan sangat terkuras, dengan tetap menjaga asupan nutrisi maka energi Anda akan tergantikan dengan cepat sehingga tubuh dapat melawan virus dengan lebih efektif.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Memang benar, penyakit flu tergolong penyakit ringan dan tidak serius. Namun bukan berarti Anda tidak waspada. Ada baiknya Anda segera menemui dokter jika hal-hal berikut ini terjadi kepada Anda:

  • Flu tidak juga kunjung sembuh setelah 7 hari.
  • Demam tinggi selama kurang lebih 5 hari.
  • Mengalami sesak nafas.
  • Terdapat bercak-bercak kemerahan pada kulit.
  • Ketika menunduk (meletakkan dagu ke dada) terasa sakit tapi tidak sakit ketika menoleh.
  • Semua gejala flu yang awalnya biasa saja menjadi kian memburuk.

Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani maka akibatnya bisa fatal, beberapa harus berakhir di rumah sakit karena terjadi komplikasi parah dan beberapa juga harus berujung pada kematian karena penanganan yang tidak tepat.

Jadi mulai sekarang jangan pernah menganggap enteng penyakit flu karena walaupun virus influenza tidak berbahaya tapi kondisi tubuh yang kelelahan akibat virus itu justru dapat mendatangnya berbagai macam komplikasi yang justru dapat membahayakan tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top