Health

Keuntungan Mandi dengan Air Dingin

Keuntungan Mandi dengan Air Dingin

Mandi merupakan kegiatan mencuci tubuh dengan cara menyiramkan air ke badan. Manusia memerlukan kegiatan tersebut untuk membersihkan diri dari bau, debu, serta sel-sel kulit yang sudah mati. Kebiasaan atau frekuensi mandi ditentukan oleh keadaan geografis, mungkin di Indonesia dalam sehari bisa melakukan hal tersebut selama dua kali, namun akan lain dengan kebudayaan orang yang tinggal di negara empat musim. Mandi dipercaya memiliki keuntungan lain selain membersihkan badan, terutama mandi dengan air dingin, adapun keuntungan mandi dengan air dingin sebagai berikut;

1. Menambah system kekebalan tubuh
Air dingin akan memperkuat kekebalan tubuh kita, karena hal tersebut akan meningkatkan kadar sel darah putih serta meningkatkan metabolisme yang mampu mengurangi kemungkinan gejala flu hingga beberapa jenis kanker.

2. Mengatur suhu tubuh
Mandi dengan air dingin juga dapat membantu mengatur suhu tubuh kita. Hal tersebut bermanfaat untuk mengaktifkan system penyembuhan oleh tubuh.

3. Membantu meningkatkan sirkulasi darah
Paparan air dingin akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kesehatan tubuh akan terjaga secara menyeluruh. Kesehatan tubuh yang menyeluruh, meliputi kesehatan jantung, mencegah varises, membantu pengerasan arteri dan mencegah hipertensi.

4. Meminimalisir depresi
Selain menjaga kesehatan organ tubuh, mandi dengan menggunakan air dingin juga dapat membantu mengurangi gangguan kejiwaan seperti depresi. Karena air dingin mampu merangsang otak untuk mengeluarkan nonadrenalin yang bisa meminimalkan depresi.

5. Merangsang penurunan berat badan
Berat badan sering menjadi suatu hal yang sangat sentitif jika dipertanyakan, terutama pada wanita. Apa yang manusia makan akan menimbulkan lemak pada tubuh dalam bentuk yang berbeda-beda. Mandi dengan air dingin akan membantu mendorong produksi energy pembakaran lemak cokelat dan bisa mempercepat metabolisme tubuh.

6. Meningkatkan gerakan limfatik
Sistem limfatik memiliki peranan penting pada tubuh yaitu membantu mengeluarkan limbah dan mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi. Hal tersebut merupakan proses yang bergantung pada kontraksi otot dan kontraksi tersebut sangat membantu system limfatik.

Mandi akan membuat kita tampak lebih segar, bugar, bersih dan menjaga penampilan kita tetap rapi. Menjaga kebersihan tubuh merupakan keharusan sebagai bentuk rasa syukur kta terhadap karunia sang kuasa. So, jangan malas mandi guys!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top