Health

Kemenkes Konfirmasi Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengonfirmasi temuan pasien cacar monyet pertama di Indonesia. Pasien disebut berasal dari DKI Jakarta.

“Satu pasien terkonfirmasi dari DKI Jakarta, laki-laki usia 27 tahun,” ujar juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril lewat konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Dia mengatakan pasien cacar monyet pertama di Indonesia itu memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Kata Syahril, pasien mengalami gejala ringan.

Sebagai informasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan cacar monyet alias monkeypox sebagai darurat kesehatan global. Beberapa negara juga telah menetapkannya sebagai darurat kesehatan.

Lihat Juga: Cacar Monyet Ditetapkan Sebagai Darurat Kesehatan, Ini Langkah Pencegahan Kemenkes

Wabah ini sendiri terdeteksi di negara non-endemik pada Mei 2022 lalu. Seorang pria Inggris dinyatakan positif cacar monyet usai berkunjung ke Nigeria.

Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia Jalani Isolasi Mandiri

Muhammad Syahril menyampaikan pasien cacar monyet tersebut kini menjalani isolasi mandiri.

“Gejalanya ringan. Isolasi mandiri di rumah,” ungkap Syahril melalui jumpa pers secara online di Jakarta, Sabtu (20/8/2022).

Kata Syahril, pasien tersebut mengalami sakit yang tidak terlalu berat. Bahkan, ia menyebut sakitnya jauh lebih ringan dibanding COVID-19.

“Sebetulnya cacar monyet ini bisa sembuh sendiri atau self limiting disease. Dalam masa inkubasinya 21-28 hari, pasien ini akan sembuh sendiri manakala tidak ada infeksi tambahan, tidak ada komorbid. Kalau pasiennya tidak ada pemberat lain, inshaallah pasien ini bisa sembuh sendiri,” terang Syahril.

Ia juga menyampaikan, cacar monyet menular lewat kontak langsung dengan pasien. Yang disebut kontak langsung yaitu bersalaman, berpelukan, atau kontak dengan benda maupun barang di sekitar penderita cacar monyet.

Lihat Juga: Ada Suspek di Jateng, Ini Gejala Cacar Monyet Pada Anak-anak dan Dewasa

“Kita harus menghindari itu, masyarakat harus paham jika ada orang dekat ada gejala ini, kita harus menghindari kontak langsung kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Pasien cacar monyet pertama di Indonesia ini diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan dengan tes PCR. Ini dilakukan setelah pasien diketahui memiliki gejala seperti cacar monyet.

Setelah dua hari pemeriksaan PCR, Jumat (19/8/2022) malam baru diketahui bahwa pasien positif terpapar cacar monyet.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top