Health

Konsumsi Makanan Berikut untuk Melancarkan ASI Bunda

Memiliki buah hati menjadikan seorang wanita merasa sempurna dan lebih bahagia. Pengorbanan selama sembilan bulan bahkan lebih ketika mengandung membuatnya menjadi wanita seutuhnya. Selain kebahagiaan, bunda juga harus memperhatikan banyak hal untuk perkembangan dan pertumbuhan buah hatinya. Hal yang harus diperhatikan pertama kali yaitu ASI (air susu ibu). ASI sangat dibutuhkan bayi sebagai asupan utama karena ASI memiliki banyak manfaat bagi bayi. Pada kali ini akan dibahas mengenai problem yang dihadapi ibu apabila ASInya tidak keluar atau tidak lancar. Biasanya ada penyebab ASI tidak lancar. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan memkan makanan sehat sebagai berikut:

Daun Katuk

katuk

Daun katuk sudah sejak dulu dipercaya oleh masyarakat sebagai pelancar ASI. Adapun kandungan yang terdapat dalam buah katuk yaitu protein, kalsium, kalium, serat serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika di sekitar rumah bunda terdapat daun katuk, bunda bisa mengolahnya sendiri menjadi sayuran maupun lalapan. Konsumsi secukupnya dan sesuai porsi agar tiak menimbulkan efek yang berlebihan.

Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki banyak kandungan seperti vitamin B1, fosfor, protein, magnesium, kalium, asam folat dan protein tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Usahakan mengolah kacang hijau sendiri agar terjaga kehigenisannya. Memasak kacang hijau sangat mudah, merebusnya dengan air secukupnya sampai empuk dan siap dikonsumsi. Jangan lupa untuk mencuci bersih kacang hijau dan merendamnya kurang lebih satu jam sebelum direbus. Tambahkan gula secukupnya untuk menambah kelezatan olahan kacang hijau.

Kacang Tanah

Selain kacang hijau, bunda juga bisa mengkonsumsi kacang tanah. Kacang tanah diyakini memiliki banyak gizi karena mengandung protein, zat besi, kalsium, vitamin A, B serta E. Kandungan yang terdapat dalam kacang tanah tersebut mampun memperlancar ASI. Bunda bisa menjadikan kacang tanah sebagai campuran di dalam sayur seperti sayur asam maupun mengolahnya menjadi camilan. Sangat simpel dan mudah untuk mengolahnya.

Bayam

Daun bayam merupakan sayuran yang populer. Daun ini mengandung banyak vitamin sehingga bagus jika para ibu mengkonsumsi daun ini. Kandungan yang terdapat dalam daun bayam yaitu kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin B6. Ibu yang menyusui bisa mengkonsumsi daun bayam agar ASInya berkualitas dan menjadikan bayi sehat.

Daun Pepaya

Mendengar daun papaya pasti sebagian orang akan mengenal olahan apa saja yang bisa dihasilkan dari daun papaya. Meskipun memiliki rasa pahit, daun ini tetap populer dikalangan masyarakat. Daun papaya mengandung Vitamin A, vitamin B1, kalori, protein, lemak, kalsium, karbohidrat dan kalsium. Untuk mengolah daun papaya juga tidak susah. Rebus daun papaya dengan air secukupnya, jangan lupa masukkan garam untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit. Daun papaya yang direbus bisa makan sebagai lalapan maupun sayuran dalam olahan pecel. Konsumsi secukupnya untuk memperlancar ASI bunda.

ASI sebagai asupan utama yang dibutuhkan oleh bayi, maka bunda harus mempersiakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Mengkonsumsi beberapa sayuran di atas bisa memperlancar maupun memperbanyak ASI, selain itu ASI yang akan diberikan kepada bayi juga berkualitas dengan kandungan berbagai vitamin maupun protein serta gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Makanan yang dikonsumsi ibu membuat ibu sehat dan bayi juga sehat. Selamat mencoba, jangan lupa mengkonsumsi secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tips Simple Melancarkan ASI - LoperOnline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top