Health

Ketahui Arti Warna Darah Haidmu

Setiap wanita akan mengalami siklus haid setiap bulannya. Siklus fisiologi tersebut dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Menstruasi atau haid biasanya lami oleh remaja sampai menopause. Kisaran umur wanita yang mengalami siklus menstruasi kisaran 9-45 tahun.  Wanita biasanya mengalami menstruasi setiap empat minggu sekali, alias satu bulan sekali. Rentang waktu haid setiap wanita berbeda-beda. Biasanya menstruasi berlangsung sekitar 3-7 hari. Yang paling lama adalah 15 hari.

Menjelang menstruasi biasanya ada beberapa gejala yang dapat kamu jadikan sebagai pertanda. Nyeri pada bagia payudara, mudah lelah, mood jelek, mudah emosi, muncul jerawat, sensitif, pusing dsb. Setiap wanita akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Dengan adanya gejala tersebut,alian bisa menyiapkan diri terutama menjaga kebersihannya.

Haid tidak lepas dengan yang namanya darah. Tingkat kelancaran darah haid pada setiap wanita berbeda-beda. Selain tingkat kelancaran, warnanya pun juga beda. Dari warna darah tersebut kamu bisa tahu beberapa hal. Simak ulasannya sebagai berikut;

Coklat Tua

Warna darah cokelat tua merupakan warna yang paling normal. Kalian pasti pernah mengalainya, karena tidak lancar. Tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah normal. Biasanya darah megendap terlalu lama di dinding rahim sehingga warnanya coklat tua. Atau kalian mengalaminya hanya di awal maupun di akhir siklus menstruasi.

Merah Tua

Merah tua juga menjadi warna yang normal. Itu pertanda bahwa siklus menstruasi kamu lancar. Kemudian, 2-3 hari akan berubah menjadi merah. Selain itu, merah tua juga merupakan warna yang menyimbulkan bahwa organ kamu bekerja dengan baik dan keseimbangan tubuh terjaga dengan sempurna.

Merah Pudar

Selanjutnya warna merah terang atau warna merah muda menandakan bahwa kamu kekurangan nutrisi. Jika darah haid dengan warna merah pudar atau merah muda tersebut encer seperti air, bisa jadi itu pertanda bahwa kamu kekurangan zat besi ataupun mengalami anemia.

Merah Muda

Kemudian, warna merah yang lebih teranga yaitu merah muda. Merah muda menandakan bahwa kadar esterogen dalam tubuh kamu rendah. Meskipun tidak masih normal, namun jangka panjang dari kondisi tersebut dapat menyebabkan osteoporosis.

Abu-abu Kehitaman

Terakhir, yaitu abu-abu kehitaman. Warna yang paling tidak normal di antara lainnya. Warna tersebut menandakan bahwa kamu mengalami infeksi pada rahim. Kemungkinan juga kamu mengalami infeksi kelamin yang menular. Apalagi jika darah tersebut mengandung bau busuk. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, jangan ragu untuk segera mengkonsultasikannya dengan dokter. Warna darah abu yang kehitaman juga bisa dialami oleh wanita hamil. Kondisi tersebut bisa jadi tanda keguguran atau kelainan lainnya.

Mengamati secara rutin darah haid pada setiap bulannya membuat kamu lebih tahu kesehatan tubuh kamu. Perhatikan juga siklus haid kamu apakah teratur atau tidak. Karena banyak sekali penyebab yang mempengaruhi keteraturan serta warna darah haid. Perhatikan pula asupan nutrisi yang kamu konsumsi agar siklus haid kamu teratur dan tidak ada gangguan. Jika ada perubahan yang menurut kamu mengkhawatirkan, segera konsultasi dan periksa ke dokter agar tahu lebih jelasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top