Kadar Asam Urat Normal Pada Pria dan Wanita

Date:

Asam urat merupakan produk hasil perombakan nukleotida purin yang berasal dari makanan yang Anda makan. Beberapa makanan yang diketahui mengandung purin pada kadar tinggi adalah asparagus, daging, ikan sardin dan jamur. Sebagian besar asam urat dari dalam tubuh dibuang melalui urin setelah melewati proses filtrasi di ginjal. Sebagian kecil yang lain dapat dijumpai pada feses. Namun jika jumlah asam urat berlebih atau ginjal tidak mampu membuangnya dari dalam tubuh, maka kadar asam urat di dalam darah akan meningkat.

Kadar Asam Urat Normal

Jika kadar asam urat di dalam darah tinggi maka hal itu dapat menyebabkan munculnya gout atau arthritis yang biasanya menimbulkan rasa sakit pada persendian. Oleh karena itu, penting untuk selalu memonitor kadar asam urat di dalam darah.

Masalah lain yang mungkin bisa ditimbulkan akibat kadar asam urat yang tinggi di dalam darah adalah Diabetes Tipe 2, gagal jantung dan gangguan tidur.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vidula Bhule (2010), setiap peningkatan kadar asam urat sebanyak 1 miligram per desiliter maka resiko seorang dewasa terkena diabetes tipe 2 meningkat sebanyak 20% dan 15% pada anak-anak.

Sementara itu, Eswar Krishnan (Stanford School of Medicine, 2009) menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian gagal jantung dengan tingginya kadar asam urat di dalam darah.

Penelitian lain menyebutkan bahwa gangguan-gangguan tidur seperti mendengkur, mendengus dan mengantuk sepanjang hari juga berhubungan dengan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

Kadar Asam Urat Normal Pada Pria dan Wanita
Kadar Asam Urat Normal Pada Pria dan Wanita

Lalu, sebenarnya berapa kadar asam urat normal di dalam tubuh? Nilai kadar asam urat normal di dalam darah berbeda antara pria dan wanita. Kadar asam urat normal pada pria adalah berkisar 3.6 mg/dL, sedangkan untuk wanita adalah antara 2.3 hingga 6.6 mg/dL.

Keadaan dimana kadar asam urat seseorang berada di bawah kadar normal disebut dengan hipourisemia, sedangkan keadaan dimana kadar asam urat seseorang melebihi kadar normal disebut hiperurisemia.

Share post:

More like this
Related