Health

13 Makanan ini Baik untuk Mood juga Dietmu

Portal Berita

Hormon tertentu sangat berperan ketika kita mendapat tekanan, dan beberapa hormon di antaranya memang punya hubungan dengan peningkatan nafsu makan. Salah satunya hormon serotonin. Serotonin adalah bahan kimia dalam tubuh yang bisa membuat kita merasa nyaman. Tak heran kalau kita terkena stres tingkat tinggi, tubuh secara tidak langsung berusaha mempertinggi serotonin untuk mengobatinya.

Salah satu cara untuk mendapatkan hormon serotonin adalah dengan memakan karbohidrat karena karbohidrat dapat meningkatkan serotonin secara cepat. Sayang, umumnya makanan berkabohidrat tinggi kalorinya dan biasanya pula disertai lemak. Donat, misalnya.

Maka, di bawah ini adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat, mempengaruhi hormon serotonin dan juga pastinya, sehat. Ayo, bijak memilih makanan saat stres melanda, ya!

1. Stroberi, Jeruk dan Mangga

Vitamin C dapat membantu meningkatkan mood kamu. Antioksidannya terbukti menurunkan gejala depresi dengan membantu tubuhmu menghentikan penumpukan radikal bebas sehingga lebih cepat pulih dari stres.

2. Seledri

Penelitian telah menunjukkan seledri yang mengandung bahan kimia 3-n-butylphthalide yang dapat menurunkan hormon stres dalam darah. Sajikan dalam salad segar yang dibuat dari cuka juga baik untuk mengelola stres.

3. Yogurt

Vitamin D-nya membantu menurunkan stres.

4. Pisang

Pisang mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan suasana hati. Vitamin B-nya membantu mengubah triptofan menjadi hormon serotonin untuk mengangkat suasana hati. Selain itu juga dapat membantu tidurmu lebih nyenyak.

5. Bayam

Kekurangan zat tertentu dalam vitamin B telah dikaitkan dengan depresi karena produksi serotonin dapat benar-benar terhalang oleh kadar vitamin B yang rendah.

6. Air putih

Kekurangan mineral dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental kita. Bukan hanya tubuh yang dipengaruhi oleh dehidrasi, tetapi juga otak.

7. Makanan renyah

Makanan renyah (yang sehat) seperti wortel dan apel akan mengurangi level stres.

8. Cokelat

Cokelat hitam terdiri dari fenilitamin dan serotonin yang bisa memberi perasaan bahagia. Antioksidan flavonolnya juga bisa menurunkan level stres.

9. Kacang Brazil

Kacang Brazil merupakan sumber selenium. Orang yang depresi, rendah seleniumnya sehingga menyantap kacang ini bisa meningkatkan mood.

 10. Tiram

Tiram mengandung zinc. Zinc dipercaya sangat baik untuk menghalau depresi.

11. Salmon

Salmon atau bahan makanan lain yang kaya omega 3–telur, sarden–akan menaikkan level dopamin dan serotonin. Keduanya sangat berhubungan erat dengan depresi.

12. Havermut

Mineral selenium dalam gandum juga dapat membantu suasana hati dengan mengatur fungsi kelenjar tiroid.

14. Lentil

Dipercaya para pakar dapat membantu otak meningkatkan neurotransmitter serotonin sehingga orang merasa lebih bahagia.

Sedangkan, agar stres yang kamu alami semakin bertambah parah, ada baiknya kamu hindari jenis makanan di bawah.

Kafein

Kafein membuatmu merasa lebih baik pada awalnya, tetapi dapat juga membuat kamu mudah marah dan merasa gelisah.

Gula

Gula memang memberi kenyamanan instan, tetapi gula juga dapat menurunkan energi yang membuatmu segera mencari makanan lainnya yang berkarbohidrat tinggi. Selain berpengaruh buruk bagi mood, gula juga berpotensi menyebabkan kegemukan.

Al kohol

Akohol memang memberi kenyamanan setelah meminumnya dan juga suasan menjadi lebih santai. Namun, keesokan harinya justru menimbulkan depresi.

Makanan berkarbohidrat yang berlemak tinggi

Makanan seperti ini dapat meningkatkan gula darah, membuat tubuh cepat lelah dan akibatnya akan membuat diri kita semakin tertekan.

Selain coba mengatasinya dengan makanan sehat, untuk menghindari–bahkan mengobati stres–kita juga dapat mencoba meditasi dan olahraga. Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top