Health

Kesalahan Mendasar Merawat Bayi Yang Harus Dihindari

Kesalahan Mendasar Merawat Bayi Yang Harus Dihindari

Sebagai orang tua merupakan suatu kebahagiaan sendiri ketika diberikan anugerah seorang bayi mungil begitu juga dengan orang-orang di sekitar Anda. Namun kebanyakan orang tua tidak tahu bahwa hampir setiap hari mereka melakukan beberapa kesalahan mendasar merawat bayi. Mungkin tidak fatal namun kesalahan tersebut jika terus dilakukan akan berdampak buruk pada bayi. Karena menjadi orang tua tidak hanya tentang mengasuh dan memberi pendidikan namun juga bagaimana harus tegas terhadap orang-orang yang paling dekat demi kebaikan sang buah hati.

Berikut adalah beberapa kesalahan mendasar merawat bayi yang sering kali dilakukan oleh para orang tua yang seharusnya dihindari:

Bayi baru lahir terlalu banyak disentuh banyak orang

Ketika bayi mungil lahir pasti banyak yang ikut senang dan ingin segera menggendong. Yang tersulit adalah melarang orang-orang terdekat Anda untuk menggendong sang bayi, namun sebagai seorang ibu harus tegas karena sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna sehingga akan mudah terserang penyakit yang dibawa oleh orang-orang yang menyentuhnya.

Terlalu bersemangat memilih model baju tanpa memikirkan kenyamanan

Kadangkala seorang ibu terlalu bersemangat ketika melihat model baju bayi yang lucu-lucu. Sebenarnya untuk bayi yang baru lahir pilihlah model yang sederhana namun memiliki bahan yang nyaman dan sejuk untuk dikenakan oleh bayi.

Mendengarkan nasihat tanpa pertimbangan

Petuah orang tua memang sangat sulit untuk ditolak namun kalau ternyata bertentangan dengan prinsip Anda sebaiknya jangan diikuti.

Membanding-bandingkan tumbuh kembang anak

Perkembangan setiap anak berbeda-beda jangan membandingkan tumbuh kembang anak Anda dengan anak lain. Fokus saja untuk mengamatinya jika memang mengalami keterlambatan lakukan tindakan stimulasi atau konsultasikan dengan ahlinya.

Menghiasi tempat tidur bayi secara berlebihan

Ketika sang buah hati lahir kebanyakan orang tua akan serta merta memepersiapkan segala perlengkapannya dari yang penting sampai yang tidak penting seperti boneka-boneka dan aneka mainan. Boneka justru berbahaya untuk bayi baru lahir karena jika jatuh menimpanya saat tidur bisa berakibat fatal.

Membiarkan bayi terus tidur

Hal ini merupakan salah satu kesalahan mendasar merawat bayi yang sering terjadi. Bayi baru lahir memang cenderung tidur terus, namun jangan dianggap bayi tidur terus tidak lapar. Untuk bayi baru lahir pastikan dia menerima asupan ASI setidaknya setiap 2 jam sekali dan jika bayi tidur harus dibangunkan.

Memberikan obat pada bayi dengan dosis sesuka hati

Perlu diketahui beberapa sistem di tubuh bayi belum sempurna jadi hindari memberikan apapun kecuali ASI yang tentunya paling aman untuk bayi. Namun jika kondisi sudah sangat mengganggu, pastikan memberikan bayi obat dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Baca Juga : Ini Alasannya Mengapa Bayi Dilarang Minum Air Putih

Tidak terlalu memperhatikan lingkungan di sekitar bayi

Biasanya orang tua terlalu fokus hanya pada bayi tanpa memperhatikan lingkungan sekitar misalnya tempat tidur yang terlalu tinggi atau pojok meja yang sebenarnya bisa sangat berbahaya untuk bayi atau balita.

Menidurkan bayi dengan posisi tengkurap

Bayi yang tidur dengan posisi tengkurap memang lebih lelap namun jika bayi belum bisa terlentang sendiri sebaiknya hindari jika dilakukan tanpa pengawasan karena dapat berakibat fatal pada bayi.

Menggunakan dedaunan pada bayi baru lahir

Niat awalnya mungkin supaya alami namun penggunaannya harus hati-hati. Misalnya menapal perut bayi yang baru lahir dengan dedaunan dengan tujuan agar tidak kembung namun daun pasti mengandung bakteri yang bisa saja menginfeksi luka pada tali pusat yang masih belum kering.

Kesepuluh hal tersebut di atas merupakan kesalahan mendasar merawat bayi yang sering kali dilakukan oleh para orang tua walaupun untuk menghindarinya sangatlah tidak sulit tapi kadang kala yang paling sulit adalah mengajak orang-orang terdekat Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top