Health

Kulit Kering, Ini 8 Gejala dan Penyebabnya

Kulit Kering, Ini 8 Gejala dan Penyebabnya

Kulit kering adalah kondisi yang umum dialami oleh setiap orang, dimana kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan terluar kulit.  Pada bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan dan kaki adalah area yang paling rentang mengalami gangguan ini.

Dalam dunia medis kulit kering dikenal dengan istilah xerosis atau xeroderma. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin, tergantung kepada kondisi kesehatan, usia, lama waktu di ruangan terbuka, dan tempat tinggal. Biasanya orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering.

8 GEJALA DAN PENYEBAB KULIT KERING

Kulit Kering, Ini 8 Gejala dan Penyebabnya

Gejala pada kulit kering yang sering terlihat adalah permukaan kulit yang terlihat dan terasa kasar. Pemilik kulit juga akan merasakan kulitnya terasa kencang atau kaku ketika mandi, setelah mandi, atau pada saat berenang. Kemerahan pada kulit dan rasa gatal juga sering terjadi.

Gejala lainnya yang sering muncul adalah terdapat retakan atau garis halus pada kulit. Hal yang sering terjadi juga kulit akan bersisik dan mengelupas. Pada situasi yang lebih parah, bisa terjadi retakan yang dalam dan juga kadang mengeluarkan darah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Masker Alami

Gejala-gejala diatas muncul terkait dengan 8 penyebab dibawah ini.

1. Iritasi

Iritasi yang dialami kulit bisa jadi dikarenakan bahan pakaian yang dikenakan. Ketika Anda mencuci baju menggunakan deterjen dan pelembut kain, bisa jadi hal ini yang menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu masih banyak bahan-bahan lain disekitar kita yang bisa menyebabkan iritasi kulit, mulai dari pengering hingga parfum.

2. Menggosok – gosok kulit

Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan kulit tetapi malah membuat kulit menjadi kering adalah menggosok kulit. Banyak orang ketika mandi agar supaya kulit lebih bersih menggunakan spon untuk menggosoknya. Apabila dilakukan secara berlebihan akan membuat kulit menjadi kering, gesekan yang terjadi antara kulit dan alat gosok inilah yang menyebabkan kulit kering.

3. Usia Yang Bertambah

Ketika Anda bertambah usia maka konsidi kulit akan semakin tipis dan makin kering. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, karena semakin tua usia seseorang semakin sedkit hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Termasuk juga hormon-hormon yang berkaitan dengan kesehatan kulit.

4. Langsung Menggunakan Handuk Sehabis Mandi

Mandi memang daat melembabkan kulit, tetapi apabila kamu langsung menggosokan badan dengan handuk sampai kering sehabis mandi, kelembapan tersebut bisa hilang.

5. Pemakaian Sabun Yang Salah

Jangan sembarangan menggunakan sabun untuk mandi. Menggunakan sabun yang tidak diperuntukkan untuk kulit justri akan memberikan dampak yang kurang baik. Karena hal tersebut akan membuat pelembab alami yang ada pada kulit akan terkikis habis, dan membuat kulit kering.

6. Perubahan Cuaca

Kelembapan udara sangat dipengaruhi oleh perubahan cuaca. Kelembapan udara yang terlalu rendah akan memberikan dampak pada kekeringan kulit. Semain dingin suhu, maka semakin rendah kelembapan udara, maka kulit akan makin terasa kering.

7. Mandi Uap

Banyak orang melakukan mandi uap panas untuk mendapatkan kenikmatan lebih pada saat mandi. Namun tahukan kamu, temperatur yang panas pada saat mandi uap bisa menyebabkan kulit kering, karena minyak alami yang ada pada kulit akan cepat mengering.

8. Kondisi Kesehatan Tertentu

Bila Anda mengalami kondisi kulit dengan gejala utama bersisik dan juga kemerahan, bisa jadi ini terkait dengan penyakit tertentu. Pada umumnya yang melatarbelakangi hal tersebut adalah dermatitis atopik atau psoriasis. Kemungkinan lain yang berhubungan dengan kulit bersisik dan kemerahan adalah karena penyakit diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Berita Terkini

To Top