Health

Kandungan dan Manfaat Buah Durian

kandungan dan manfaat durian

Mendengar kata durian akan terlintas dalam pikiran buah lezat, tapi kelezatannya berbanding lurus dengan lemak tinggi. Tapi ketakutan ini bukan yang menjadi hal yang pertama yang harus diingat ketikan makan durian karena durian ternyata bisa juga menjadi sumber nutrisi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Ternyata nutrisi durian banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein, serat, kalsium, folat, magnesium, seng dan besi.

Kandungan Gizi Durian

Bayangkan, dalam 100 gram durian mengandung 147 kkal. Ini berarti bahwa jika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang masuk ke tubuh adalah 1470 kkal atau sebanding dengan banyak makan dalam sehari. Durian untuk wanita hamil mungkin tidak baik karena mengandung banyak gula dan sedikit alkohol.

Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa Durian menyebabkan kontraksi, wanita hamil masih cukup banyak yang tidak makan buah ini.

Gangguan pencernaan juga dapat terjadi jika durian dikonsumsi dengan alcohol, hasil penelitian di University of TsukubaJepang, dan bahkan menunjukkan kandungan sulfur durian dapat menghambat metabolisme alkohol dan dapat menyebabkan kematian.

Nah bahaya-bahaya yang ada dalam durian akan muncul jika Anda makan terlalu banyak atau disertai dengan makanan yang kaya kolesterol seperti daging atau alkohol.

Apa manfaat durian bagi kesehatan

Manfaat Durian

Selain itu, Durian dikenal sebagai “raja buah” yang memiliki sejumlah besar manfaat tidak hanya sebagai buah tetapi kulit dan daunnya juga berguna. Kulit durian bisa mengusir nyamuk dan mengobati kurap, sedangkan daunnya sering digunakan sebagai ramuan untuk pes.

Tapi masih banyak orang yang makan durian hanya untuk menikmati daging buah durian yang sangat lezat ini, padahal masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa diperoleh dari buah apabila kita mengetahui manfaat yang tersedia dari buah ini. Apa manfaat durian bagi kesehatan?

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

Mencegah Depresi

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

Obat Tidur Alami

Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Lantas bagaimana dengan rumor yang beredar bahwa durian dapat membahayakan kesehatan?. Apakah durian berbahaya?

Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika Anda mengonsumsinya bersama dengan minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top