Health

Kenali Gejala Anoreksia Pada Anak dan Remaja Sedini Mungkin

Anoreksia adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak usia remaja dan yang mengkhawatirkan adalah persentase atau jumlah kasusnya terus meningkat setiap tahun. Pencegahan jauh lebih mudah dilakukan dari pada pengobatan karena anoreksia tak hanya sekedar gangguan makan tapi juga termasuk gangguan psikologis karena anak terobsesi untuk terus menjadi kurus. Oleh karena itu penting untuk kenali gejala anoreksia karena walaupun pada umumnya dialami oleh anak usia remaja tapi gejala awalnya sudah bisa dilihat ketika umur anak masih relatif muda.

Sebagai orang tua, menaruh penuh perhatian terhadap perkembangan anak sangatlah penting. Ketika anak masih bayi, para orang tua biasanya dengan bersemangat memperhatikan tumbuh kembang anak sampai sedetail-detailnya, bahkan tidak sedikit yang membuat jurnal, namun seiring bertambahnya usia si buah hati, biasanya orang tua semakin kehilangan minat, atau menganggap semakin besar seorang anak semakin pintar mereka mengurus dirinya sendiri, apalagi ketika seorang adik bayi baru lahir. Pemahaman ini yang harus dihindari oleh setiap orang tua, perkembangan anak haruslah terus dipantau bahkan ketika mereka beranjak remaja, justru itulah umur yang paling rentan dan harus mendapat perhatian penuh dari orang tua.

Perbedaan Anoreksia dan Bulimia

Ketika berbicara soal masalah gangguan makan atau eating disorder selain anoreksia ada lagu satu jenis istiliah yang cukup sering didengar yaitu bulimia. Apa perbedaan kedua jenis masalah kesehatan tersebut?

Anoreksia

Anorkesia adalah sebuah masalah kesehatan yang lebih sering diderita oleh wanita dari pada pria. Para penderita anoreksia terobsesi untuk menjadi kurus dan sangat takut sekali untuk menjadi gemuk. Oleh karena itu mereka sebisa mungkin untuk tidak makan atau mengurangi porsi makan mereka karena takut gemuk. Yang lebih parahnya lagi, para penderita anoreksia akan selalu merasa gemuk bahkan ketika tubuh mereka sudah sangat-sangat kurus nyaris mebahayakan diri sendiri.

Bulimia

Berbeda dengan bulimia, walaupun penderitanya sama-sama takut gemuk tapi mereka tidak membatasi diri untuk makan tapi yang mereka takutkan adalah bagaimana kalau mereka tak bisa berhenti makan. Hasilnya, walaupun mereka terus makan dengan porsi normal tapi kemudian mereka akan memuntahkan atau melakukan seribu satu cara untuk mengeluarkan kembali makanan yang sudah mereka makan.

Gejala Awal Anoreksia Pada Anak dan Remaja

Ketika menyangkut kasus anoreksia, orang tua harus peka terhadap gejala-gejala awalnya, kenali gejala anoreksia sedini mungkin karena anak-anak sangat mudah sekali terpengaruh dengan lingkungannya. Jika hal-hal dibawah ini terjadi maka orang tua patut untuk khawatir:

  1. Pola makan anak mulai berubah. Yang tadinya makan dalam porsi yang normal, semakin hari mereka selalu makan dalam porsi yang lebih sedikit dan semakin sedikit.
  2. Ketika anak-anak mulai mengoceh tentang ‘takut gemuk’ atau ‘tidak mau gemuk’ orang tua juga patut khawatir. Selain itu orang tua juga harus mencari tahu bagaimana mereka bisa berfikir seperti itu, bullying di sekolah juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.
  3. Berat badan anak menurut secara drastis dan terus menurun walaupun Anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan makanan yang bergizi untuk anak Anda.
  4. Selalu menimbang berat badannya setiap saat dan selalu menghitung setiap kalori yang dimakannya.
  5. Terlalu sensitif ketika pembicaraan berhubungan dengan berat badan atau makan banyak.
  6. Muntah-muntah tanpa alasan yang pasti dan frekuensinya cukup sering.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karena kenali gejala anoreksia lebih awal maka Anda tak hanya dapat menyelamatkan nyawa anak Anda tapi juga menyelamatkan masa muda, kebahagiaan dan masa depan mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top