Health

Larangan untuk Ibu Hamil

Larangan untuk Ibu Hamil

Hamil merupakan hal yang didambakan para wanita tentunya. Ibu hamil perlu mengetahui pantangan bagi mereka. Bukan hanya menghindari alkohol dan rokok yang membahayakan janin, akan tetapi masih ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Selain itu juga beberapa aktivitas yang harus dihindari bagi ibu yang sedang hamil juga perlu diketahui. Simak ulasannya sebagai berikut;

• Daging setengah matang bahkan mentah/ olahan setengah matang
Daging setengah matang bahkan mentah merupakan makanan yang harus dihindari untuk ibu hamil, karena makanan tersebut mengandung bakteri, parasit, protozoa dan berbagai jenis cacing lainnya yang bisa menyebabkan resiko keguguran.

• Kafein
Kandungan kafein yang terdapat dalam secangkir kopi dinyatakan mampu menembus lapisan janin, hal tersebut akan mengganggu detak jantung dan pernapasan bayi dalam kandungan. Dikarenakan kafein mampu merangsang dalam mempengaruhi peningkatan hormon stress yang menyebabkan aliran oksigen dan berkurangnya aliran darah untuk mencapai janin.

• Olahraga yang berlebihan
Untuk sekedar jalan pagi atau menggerakkan badan secara ringan dan perlahan tidak masalah untuk kesehatan janin. Akan tetapi olah raga yang terlalu berat seperti lari dan lain sebagainya, yang sekiranya membahayakan kesehatan janin perlu dihindari. Apalagi hanya sekedar untuk mengangkat lemak atau diet. Hal tersebut perlu dipending untuk menjaga kesehatan bayi.

• Hindari zat berbahaya
Zat berbahaya yang dimaksudkan yaitu zat yang terkandung dalam cat rambut, cat dinding, cat kuku, kosmetik termasuk juga rokok dan alcohol seperti yang disebutkan diatas dan efek yang berbahaya seerti radiasi computer, rontgen. Dengan menghindari zat-zat tersebut diharapkan kesehatan janin akan terjaga.

• Menjaga diri dari suhu panas yang berlebihan
Panas yang berlebihan akan membuat wanita hamil lebih cepat lemas. Panas yang yang mampu meningkatkan suhu tubuh hingga 38 derajat celcius, diyakini akan mengakibatkan bayi terlahir cacat. Selain itu suhu panas tersebut memicu seorang bayi terlahir prematur.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari dan dikurangi oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin mereka. Sehingga pada masa kehamilan, ibu tidak mengalami suatu kondisi yang tidak diinginkan dan kelahiran dapat berjalan dengan lancar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top