Health

Lebih Baik Mana Perut Terisi vs Perut Kosong Saat Berolah Raga?

Lebih Baik Mana Perut Terisi vs Perut Kosong Saat Berolah Raga?

Lebih baik mana berolah raga saat perut terisi atau perut kosong? Pertanyaan ini sepertinya sudah sering ditanyakan dan ternyata menjawabnya tidaklah semudah yang Anda fikirkan karena saat ini sepertinya lebih banyak mitos yang beredar dari pada jawaban yang konkrit. Jika sampai sekarang Anda masih belum menemukan jawaban yang memuaskan beberapa informasi berikut mungkin berguna.

Perut Terisi vs Perut Kosong Saat Berolah Raga

Pernyataan bahwa berolah raga sebaiknya harus dalam keadaan perut kosong agar hasilnya maksimal terutama bagi Anda ingin cepat menurunkan berat badan, benarkah demikian? Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa mereka yang berolah raga dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan respon insulin dalam tubuh. Insulin akan mengubah glukosa dalam tubuh yang nantinya akan segera digunakan sebagai energi dan bukannya disimpan sebagai sel lemak (glycogen), sehingga memang benar bahwa berolah raga dalam perut kosong dapat membantu Anda mengatasi masalah berat badan.

Lebih Baik Mana Perut Terisi vs Perut Kosong Saat Berolah Raga?

Lalu Mengapa Berolah Raga dengan Perut Terisi Lebih Baik Dibandingkan dengan Perut Kosong?

Memang betul berolah raga dengan perut kosong juga memiliki dampak positif terhadap tubuh tapi ternyata berdasarkan penelitian berolah raga dengan perut terisi jauh lebih baik dan lebih dianjurkan dari pada berolah raga dengan perut kosong, alasan adalah sebagai berikut:

  • Ketika berolah raga dengan perut kosong maka tubuh akan mengambil energi dari glycogen yang tersimpan sehingga dalam jangka panjang, tubuh akan cenderung lebih banyak menyimpan glycogen dan membakar lebih sedikit kalori.
  • Untuk menjaga berat badan, metabolisme tubuh harus berfungsi secara optimal untuk membakar kalori. Kalori yang dibakar akan menghasilkan energi yang dibutuhkan. Jika tubuh terbiasa mengambil energi dari stok simpanan sel lemak di tubuh maka akibatnya, dalam jangka panjang kalori yang dibakar jumlahnya akan semakin sedikit setiap harinya dan malahan akan disimpan sebagai sel lemak yang justru dapat menyebabkan kegemukan.
  • Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang berolah raga dengan perut terisi cenderung makan lebih sedikit ketika selesai berolah raga karena selera makan mereka tidak sebesar ketika berolah raga dengan perut kosong.

Lebih Baik Mana Perut Terisi vs Perut Kosong Saat Berolah Raga?

Walaupun sekilas sepertinya berolah raga dengan perut kosong memberikan hasil yang mungkin relatif lebih cepat ternyata tidak baik bagi tubuh jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu sebuah penelitian lain juga menujukkan efek negatif ketika berolah raga dengan perut kosong dimana jika Anda berolah raga secara intensif maka tubuh akan membutuhkan energi secara terus menerus. Mengubah glycogen (stok simpanan sel lemak) menjadi energi adalah salah satu solusinya namun ketika stok glycogen sudah habis (karena tidak ada karbohidrat yang masuk ke tebuh sebelum berolah raga) maka tubuh otomatis akan menghasilkan energi dengan cara mengambil protein yang ada di otot. Jika hal ini terjadi maka akan menjadi mimpi buruk bagi seorang atlet profesional bahkan bagi mereka yang hanya sekedar ingin menjaga berat badan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas baik dengan perut terisi vs perut kosong saat berolah raga akan memberikan efek yang positif untuk program diet Anda. Lalu, jika demikian mengapa Anda harus menahan lapar ketika akan berolah raga. Lagipula berolah raga dengan perut terisi memberikan Anda tambahan energi sehingga saat berolah raga Anda tidak mudah lelah dan dapat melakukannya dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan jika Anda berolah raga dengan perut kosong. Itu artinya, kalori yang dibakar oleh tubuh juga akan lebih banyak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top