Health

10 Kondisi Bayi Baru Lahir Yang Sering Membuat Panik

Kondisi Bayi Baru Lahir Yang Sering Membuat Panik

Menjadi orang tua baru bukan perkara gampang terutama pasangan muda yang masih belum banyak pengalaman menangani bayi yang baru lahir apalagi ketika menemukan bayi mereka tidak dalam kondisi seperti biasanya. Hal pertama yang dirasakan tentu saja perasaan panik padahal tidak semua kondisi tersebut seburuk kelihatannya. Berikut adalah 10 kondisi bayi baru lahir yang sering membuat panik para orang tua baru:

  1. Muntah

Perlu diketahui bahwa diawal kehidupannya sistem pencernaan bayi masih belum sempurna sehingga menyebabkan bayi sering muntah terutama setelah minum ASI atau setelah menangis. Pastikan saja untuk membuat bayi bersendawa segera setelah minum ASI untuk mengurangi frekuensi muntahnya.

 

  1. Menangis Tanpa Henti

Kondisi bayi menangis tanpa henti sering disebut juga kolik yang biasanya terjadi pada bayi dibawah umur 2 bulan dan terjadi pada waktu yang hampir sama setiap harinya. Tidak ada cara pasti bagaimana menanganinya karena kebutuhan setiap bayi berbeda-beda, pastikan saja bayi berada di kondisi yang paling membuatnya nyaman. Kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya ketika umur bayi bertambah.

  1. Berat Badan Terus Menurun

Semua bayi pasti akan mengalami yang namanya penurunan berat badan yang kadang sangat drastis di minggu pertama ibunya. Hal ini dikarenakan ketika lahir bayi masih membawa cairan lemaknya ketika di dalam rahim untuk membantu bayi beradaptasi dengan lingkungan luar, cairan inilah yang akan berangsung-angsung menghilang sehingga berat badan bayi ikut menurun.

  1. Tidak Mau Menyusui

Seorang ibu baru seringkali merasa panik ketika untuk pertama kalinya menyusui sang buah hati namun sang bayi mungil justru enggan menyusui. Hal ini bukan karena tidak ada air susu atau rasanya yang tidak enak, tapi karena memang di tiga hari awal kehidupannya bayi tidak terlalu membutuhkan banyak ASI.

  1. Feses Berwarna Hitam

Para ibu tidak perlu panik ketika untuk pertama kalinya menemukan feses sang buah hati berwarna hitam dan biasanya sangat berbau. Hal ini justru sangat wajar terjadi dan menandakan bahwa sistem pencernaan sang buah hati justru berfungsi normal.

  1. Sering Bersin-bersin

Sama halnya dengan sistem pencernaan, sistem pernafasan bayi juga belum sempurna di awal-awal kehidupannya. Jika bayi sering bersin-bersin bukan karena terserang flu melainkan indikasi bahwa sistem pernafasan bayi berfungsi dengan baik.

  1. Ubun-ubun Berdenyut

Memang agak risih ketika melihat ubun-ubun bayi berdenyut namun hal ini sangat wajar dan dialami oleh semua bayi yang bayi lahir.

  1. Tidak Mau Tidur

Bayi yang baru lahir justru memiliki jam tidur yang sangat panjang bisa lebih dari 18 jam sehari namun yang sering menjadi masalah adalah pola tidurnya karena bayi masih belum mengerti tentang perbedaan siang dan malam dan seringnya bayi terjaga di malam hari dan bangun di siang hari. Latih bayi untuk mengenali perbedaan malam dan siang akan dapat mengatasi masalah ini.

  1. Sering Buang Air Besar

Jangan heran jika frekuensi buang air besar bayi bisa mencapai 6 kali selama sehari terutama bayi ASI ekslusif. Hal ini bukan karena bayi mengalami diare tapi karena ASI sangat mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang belum sempurna sehingga efeknya bayi akan sering sekali buang air besar. Bayi yang mengkonsumsi susu formula akan lebih jarang buang air besar.

  1. Kulit Mengelupas

Kulit mengelupas pada bayi yang baru lahir sangat normal terjadi dan kadang disertai dengan bercak-bercak kebiruan di beberapa bagian tubuhnya. Kondisi ini berangsur-angsur akan menghilang sendiri dan orang tua tidak perlu panik.

Pada intinya ketika bayi baru lahir berada pada kondisi yang tidak seperti biasanya, orang tua tidak boleh panik. Kenali kondisinya dengan baik dan jika terdapat indikasi-indikasi tertentu yang perlu diwaspadai seperti muntah yang berwarna hijau, feses yang terus-terusan berwarna hitam padahal bayi sudah berumur lebih dari 3 hari atau kulit mengelupas berwarna merah, berair dan gatal maka jangan buang waktu, segera bahwa bayi Anda menemui dokter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top