Health

Jarang Yang Tahu, Ini 5 Manfaat Air Lada Hitam Untuk Tubuh

Jarang Yang Tahu, Ini 5 Manfaat Air Lada Hitam Untuk Tubuh

Sejak pandemi mewabah, banyak orang memilih minuman maupun makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu air lada hitam yang dapat menguatkan sistem imun. Rempah dengan rasa pedas ini umumnya dijadikan sebagai bumbu masakan.

Namun ternyata selain membuat makanan terasa lebih enak, lada hitam juga dapat dijadikan minuman yang kaya manfaat. Melansir dari Food NDTV (21/10/2021) air lada hitam dapat membantu menjaga sistem pencernaan hingga menurunkan berat badan. Apa saja khasiat campuran lada hitam dan air? Simak di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Usus

Sistem pencernaan yang baik berpengaruh kepada banyak hal termasuk, sistem imun tubuh, penyakit kronis termasuk suasana hati. Berdasarkan penelitian, lada hitam bisa membantu meningkatkan bakteri baik di usus.

Lada hitam juga berfungsi sebagai detoksifikasi. Racun di dalam tubuh, terutama yang berada di sistem pencernaan dapat dibuang secara bertahap. Untuk membuat minuman ini sendiri sangat mudah. Cukup sediakan 3 butir lada hitam putih dan rebus dengan segelas air. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga air berwarna kecoklatan. Nikmati selagi hangat dan konsumsi pada pagi atau malam sebelum tidur.

Lihat Juga: Menyehatkan Pernapasan-Cegah Kanker Paru-paru, Ini Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Yang Foodies Wajib Tahu

Tinggi Antioksidan

Dari hasil penelitian, lada hitam diketahui mengandung piperin yang merupakan senyawa dengan sifat antioksidan. Senyawa ini membantu menghentikan dan memperbaiki kerusakan sel karena radikal bebas.

Dengan rutin mengonsumsinya, efek yang ditimbulkan radikal bebas pun dapat diatasi secara alami. Namun pengobatan herbal tidak bisa langsung dilihat langsung hasilnya, karena butuh waktu jangka panjang dan harus konsisten.

Menurunkan Berat Badan

Selain merebus butiran lada hitam, manfaat satu ini juga bisa didapat dengan menambahkan sejumput lada hitam bubuk ke dalam segelas air hangat. Minuman ini akan memaksimalkan pembakaran kalori, dan baik dikonsumsi pada pagi hari saat perut dalam kondisi kosong. Namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Lihat Juga: Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Lada hitam memiliki kandungan yang dapat berinteraksi dengan enzim perncernaan. Saat mengalami susah buang air besar, minumlah satu gelas ramuan ini dan tunggu reaksinya dalam beberapa saat. Imbangi pula dengan minum air putih yang cukup dan memenuhi asupan makanan berserat.

Mencegah Dehidrasi

Air hangat dengan lada hitam juga bisa menghidrasi tubuh. Rasanya yang pedas dan aromh khasnya membuat air lada hitam ampuh untuk meningkatkan mood. Selain diminum langsung, lada hitam juga dapat dijadikan infused water.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top