Health

Kamu Suka Posisi Tidur Tengkurap? Awas Berbahaya!

Banyak sekali posisi tidur yang bisa Anda praktekkan. Salah satunya adalah posisi tidur tengkurap. Beberapa pria maupun wanita menggemari posisi tidur tengkurap. Karena posisi tersebut dianggap nyaman, bisa meluruskan punggung. Walaupun pada wanita akan sedikit mengganjal pada bagian payudara, tetapi masih saja ada kenyaman dengan cara memberikan alas seperti bantal.

Seberapa nyaman tidur tengkurap jika dibandingkan dengan tidur miring ataupun terlentang? Tahukah Anda, jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Simak beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan karena keseringan tidur tengkurap;

  1. Nyeri Leher

Posisi tengkurap menjadikan kepala kita miring ke kanan ataupun ke kiri. Nah, posisi kepala tersebut hanya nyaman untuk beberapa saat saja. Dalam waktu lama, Anda akan mengalami nyeri leher. Secara langsung otot ketarik ke kanan atau ke kiri dengan waktu yang lama. Kepala yang miring pada satu sisi menyebabkan gangguan saraf pada leher.

  1. Pusing Kepala

Selain nyeri leher, Anda juga bisa mengalami pusing kepala. Hal tersebut memang saling berkesinambungan. Apabila kepala miring dan terbenam pada bantal, otomatis aliran darah pada kepala tersedat. Tekanan pada berat tubuh juga menjadi penyebab sakit kepalayang akan timbul.

  1. Ritme Jantung Terganggu

Setelah gangguan seputar kepala dan leher, turun ke bawah menuju jantung. Akibat dari tidur tengkurap yaitu ritme jantung akan terganggu. Hal tersebut akan terasa dalam jangka waktu yang lama. Jantung berfungsi memompa darah yang berisi oksigen untuk dialirkan ke dalam tubuh. Tengkurang menyebabkan jantung tertekan oleh berat badan, sehingga menyebabkan gangguan pada ritme jantung.

  1. Badan Menjadi Pegal

Perlu Anda ketahui, tidur tengkurap malah menyebabkan badan menjadi pegal. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan posisi tengkurap dalam waktu lama menyebabkan seluruh saraf dan peredaran darah terganggu. Akan akan mendapati badan yang sakit maupun pegal keesokan harinya.

  1. Pernapasan Terhambat

Gangguan yang satu ini juga sangat berarti, yaitu menghambat pernapasan Anda. Posisi tengkurap membuat lubang hidung terbuka tidak bebas. Selain itu dada yang tertekan dan terhimpit membuat napas terasa berat. Posisi tengkurap juga sangat berbahaya bagi penderita asma.

  1. Sakit Pada Mata

Selanjutnya yaitu gangguan pada mata. Miring sebelah bukan hanya mengganggu pada saraf kepala dan leher, namun juga pada mata. Mata yang tertekan atau di posisi bawah lebih rentan merasa sakit. Biasanya mata akan merasa nyeri dan penglihatan kabur untuk sementara waktu.

  1. Gangguan Kesehatan Kulit Wajah

Terakhir, bagi Anda yang berusia 20-30 usahakan untuk mengurangi tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini sangat menganggu terutama pada wanita yang begitu memperhatikan kecantikan. Kembali lagi pada bagian yang tertindih maupun tertekan yaitu wajah. Bagian wajah yang menjadi topangan tersebut, mengikuti gravitasi bumi dan membuat kemiringan wajah tidak simetris. Hal tersebut menyebabkan garis-garis kerut muncul terutama pada bagian dahi, sudut mata maupun bibir. Anda akan mengalami penuaan dini yang menganggu penampilan. Selain itu, juga bisa menimbulkan gangguan seperti wajah berjerawat. Kenapa demikian? Sarung bantal yang sebelumnya terkena rambut akan kalian pakai sebagai alas wajah. Bisa jadi rambut Anda kotor atau sarung bantal yang belum dicuci terdapat debu maupun kuman. Itulah yang memicu timbulnya komedo hingga jerawat.  Masih nyaman dan terbiasa dengan tidur tengkurap? Pikirkan lagi resiko dan efek jangka panjang jika sering tidur tengkurap. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top