Health

Jenis Sayuran dan Manfaatnya Yang Bernutrisi Tinggi

Jenis Sayuran dan Manfaatnya Yang Bernutrisi Tinggi

Bahan makanan nabati adalah merupakan bahan makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan, termasuk juga sayur-sayuran. Sayur-sayuran tergolong jenis makanan yang harus selalu hadir di meja makan. Mayoritas orang gemar memakan sayur-sayuran, baik di konsumsi secara mentah maupun di masak dahulu.

Sayuran juga banyak di gunakan untuk pengobatan alternatif guna mencegah berbagai penyakit. Dengan tidak mengandung efek samping yang membahaya kan tubuh.

Berikut beberapa jenis-jenis sayuran yang bernutrisi tinggi antara lain .

BAYAM

Merupakan tumbuhan  hijau yang umumnya di konsumsi daun nya Bayam termasuk makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik sebagai sumber kloropil atau zat hijau. Selain itu bayam juga mengandung Vitamin A, B kompleks, C, E, K dan karbohidrat, Beta karoten, Kalsium, Fosfor, dan serta yang tinggi.

WORTEL

Wortel, sayuran yang mengandung vitamin A

Merupakan  jenis sayuran yang popular setelah kentang, jenis sayuran ini termasuk tumbuhan  yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar. Wortel adalah sayuran yang berwarna kuning jingga  kaya akan zat gula, Vitamin, serta garam mineral, dan banyak mengandung beta koranen, Bagian yang di makan adalah umbi akarnya.

KOL /KUBIS

Merupakan jenis sayuran atau tumbuhan daun yang banyak diolah masyarakat untuk berbagai jenis makanan atau sayuran. Kubis/kol yang segar banyak mengandung Vitamin A , B, C, E,. Kandungan vitamin C yang tinggi bisa menmcegah sariawan yang akut.

Kandungan mineral yang terdapat dalam kubis adalah ; Kalium, Fosfor, Kalsium, Natrium, dan zat besi. Kol atau kubis yang segar juga mengandung banyak senyawa yang merangsang pembentukan glutation. Zat yang dibutuhkan tubuh untuk mematikan zat racun dalam tubuh. Di samping itu juga kol mempunyai zat aktif yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah indol-3 karbinol yang berperan mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Kubis atau kol juga ternyata mampu mengobati penyakit gatal akibat jamur candida, mengobati radang sendi, serta bisa melindungi tubuh dari radiasi, seperti computer, microwave, sinar X-ray, serta televise.

SAWI

sayuran sawi ini adalah  yang di konsumsi daunnya, sawi sering di gunakan dalam kebutuhan sayuran sehari-hari. Sawi ini termasuk sayuran yang rendah kalori, dan menga ndung serat yang baik untuk tubuh kita, selain itu juga terdapat kandungan Fosfor,Zat besi, Vitamin A,B1,B2, B3, dan C serta vitamin K.

KENTANG

Merupakan umbi batang yang kaya akan karbohidrat, tanaman ini termasuk dalm suku umbi-umbian. Berdasarkan wrnanya kentang terbagi 3 bagian yaitu ; kentang putih, kentang kunung, dan kentang merah. Kentang juga mengandung kadar air yang tinggi sekitar 78%, kandungan potassium pada kentang dua kali lipat lebih banyak di bandingkan kandungan potassium dalam fiber dan pisang.

Sayuran jenis kentang sangat bagus di konsumsi bagiorang yang mengalami kekurangan kadar gula dalam darah, kandungan lemaknya kurang dari 25% sehingga mampu menghambat endapan kolesterol didalam lapisan saluran darah.

KACANG MERAH

Ini merupakan jenis makanan nabati  kelompok kacang polong,  kacang merah ini memiliki nutrisi yang tinggi . Kandungan yang terdapat pada kacang merah  adalah mengandung asam polat, karbohidrat kompleks, serat, kalsium, dan protein yang terbilang tinggi. Kandungan kadar seratnya sangat tinggisehingga bisa menurunkan  kadar kolesterol dalam darah.

BROKOLI

Ini termasuk dalam jenis  kubis-kubisan, Sayuran ini berasal dari Asia kecil dan dataran tinggi mediterania. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran yang padat gizi diantaranya Protein, Vitamin C, Zat besi, Serat, kalium, serta beragam zat aktif lainnya yang terkandung di dalam brokoli.

Kandunganserat pada brokoli mampu melancarkan system pencernaan, selain itu juga brokoli berkhasiat mengurangi resiko kanker.dan mampu menjaga keseimbangan gula drah dalam tubuh.

Baca Juga : 8 Sayuran Ini Baik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Demikianlah jenis sayuran yang bernutrisi tinggi semoga bisa membantu kita dalam memperbaiki pola makan atau pola hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top