Health

Khasiat Air Putih Berdasarkan Waktu Meminumnya

Khasiat Air Putih Berdasarkan Waktu Meminumnya

Mencukupi asupan mineral setiap harinya penting bagi tubuh karena sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Masalah kesehatan serius seperti gangguan ginjal patut diwaspadai akibat kurangnya asupan mineral atau dehidrasi.

Perlu diperhatikan juga kapan waktu yang tepat untuk meminum air putih. Sebab, beda waktu, beda khasiatnya.

Seperti meminum air putih sebelum tidur dapat mencegah kekurangan cairan sepanjang malam, sedangkan setelah bangun tidur kita bisa membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi dengan meminum air putih. Berikut beberapa khasiat meminum air putih lainnya, berdasarkan waktu meminumnya.

air-mineral

Saat Perut Kosong

Seperti saat bangun tidur dan saat jam makan harus tertunda. Daripada harus mengambil camilan untuk mengganjal perut kosong, sebaiknya minum saja air putih yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Meminum air putih saat perut kosong, ketika bangun tidur dan belum memakan apapun, dapat membantu proses detoksifikasi tubuh atau pengeluaran racun lewat urin dan keringat.

Sebelum Kurang Tidur

Pekerjaan membuat Anda harus lembur nanti malam? Jika tahu bahwa Anda akan kurang tidur hari ini, maka segeralah mencukupi asupan air putih seharian ini. Rasakan perbedaannya. Efek samping kurang tidur akan sedikit teratasi dengan mencukupi kebutuhan mineral.

Saat Kelelahan

Kekurangan cairan dapat memicu tidak berfungsinya tubuh dan pikiran dengan baik. Maka, ketika Anda mulai merasa kelelahan karena aktifitas pikiran atau akrifitas fisik yang berat, segeralah meminum air putih. Konsentrasi dan daya ingat akan menurun seiring kurangnya asupan air dalam tubuh. Dengan air putih, fokus akan kembali meningkat dan tubuh menjadi lebih bersemangat.

Saat Merasa Pusing

Jangan gampang minum obat. Perhatikan dulu aktifitas Anda sebelumnya. Jika Anda kurang minum, bisa jadi Anda merasa pusing karena efek dehidrasi.

Meminum air putih merupakan pertolongan pertama ketika Anda mulai merasa pusing atau sakit kepala. Berhenti dari kegiatan Anda, minum air putih kemudian berbaringlah. Dengan cara demikian pusing bisa teratasi.

Minum Sebelum Makan

Punya masalah dengan berat badan? Jika Anda berpikir mengurangi porsi makan dapat membantu mengurangi berat badan, sebaiknya pikirkan ulang. Tidak makan memang bisa menurunkan berat badan tapi hanya bersifat sementara. Ketika Anda makan, berat badan akan kembali seperti semula.

Solusi terbaik untuk mengurangi badan adalah dengan tetap pada porsi makan Anda, hanya saja perbanyak serat dan kurangi karbohidrat secara bertahap.

Selain itu meminum air putih setengah jam sebelum makan juga bisa membantu rasa kenyang bertahan lebih lama, baik untuk Anda yang sedang berdiet.

Ketika Sedang Sakit

Kesehatan yang sedang terganggu tentu menunjukkan bahwa tubuh sedang tidak berfungsi dengan baik.

Sebelum sakit semakin parah karena dehidrasi sebaiknya minum banyak air putih ketika sedang sakit. Asupan cairan dapat memperbaiki tubuh lebih cepat serta mempercepat proses penyembuhan.

Ketika Sedang Bekerja

Pada waktu bekerja kita selalu dituntut untuk bisa fokus berkonsentrasi dan memaksimalkan fungsi otak. Untuk itu, katakan tidak pada dehidrasi saat jam kerja. Cukupi asupan cairan untuk mendapatkan hasil kerja otak yang maksimal. Memperbanyak minum air putih saat duduk lama di depan komputer juga penting untuk mencegah gangguan ginjal.

Jika bosan air putih, cobalah untuk mengonsumsi buah kaya mineral seperti semangka dan melon.

Air infus atau infused water juga baik untuk mencukupi cairan tubuh. Buah dan rempah yang bisa dijadikan infused water juga beragam jenis, sehingga tidak membuat bosan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top