Health

Kandungan Gizi Dalam Jambu Biji Bagi Penderita Diabetes

jambu biji untuk penderita diabetes

Penderita diabetes harus makan jenis makanan yang memang baik bagi penderita itu sendiri. Selain Yoghurt Boleh Dikonsumsi Oleh Para Penderita Diabetes, buah jambu biji ternyata juga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Buah jambu biji dipercaya sebagai buah yang dapat menurunkan tingkat kadar gula dalam darah. Hal itu dikarenakan beberapa kandungan gizi dari jambu biji baik untuk kesehatan tubuh terutama penderita diabetes.

Lalu, apa saja kandungan gizi yang dimiliki oleh jambu biji dan bagaimanakah tips mengkonsumsi jambu biji untuk penderita diabetes? yuk intip ulasannya di bawah ini.

Kandungan gizi jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di wilayah tropis. Kita mengetahui bahwa jambu biji memiliki rasa yang manis, segar dan lezat.

Namun, banyak ahli gizi menyebutkan jika jambu biji ini memiliki kandungan gizi yang baik sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seseorang terutama penderita diabetes.

Dengan mengkonsumsi buah ini diyakini dapat membantu mencegah penyakit diabetes terutama tipe 2. Beberapa kandungan gizi dalam jambu biji yang baik bagi penderita diabetes, sebagai berikut:

1. Mengandung Indeks Glisemik (IG) yang rendah

Penderita diabetes yang mengkonsumsi jambu biji akan membantu dalam menurunkan kadar gula darahnya. Hal itu dikarenakan kandungan indeks glikemik pada jambu biji yang rendah yang membuat jambu biji mudah dicerna dan diserap secara bertahap sehingga itu dapat mempengaruhi proses peningkatan dalam kadar glukosa yang bekerja secara bertahap.

Dengan demikian, tidak heran lagi jika buah ini aman bagi penderita diabetes maupun seseorang yang berpotensi terkena penyakit ini apabila dikonsumsi secara rutin.

2. Jambu biji mengandung serat yang tinggi

Makanan berserat merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah termasuk jambu biji. Kandungan serat yang ada di dalam jambu biji mencapai 5,4 gram per 100 gram buah jambu yang dikonsumsi dimana hal ini dapat memastikan tingkat gula penderita dapat diatur dengan baik.

Selain dapat menurunkan kadar gula, serat juga baik untuk mencegah sembelit dimana hal ini termasuk masalah yang sering dialami oleh penderita diabetes.

3. Jambu biji rendah kalori

Jambu biji diketahui memiliki kandungan kalori yang rendah dimana hal ini dapat membantu dalam mengontrol berat badan. Menurut data dari suatu Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan bahwa sebanyak 100 gram jambu biji hanya mengandung 68 kalori dan 8,9 gula alami. Maka dari itulah, mengkonsumsi jambu biji bisa mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor penyebab tingginya gula darah yang dapat menyebabkan menderita diabetes.

4. Mengandung vitamin C

Penderita diabetes sangat diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin c seperti jambu biji. Kandungan vitamin C pada buah ini diketahui lebih tinggi daripada buah sitrus. Dalam satu buah jambu biji, setidaknya mengandung 223,8 mg.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Medical Research menjelaskan bahwa takaran vitamin C yang harus dikonsumsi penderita diabetes secara harian sebanyak 1000 mg dimana hal ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara signifikan.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam mengendalikan kadar kolesterol dan mencegah adanya penyakit komplikasi pada penderita diabetes. Tingginya dosis vitamin C pada jambu biji digunakan sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh penderita.

5. Mengandung kalium dan fosfor

Saat mengkonsumsi sesuatu pastinya kadar gula darah akan meningkat. Itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, bagi penderita diabetes tentunya hal ini cukup membahayakan. Dengan mengkonsumsi jambu biji dapat membantu memperlancar peredaran darah karena buah ini mengandung kalium dan fosfor yang berperan penting dalam reaksi transfer antar sel.

Tips aman bagi penderita diabetes saat mengkonsumsi buah jambu biji

Meskipun jambu biji aman bagi penderita diabetes, namun penderita tidak boleh memakannya secara sembarangan. Berikut ini tips aman yang harus dilakukan penderita diabetes saat mengkonsumsi buah jambu biji:

  1. Penderita harus mengkonsumsi jambu biji yang sudah masak
  2. Kupaslah terlebih dahulu kulit jambu biji. Makanlah buah jambu bijinya saja
  3. Jangan memakan jambu biji beserta kulitnya. Hal itu dikarenakan kulit pada buah ini mengandung gula yang sangat berdampak pada meningkatnya kadar gula darah.
  4. Jika tidak menyukai buah jambu biji, maka kalian bisa menggunakan daunnya dengan cara direbus. Air rebusan dari daun jambu biji sangat bermanfaat bagi penderita terumtama penderita diabetes melitus tipe 2 karena dapat menurunkan kadar gula darah menjadi normal.

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui betapa amannya penderita diabetes untuk mengkonsumsi jambu biji. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi dalam jambu biji yang bermanfaat bagi kesehatan penderita diabetes. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi jambu biji secara rutin untuk mencegah semakin parahnya penyakit diabetes yang diderita.

Baca Juga : Penderita Diabetes Dilarang Menikmati Buah-Buahan ini

Jika masih ragu, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter maupun ahli yang lebih paham. Pastikan apakah memang buah jambu ini aman untuk penderita atau malah sebaliknya. Langkah ini perlu dilakukan mengingat penderita diabetes harus dapat menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top