Health

Kurang Fokus? Kamu Perlu Berdamai dengan Monkey Mind

Meditasi untuk menenangkan monkey mind.

Kamu punya banyak tenggat pekerjaan dalam waktu berdekatan? Atau kamu tiba-tiba sering berpikiran buruk terhadap dirimu sendiri? Ditambah dengan pekerjaan multitasking yang memang sulit dihadapi. Otak kita sangat terbatas ketika melakukan multitasking. Hal itu bisa bikin tubuh maupun pikiran tidak sehat, lho.

Pikiran menjadi sulit fokus untuk mengerjakan sesuatu karena adanya gangguan dalam waktu bersamaan. Meski begitu, kamu dituntut untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Jika kamu kesulitan untuk fokus, bisa jadi kamu sedang mengalami monkey mind atau pikiran monyet.

Monkey mind adalah orang yang pikirannya “melompat dari hal ini ke hal lain”. Layaknya monyet yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya. Kebanyakan hasil pekerjaan akan menjadi tidak maksimal.

Monkey mind tidak seperti virus. Hal itu bisa diatasi dengan berbagai cara meski berada di rumah dan tanpa obat. Untuk menghilangkan monkey mind kita hanya perlu mempersiapkan diri untuk terus berlatih dengan sabar dan disiplin.

Alhasil, monkey mind dapat teratasi, dan kita berhasil mengontrol pikiran kita. Yuk, kita coba tips untuk berdamai dengan monkey mind di bawah ini!

Bangun Pagi, Persiapkan Targetmu

Bangun pagi dapat memberikan energi positif dalam tubuh. Saat di pagi hari, udara sangat bersih dan sejuk. Matahari juga sedang terbit dan semakin lama memberikan rasa hangat di tubuh. Mulai harimu dengan meminum air putih sebanyak dua gelas, berdoa, dan mandi pagi.

Selain itu, biasakan diri keluar rumah untuk menikmati hangatnya matahari dan udara pagi yang segar. Olahraga kecil atau perenggangan sangat dianjurkan untuk dapat memulai hari agar tubuh yang sehat dan bugar.

Ingat, jangan membiasakan diri membuka sosial media di pagi hari sebelum melakukan aktivitas di atas, ya. Kemudian, kamu perlu menyiapkan jadwal di malam hari sebelum tidur. Agar esok hari tidak perlu terburu-buru lagi menentukan target. Jika kamu sudah menentukan jadwal di malam hari, kamu tinggal menyiapkan diri untuk bekerja.

Catat hal-hal penting yang ingin kamu lakukan agar tidak lupa. Biasanya mencatat di buku kecil atau harian lebih efektif dibanding menulis di smartphone. Smartphone dapat mengganggu pagi harimu.

Belajar Meditasi

Meditasi adalah langkah efektif untuk menenangkan pikiran. Kegiatan tersebut mampu membuat diri lebih tenang. Bahkan jika hanya melakukannya selama 5 sampai 10 menit.

Pikiran akan jauh lebih tenang. Kemudian, kita akan mudah fokus. Tujuan meditasi sebenarnya bukan hanya untuk mengendalikan pikiran. Tetapi untuk membuat diri sendiri tenang secara menyeluruh untuk tubuh dan pikiran.

Tubuh dan pikiran akan jauh lebih rileks. Kita juga dapat berlatih mindfulness, yakni sikap sadar secara penuh terhadap diri sendiri di masa ini. Pikiran tidak mudah mengawang ke masa lalu dan masa depan. Kita akan jauh lebih fokus dengan pekerjaan yang saat ini kita lakukan.

Memulai ritual meditasi di pagi hari juga sangat baik bagi kesehatan. Saat ini sudah ada banyak aplikasi dan instruktur melalui video yang dapat kita akses secara gratis. Sehingga kita lebih mudah melakukannya di rumah.

Buang Segala Pikiran Buruk Tentang Diri Anda

Monkey mind juga sering memunculkan pembicaraan diri yang negatif. Alih-alih kamu merasa percaya diri, kamu malah disibukkan dengan pemikiran negatif tentang dirimu sendiri. Pemikiran seperti itu tentu akan buruk bagi mental dan pikiran. Untuk menghindari hal tersebut, berlatihlah untuk cuek terhadap pikiran buruk.

Penguatan diri akan menjadi jalan yang ampuh keluar dari monkey mind. Biasakan untuk merapikan meja atau pakaian sebelum mulai berkegiatan atau bekerja. Kecuali jika kamu memang jauh lebih nyaman dan fokus dengan kamarmu yang berantakan.

Belajar Menerima

Mulailah belajar menerima kondisimu dan segeralah berubah. Jika kamu merasa dapat mengubah situasi, tentukan targetmu dengan segera. Kemudian lakukanlah dengan disiplin. Mengkhawatirkan diri memang perlu, tetapi tidak perlu berlebihan.

Ingat ya, sesuatu yang berlebihan tidak baik, lho. Hal itu dikarenakan 80 persen dari kekhawatiran atau ketakutan tidak pernah menjadi kenyataan. Khawatir dapat membuat energi terkuras dan tidak produktif.

Pikiran yang tidak betah saat merasa tidak bahagia mengerjakan sesuatu dapat membuat pikiran melompat-lompat. Nikmati pekerjaan dan diri yang saat ini kamu kerjakan. Lebih baik gunakan energi untuk fokus dengan apa yang dikerjakan saat ini agar hidup lebih baik.

Bagaimana Jika Tips Tersebut Gagal?

Tenang, tips di atas perlu dilakukan dengan disiplin dan kesabaran ekstra. Tidak bisa dirasakan secara instan. Otak akan menyesuaikan diri dengan latihan-latihan tersebut dari waktu ke waktu. Tips tersebut adalah metode bantu untuk melangkah lebih baik.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi monkey mind. Misalnya melakukan Yoga asana dan prayana juga cocok sebagai metode olahraga dengan meditasi.

Lalu, kamu juga bisa bercerita dengan orang lain tentang kondisimu yang sekarang. Mereka bisa mendengar dan memberimu saran. Langkah pertama, mulailah dengan dirimu sendiri untuk berdamai dengan monkey mind.

To Top