Health

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal Di Usia 50 Tahun Ke Atas

Kadar Gula Darah Normal

This post is also available in: English

Seiring bertambahnya usia, umumnya kadar gula dalam darah akan semakin meningkat. Meningkatnya kadar gula tentunya akan membahayakan seseorang terutama yang berusia 50 tahun ke atas maupun lansia. Mereka bisa terkena penyakit gula atau yang biasa dikenal dengan diabetes. Bagaimana menjaga kadar gula darah normal? Oleh karena itu, penderita diabetes harus benar-benar menjauhi pantangannya termasuk asupan makanan, bahkan penderita diabetes dilarang menikmati buah-buahan tertentu.

Untuk itulah, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kadar gula agar tetap dalam keadaan normal terutama orang yang sudah berusia di atas 50 tahun, bahkan yang berusia di bawah 20 tahun maupun di atas 20-an juga harus menjaga kadar gula agar selalu dalam keadaan normal. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjangkitnya penyakit diabetes di usia muda.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar kadar gula darah tetap normal di usia 50 tahun ke atas? berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan. Simak baik-baik ya.

1. Melakukan tes gula darah rutin
Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Ada salah satu cara  untuk mengetahui berada kadar gula dalam darah seseorang yaitu  dengan melakukan tes darah yang berguna untuk memonitor tingkat gula dalam tubuh seseorang agar berada dalam batas normal. Pengecekan kadar gula darah normal perlu dilakukan terutama bagi orang dewasa usia sekitar 50 tahun ke atas atau diabetes bagi lansia. Tidak hanya itu, bagi orang-orang yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes pun perlu rutin untuk melakukan cek gula darah.

2. Rencanakan  pola makan sehat

Normalnya kadar gula juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk merencanakan pola makan yang sehat agar kadar gula tetap normal meskipun sudah lanjut usia.

Baca Juga : Detox Gula: Cara Agar Tetap Makan Enak Tanpa Mengkonsumsi Banyak Gula

Begitupun juga penderita diabetes disarankan untuk menghindari segala jenis makanan penyebab gula darah naik. Untuk itu,diantaranya kurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, biasakan untuk makan tepat waktu sehari 3 kali, biasakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi 25 gram per hari agar dapat menurunkan gula darah naik dengan cepat, dan batasi asupan gula harian Anda yakni 50 gram per hari atau setara dengan 4 sendok makan.

3. Biasakan Tidur Tepat Waktu 

Untuk menjaga kadar gula agar tetap normal, biasakan untuk tidak bergadang di malam hari. Usahakan istirahat yang cukup dengan tidur tepat waktu setidaknya 7-8 jam setiap hari karena kurangnya waktu tidur dapat mengganggu mekanisme kerja insulin dalam tubuh yang berimbas pada kadar gula darah tinggi.

4. Hindari stress berlebihan

Selama orang dewasa yang berusia 50 tahun ke atas maupun lansia merasa stress maka akan berpengaruh pada hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari stress yang berlebihan agar kesehatan tidak menurun dan gula tidak naik.

6. Berolahraga secara rutin

Olahraga sangat penting terutama orang dewasa yang berusia 50 tahun maupun lansia agar kondisi tubuh tetap sehat meskipun sudah lanjut usia. Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter jenis olahraga yang aman bagi orang berusia 50 tahun ke atas maupun lainnya.

Biasanya olahraga yang aman untuk orang dewasa yang berusia 50 tahun maupun lansia seperti jalan santai, jalan cepat, brisk walking, taichi, dan beberapa latihan yoga. Olahraga minimal 30 menit sehari atau 5 hari dalam seminggu. Di samping menyehatkan tubuh, olahraga teratur dapat menjaga gula darah agar tetap normal.

7. Selalu rutin konsultasi dengan dokter

Apabila gula dalam tubuh naik, tentunya hal itu membahayakan kesehatan terutama bagi para orang yang berusia lanjut. Selain rutin cek gula darah, konsultasi ke dokter yang ahlinya juga diperlukan karena kita sendiri masuk membutuhkan arahan yang jelas dan pasti dari ahlinya. Ketika kita konsultasi, dokter tentunya akan melakukan pemeriksaan kemudian menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan hasil pemeriksaan beserta solusinya

Itulah ulasan mengenai tips untuk menjaga kadar gula darah normal usia 50 tahun ke atas. Sebelum menerapkan beberapa tips di atas, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi pada dokter dibidangnya apakah memang aman untuk diterapkan atau malah sebaliknya. Semoga bermanfaat!

To Top