Health

Kapan Sebaiknya Mendaftarkan Bayi ke BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan untuk Bayi

Sebagai orang tua dikaruniai seorang anak merupakan sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. Walaupun mungkin pribahasa yang mengatakan bahwa banyak anak banyak rejeki sudah tidak berlaku lagi di era modern sekarang ini karena setiap orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anak-anak mereka mulai dari kehidupan sehari-hari, kesehatan sampai pendidikan. Sayangnya, baik biaya hidup sehari-hari, biaya kesehatan sampai biaya pendidikan tidak ada yang murah, jika ingin yang berkualitas memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga para orang tua memutuskan untuk tidak masalah memiliki sedikit anak asalkan anak-anak yang berkualitas. Dalam bidang kesehatan program pemerintah BPJS Kesehatan ternyata cukup membantu untuk menekan biaya kesehatan yang relatif sangat tinggi di Indonesia. Lalu apakah perlu mendaftarkan bayi ke BPJS Kesehatan dan kapan waktu yang tepat, sebelum lahir atau setelah melahirkan?

Pentingnya Mendaftarkan Bayi yang Masih di Dalam Kandungan ke BPJS Kesehatan

Kebanyakan orang tua tidak mengetahui bahwa bayi yang masih di dalam kandunganpun sudah bisa didaftarkan ke BPJS Kesehatan dan baik si calon bayi dan orang tua dapat memetik manfaat penuh dari program pemerintah yang satu ini namun tidak masalah juga jika ingin mendaftarkan bayi segera setelah dilahirkan namun tentunya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mendaftarkan bayi ketika masih di dalam kandungan.

  • Tentunya Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi tapi tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya. Banyak kasus yang terjadi adalah ketika melahirkan bayi mengalami suatu kondisi sehingga harus dirawat, jika tanpa adanya BPJS Kesehatan maka orang tua tetap harus merogoh kocek sendiri untuk membayar biaya perawatan.
  • Bahkan jika bayi tidak memerlukan perawatan khusus tapi ketika ibu yang baru melahirkan tidak bisa langsung merawat bayi karena mungkin terlalu lelah, mengalami pendarahan atau ternyata harus melakukan operasi Caesar, maka bayi harus dititipkan ke penitipan bayi dan dirawat disana maka hal itu juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.
  • Dengan adanya jaminan dari BPJS Kesehatan setidaknya ibu merasa tenang ketika melahirkan dan tidak perlu memikirkan hal-hal lain apa lagi masalah biaya yang baik disadari atau tidak adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang ketika harus pergi ke rumah sakit karena tidak seperti di restoran yang memiliki daftar menu dan harga di rumah sakit Anda tidak akan tahu berapa biaya yang harus Anda bayarkan sampai tagihan disodorkan kepada Anda.

Waktu Yang Tepat untuk Mendaftarkan Bayi ke BPJS Kesehatan

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mendaftarkan bayi ke BPJS Kesehatan? Waktu yang tepat adalah jangan terlalu akhir tapi juga jangan terlalu awal. Perlu diingat akan selalu ada kemungkinan sang ibu melahirkan pada usia kandungan 7 bulan jadi sebaiknya daftarkan sebelum itu tapi juga jangan terlalu awal, pastikan bayi di dalam kandungan jantungnya sudah mulai berdetak sebelum Anda mendaftarkan sang calon buah hati. Namun memang ketika mendaftarkan bayi yang masih di dalam kandungan Anda tidak akan mendapatkan kartu permanen karena belum ada kepastian tentang jenis kelamin dan nama anak namun hal itu hanyalah masalah teknis yang bisa kembali Anda urus ketika sang bayi sudah lahir dengan selamat ke dunia. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena walaupun demikian bayi mungil Anda sudah dapat merasakan manfaat penuh yang ditawarkan oleh program pemerintah yang satu ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top