Health

Jangan Salah, Gejala Virus Zika Mirip Demam Berdarah!

Waspada, Gejala Demam Berdarah Sekarang Tak Selalu Demam!

Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan berita tentang virus Zika yang menjadi topik hangat karena menyerang Amerika Tengah dan Selatan. Bahkan pemerintah Brazil menurunkan dua ratus ribu tentaranya ke seluruh wilayah negara untuk menghambat penyebaran virus ini.

Virus Zika yang menyebar melalui nyamuk sejenis Aedes, pertama kali ditemukan di Afrika. Namun kemudian diketahui bahwa virus ini dapat menyebar pula di negara-negara tropis dan ternyata gejalanya mirip dengan demam berdarah.

Meski virus Zika merebak luas di Amerika Selatan dan Karibia, namun kita juga perlu mewaspadainya karena virus ini berasal dari nyamuk Aedes yaitu Aedes Aegypti yang dikenal sebagai pembawa virus demam berdarah. Dan nyamuk Aedes Albopictus, nyamuk dengan ciri garis-garis putih dan dianggap sebagai species nyamuk paling agresif. Kedua nyamuk ini biasanya menggigit pada siang dan sore hari.

Agar lebih berhati-hati dan paham seputar penyakit akibat virus Zika, yuk ikuti ulasan singkat berikut ini.

Gejala Virus Zika

Menurut Center for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) di Amerika Serikat, jika seseorang terinfeksi virus ini gejalanya akan terlihat 3 – 7 hari setelah digigit.

Beberapa pakar melihat adanya kesamaan antara demam Zika dan demam berdarah. Keduanya sama-sama dimulai dengan demam yang naik turun disertai rasa linu hebat di persendian dan tulang.

Itulah mengapa, terkadang demam Zika sering keliru diidentifikasikan sebagai demam berdarah. Namun ternyata ada perbedaan yang khas antara demam Zika dan demam berdarah, yaitu :

  • Demam Zika memang naik turun namun tidak terlalu tinggi, maksimal mencapai 38 derajat Celcius.
  • Muncul ruam di kulit yang melebar dengan benjolan tipis yang timbul.
  • Ruam berwarna merah tua atau kecoklatan yang terkadang mendatar dan menonjol.
  • Rasa nyeri pada persendian dan otot seringkali disertai dengan lebam dan bengkak seperti terbentur sesuatu atau keseleo ringan.
  • Mata berwarna merah, terkadang warnanya sangat kuat seperti muncul ruam di bagian dalam kelopak mata.

Bahaya Virus Zika

Waspada, Gejala Demam Berdarah Sekarang Tak Selalu Demam!Sebagai virus baru yang menghebohkan dunia, Zika menjadi permasalahan yang luas bukan hanya di Brazil tetapi juga di belahan dunia lainnya sejak pertengahan 2015 lalu. Virus Zika sebenarnya dikenali sebagai penyakit umum yang tidak berbahaya bagi kondisi normal, dan terkadang orang tidak menyadari telah terinfeksi virus ini.

Namun virus Zika akan menjadi bahaya yang serius bagi ibu hamil karena menyebabkan keguguran dan mempengaruhi pertumbuhan otak pada janin. Virus Zika mengakibatkan bayi baru lahir mengalami microcephaly yaitu suatu kondisi dimana otak janin tidak bertumbuh ke ukuran penuh dan menyebabkannya lahir dengan kepala abnormal berukuran kecil.

Pada tahun 2015, di Brazil lebih dari 3000 bayi lahir dengan kondisi microcephaly dan di Amerika Serikat sekitar 12 bayi per 10.000 kelahiran dengan kondisi ini.

Pada orang dewasa yang tidak sedang hamil, virus Zika akan menyerang sistem saraf dan menyebabkan peradangan akar saraf tulang belakang atau Guillain-Barre (gangguan pada saraf yang mengakibatkan kelemahan otot pada kaki dan menyebar ke lengan dan wajah). Gangguan ini pada kasus yang parah (meskipun masih jarang) dapat menyebabkan mati rasa, sulit berjalan dan lumpuh.

Vaksin untuk virus Zika belum ada, hanya disarankan agar pasien beristirahat yang cukup, minum yang cukup serta makan makanan yang bergizi. Jika demam sangat mengganggu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk menghindari virus Zika, usahakan agar rajin membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk dan menjaga kebersihan. Penggunaan obat nyamuk, pakaian yang melindungi tubuh dan tidur menggunakan kelambu diyakini dapat menghindarkan kita dari serangan dan gigitan nyamuk.

Nah, itulah sekilas tentang virus Zika. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar virus ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top