Health

Mengenal Jenis Penyakit Diabetes, Sempat Diidap Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia

Mengenal Jenis Penyakit Diabetes, Sempat Diidap Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia

Dorce Gamalama meninggal dunia dalam kondisi positif COVID-19 pada Rabu (16/2/2022). Semasa hidupnya Dorce diketahui mempunyai riwayat penyakit diabetes. Ia bahkan pernah dirawat di rumah sakit karena hilang kesadaran akibat hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah.

Seperti diketahui, diabetes adalah salah satu penyakit penyerta alias komorbid yang dapat memperburuk gejala COVID-19.

Lantas apa itu diabetes?

Diabetes atau diabetes melitus adalah penyakit kronis yang mengganggu metabolisme tubuh. Penyakit ini akibat pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang diproduksi tubuh secara efektif.

Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Jika mengalami gangguan pada fungsi insulin dan pankreas, tubuh akan mengalami kadar gula tinggi atau yang disebut hiperglikemia.

Apabila kadar gula dalam tubuh semakin menumpuk, pengidapnya akan mengalami gangguan pada organ tubuh. Bahkan, dapat menyebabkan komplikasi serius sampai kematian.

Jenis Penyakit Diabetes

Mengutip Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Rabu (16/2/2022), terdapat tiga jenis penyakit diabetes, yakni tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional. Berikut uraiannya:

Lihat Juga: Penderita Diabetes Dilarang Menikmati Buah-Buahan ini

Diabetes Tipe 1

Jenis ini diakibatkan oleh reaksi autoimun yang menghentikan produksi insulin dalam tubuh. Sekitar 5-10 persen penderita diabetes mempunyai tipe 1. Jenis diabetes ini dapat dialami oleh anak-anak, remaja dan dewasa. Hingga kini, masih belum ditemukan pengobatan untuk mencegah penyakit ini.

Diabetes Tipe 2

Jenis penyakit diabetes tipe 2 merupakan kondisi saat kadar gula darah di atas normal karena resistensi insulin. Kadar gula darah di atas normal ini diakibatkan oleh sel tubuh yang tidak bisa menggunakan insulin dengan normal (resistensi insulin).

Sekitar 90-95 persen penderita mengalami diabetes tipe 2. Baik anak-anak, remaja dan dewasa dapat terjangkit penyakit ini. Walau begitu, diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan dan berolahraga.

Lihat Juga: Tips Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal Di Usia 50 Tahun Ke Atas

Diabetes Gestasional

Jenis penyakit diabetes satu ini biasanya diderita oleh wanita hamil yang tak mempunyai riwayat sakit diabetes. Jika seorang ibu hamil mengidap diabetes gestasional, bayi dalam kandungan sang ibu akan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Diabetes tipe ini umumnya bakal hilang sendiri usai bayi lahir. Tetapi, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjangkit diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top