Health

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan

Peranan makanan pada saat menginjak usia masa kehamilan 4 bulan atau hamil muda sangatlah penting karena zat makanan yang dikandungnya sangat diperlukan untuk menjaga janin dan juga ibunya.

Zat makanan tadi bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan memberikan energi pada ibu. Sementara bagi janin, zat makanan yang dikonsumsi akan dimanfaatkan untuk tumbuh kembangnya sehingga janin bisa tumbuh lebih sempurna.

Bentuk sempurna dari janin nampak pada usia setelah 4 bulan. Tapi, di usia ini, janin juga sudah menunjukkan sisi kesempurnaan bentuknya misalnya organ penglihatan serta pendengaran yang sudah terbentuk sempurna. Bahkan, pada usia kehamilan muda (4 bulan) ini, Anda sudah bisa mengenali jenis kelamin dari calon buah hati yang akan Anda lahirkan nantinya.

Pada usia kandungan seperti ini, penjagaan sangat dibutuhkan. Khususnya ditujukan untuk menjaga ibu dan calon bayi tadi. Caranya adalah dengan memberikan asupan gizi yang tepat. Nah, apa saja asupan gizi yang dibutuhkan pada masa seperti ini?

1. Makanan Mengandung Serat

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan, Hamil Muda
Makanan Mengandung Serat

Pada usia kehamilan mencapai 4 bulan, seorang wanita akan sering mengalami keluhan khususnya pada sistem pencernaannya. Salah satu contohnya adalah terjadinya masalah sambelit.

Untuk mengatasi dan meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan tersebut,  asupan gizi yang mengandung serat sangat diperlukan. Hal ini bisa didapatkan dari jenis makanan yakni kacang-kacangan serta brokoli dan lain sebagainya.

2. Makanan Yang Mengandung Kalsium

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan, Hamil Muda
Makanan Mengandung Kalsium

Asupan gizi yang satu ini tidak hanya diberikan semenjak usia kehamilan mencapai 4 bulan. Tapi dari awalpun kalsium sudah sangat diperlukan. Manfaatnya adalah untuk membantu dalam pembentukan tulang rawan dari janin.

Baca Juga : 9 Jenis Keju, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Selain itu, pemenuhan kalsium ini juga dimaksudkan untuk menjaga si ibu dari pengambilan kalsium yang ada di tulang belakangnya. Jika tidak dipenuhi, maka kalsium yang ada di tulang ibu akan diambil untuk dimanfaatkan janin sehingga wanita hamil akan mengalami kekeroposan pada tulang.  Makanan berkalsium tinggi contohnya ada alpukat, keju dan yoghurt.

3. Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan, Hamil Muda
Makanan Mengandung Zat Besi

Jenis kandungan gizi yang juga penting untuk dipenuhi selama masa kehamilan 4 bulan adalah zat besi. Asupan gizi ini menjadi salah satu penangkal terjadinya anemia yang seringkali dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

Ya, zat besi ini akan selalu dibutuhkan untuk proses pemebntukan darah serta membantu dalam memnuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Bisa dibayangkan jika zat besi ini kurang, maka sudah semestinya jika janin tidak bisa tumbuh sempurna, juga ibu akn sering mengalami anemia.

Baca Juga : 10 Makanan Mengandung Kalium Tinggi dan Manfaatnya

Oleh karena itu, penuhilah asupan gizi ini sesuai kebutuhan ibu hamil. Zat besi ini bisa diambil dari jenis makanan seperti labu, pisang serta kurma.

4. Makanan Mengandung Protein

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dihilangkan Selama Masa Kehamilan 4 Bulan, Hamil Muda
Makanan Mengandung Protein

Proses pembelahan sel dalam tubuh akan sering dilakukan. Dan ini menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami pertumbuhan. Sama halnya yang dilakukan oleh sel pada janin pada usia kehamilan 4 bulan ini.

Untuk membantu dalam proses tersebut, asupan protein sangatlah diperlukan. Pasalnya, manfaatnya adalah untuk hal semacam itu sehingga jika tidak terpenuhi, maka proses pertumbuhan dari janin akan terganggu.

Apabila Anda peduli dengan kesehatan janin, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung asupan protein. Nah, jenis-jenis makanan yang mengandung asupan protein tersebut diantaranya adalah susu, telur, buah-buahan serta sayur-sayuran.

Baca Juga : Haruskan Beralih ke Whey Protein untuk Kecukupan Protein Harian

Itulah jenis-jenis asupan makanan yang mana tidak boleh diabaikan ketika Anda sedang menginjak usia hamil muda. Penuhilah asupan gizi tersebut supaya Anda serta janin yang sedang dikandung lebih sehat dan tumbuh sempurna.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top