Categories: Health

Kanker Usus: Gejala, Penyebab dan Pencegahan

This post is also available in: English

Penyakit kanker merupakan penyakit keganasan yang timbul ketika sel tubuh mengadakan mutasi menjadi sel kanker yang kemudian tumbuh cepat dan tidak lagi memperhatikan tugasnya sebagai sel normal. Kanker adalah pembelahan dan pertumbuhan sel secara normal yang tidak dapat dikontrol sehingga cepat menyebar, yang terjadi dari perubahan sel yang melepaskan diri dari mekanisme pengaturan normal.

Sel-sel ini akan merusak jaringan tubuh sehingga mengganggu fungsi organ tubuh yang terkena. Sebelum kita membaca lebih jauh tentang Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus, di bawah ini akan kita mulai dengan Definisi Penyakit Kanker Usus, Apa itu Penyakit Kanker Usus?

Definisi Kanker Usus

Usus besar adalah bagian dari sistim pencernaan (digestive system) dimana materi yang dibuang (sampah) disimpan. Rektum (rectum) adalah ujung dari usus besar dekat dubur (anus). Bersama, mereka membentuk suatu pipa panjang yang berotot yang disebut usus besar. Tumor-tumor usus besar dan rektum adalah pertumbuhan-pertumbuhan yang datangnya dari dinding dalam dari usus besar.

Kanker usus (besar rectum) atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Untuk dapat lebih memahami mengenai kanker ini, mari kita pelajari Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus.

Penyebab Kanker Usus

Penyebab kanker usus hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya kanker usus, antara lain:

  • Usia: golongan orang tua (berusia diatas 50 tahun) lebih beresiko terkena kanker ussu
  • Pola makan minim sayuran dan buah-buahan
  • Obesitas atau penderita diabetes
  • Merokok dan/atau pecandu alkohol
  • Riwayat polip usus atau penyakit usus: orang-orang yang sering mengalami polip usus, penyakit ulcerative colitis ataupun penyakit Crohn, lebih besar resikonya untuk terkena kanker kolorektal
  • Riwayat kanker usus dalam keluarga: Jika Anda memiliki keluarga dekat (orangtua atau saudara kandung) yang menderita kanker ini, risiko Anda mungkin meningkat

Gejala Kanker Usus

  • Perdarahan pada usus besar yang ditandai dengan adanya darah pada feses saat buang air besar
  • Perubahan pola buang air besar seperti menjadi keras, lembek atau kotorannya kecil-kecil
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Rasa sakit di perut atau bagian belakang
  • Perut masih terasa penuh meski sudah buang air besar
  • Kadang muncul beberapa gejala umum seperti sembelit, rasa sakit atau kembung di perut

Deteksi dini bisa dengan melakukan pemeriksaan feses untuk mencari darah samar, melakukan kolonoskopi atau melakukan pemeriksaan feses untuk DNA testing (pemeriksaan ini lebih sensitif). Umumnya kanker ini bergerak secara perlahan-lahan dan diam-diam, memerlukan waktu sekitar 15-20 tahun untuk berkembang. sangat penting bagiu kita untuk mendeteksi secara dini, sehingga kita tahu apakah itu salah satu Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus.

Pencegahan Penyakit Kanker Usus

Mencegah Penyakut Kanker Usus

Mencegah jauh lebih baik ketimbang mengobati. Hal itu juga berlaku pada kanker usus besar. Agar tak sampai terjamah penyakit mematikan ini, lakukan upaya pencegahan:

  • Hindari makanan tinggi lemak, protein, kalori, serta daging merah. Jangan lupakan konsumsi kalsium dan asam folat.Setelah menjalani polipektomi adenoma disarankan pemberian suplemen kalsium.
  • Disarankan pula suplementasi vitamin E, dan D.
  • Makan buah dan sayuran setiap hari.
  • Pertahankan Indeks Massa Tubuh antara 18,5 – 25,0 kg/m2 sepanjang hidup.
  • Lakukan aktivitas fisik, semisal jalan cepat paling tidak 30 menit dalam sehari.
  • Hindari kebiasaan merokok. Segera lakukan kolonoskopi dan polipektomi pada pasien yang ditemukan adanya polip.
  • Lakukan deteksi dini dengan tes darah samar sejak usia 40 tahun.

Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar

  • Umur. Seiring dengan bertambahnya umur maka resiko berkembangnya kanker usus besar meningkat. kanker usus besar lebih banyak terjadi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun, namun saat ini juga bisa terjadi pada yang usianya lebih muda.
  • Ras dan suku. Ras Afrika Amerika lebih beresiko berkembang kanker usus besar daripada ras lainnya, meskipun tidak diperoleh jawaban yang jelas mengapa hal ini terjadi. Jew Ashkenazi (keturunan Jews Eropa) juga memiliki resiko yang tinggi bagi perkembangan usus besar. Beberapa mutasi genetik ditemukan pada jews Ashkenazi, yang merupakan gejala terbesar meningkatnya resiko.
  • Riwayat Keluarga. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami kanker usus besar, anda kemungkinan memiliki resiko yang lebih besar bagi berkembangnya kanker usus besar juga.
  • Riwayat kesehatan. Polips bisa menjadi salah satu factor resiko kanker usus besar. Polip adalah suatu pertumbuhan massa di usus besar. Sebanyak 70-90% kasus kanker usus besar berasal dari polip, dan mengangkat (operasi) polip akan menurunkan resiko kanker usus besar. Namun pengangkatan polip belum lah berarti kita sudah terbebas dari kanker usus besar karena polip ini bisa tumbuh kembali. Cara yang paling baik dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan usus besar. Kemungkinan yang lain adalah terjadinya pembengkakan saluran cerna (inflammatory bowel disease), suatu kondisi yang dapat menyebabkan usus besar menjadi inflamasi.
  • Genetik. Ada dua jenis gen yang paling umum terkait dengan peningkatan resiko kanker yaitu Familial Adenomatous (FAP) dan Hereditary Non-Polyposis Colon Cancer (HNPCC). Sekitar 5% kasus kanker usus besar disebabkan karena gen ini. Sindrom yang lain adalah Peutz-Jeghers, namun jumlahnya lebih kecil dalam menyebabkan kanker usus besar.
  • Faktor resiko lainnya. Ada beberapa factor resiko lain yang memicu kanker usus besar seperti merokok, alcohol, tingkat aktivitas fisik, kegemukan dan diabetes tipe 2.

Recent Posts

Ingin Wajah Tetap Terawat Meskipun Pakai Masker Di Masa Pandemi, Begini Tipsnya

Merawat kulit terutama wajah itu sangatlah penting apalagi dalam kondisi pandemi dimana semua orang diwajibkan… Read More

Treaser Kocak Drama Mr. Queen Kembali Dirilis, Penonton Semakin Penasaran

Drama terbaru Mr. Queen akan segera tayang 12 Desember mendatang. Stasiun televisi tvN kembali merilis… Read More

Tempat Wisata Di Argentina, Negara Asal Maradona

Secara geografis Argentina dianugerahi kawasan yang beragam, mulai dari padang pasir yang panas hingga hutan… Read More