Health

Makanan & Minuman Yang Buruk Untuk Diet Anda

Saat Anda berniat melakukan diet dengan cara mengatur makanan dan berolah raga, tentu itu adalah pemikiran yang baik. Namun saat menemukan bahwa berat badan Anda tidak kunjung berkurang atau hanya berkurang sedikit saja, kemungkinan besar pemilihan makanan yang dikonsumsi kurang tepat. Ada beberapa jenis makanan yang semestinya tidak Anda konsumsi atau Anda kurangi konsumsinya sehingga program diet Anda berhasil. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari atau kurangi saat melakukan diet.

DAGING OLAHAN (DELI MEAT)

Segala bentuk olahan bukan pilihan yang baik bagi Anda terlebih lagi bila bahan olahan itu adalah daging. Hal ini dikarenakan bahan makanan ini mengandung pengawet, lemak jenuh dan sumber garam. Belum lagi beberapa studi menemukan bahwa mengkonsumsi daging merah sangat berdekatan hubungannya dengan penambahan berat badan sehingga sebaiknya Anda hindari konsumsi bahan makanan ini. Jika Anda sangat menyukai daging merah dan tidak sanggup jika harus tidak mengkonsumsinya sama sekali, maka Anda bisa mengkonsumsinya sesekali, misalnya 20 hari sekali dan jangan dijadikan kebiasaan. Yang juga penting adalah sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam jumlah besar.

Pilihan untuk Anda : Lean meat atau daging tanpa lemak.

PRODUK BAKERY dan COKELAT

Tentu saja kedua jenis makanan ini termasuk di dalam daftar jenis makanan yang perlu dihindari terutama saat diet. Selain mengandung kalori  dan lemak yang tinggi, jenis makanan ini juga nyaris tidak memiliki nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Pilihan untuk Anda : Dark Chocolate dan rasa manis alami dari buah segar dan yoghurt rendah lemak

KECAP

Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa kecap masuk dalam jenis makanan yang tidak baik bagi diet Anda. Meskipun ia memiliki kalori yang rendah, namun ia memiliki kandungan sodium tinggi, yang memicu tubuh Anda jadi membengkak.

Pilihan untuk Anda : Bisa saja dipilih produk sejenis yang rendah sodium, namun sebaiknya dihindari saja.

MAYONNAISE

Komposisi bahan dari produk ini sebagian besar terdiri atas minyak dan lemak, dan itu berarti mayonnaise merupakan bahan makanan yang mengandung paling banyak lemak diantara makanan lain yang Anda konsumsi. 80% unsur dari mayonnaise adalah lemak, sehingga jika Anda mengkonsumsi 200 gr saja maka berarti Anda telah mengirimkan unsur lemak sebanyak 160 gr ke dalam tubuh Anda.

Pilihan untuk Anda : Jika Anda sangat menginginkan mayonnaise sebagai salad dressing, maka campur mayo dengan lemon dan yoghurt rendah lemak.

BIJI OLAHAN/REFINED GRAINS

Biji olahan adalah bahan makanan yang telah mengalami proses sedemikian rupa sehingga biji telah kehilangan bagian kulit dan lembaganya serta menyisakan bagian endosperm untuk meningkatkan daya simpan biji-bijian tersebut. Refined Grains hanya mengandung unsur karbohidrat serta sedikit protein. Contoh refined grain adalah beras putih tepung terigu. Sementara produk yang dibuat dari refined grain contohnya adalah roti tawar, sereal, kreker, biskuit dan keik.

Pilihan untuk Anda : Sebaiknya Anda memilih produk yang merupakan kebalikan dari refined grain, yaitu whole grain. Contoh produknya adalah oatmeal, beras merah, beras cokelat, gandum hitam utuh, tepung berlabel whole wheat flour

PRODUK BEBAS GULA

Anda pikir produk semacam ini lebih baik bukan? Ternyata tidak seperti itu. Karena meskipun produk ini mengandung sedikit unsur gula namun manfaatnya masih diragukan sampai saat ini. Produk bebas gula atau sugar free products biasanya justru mengandung bahan pengganti gula yang memberikan akibat  yang lebih buruk bagi tubuh. Mengkonsumsi produk ini dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.

KENTANG GORENG

Dapat dikatakan bahwa produkk makanan inilah musuh terbesar bagi diet Anda. Selain bahwa ia nyaris tidak menawarkan nutrisi apapun bagi tubuh, minyaknya yang mengandung lemak jenuh sangat banyak. Makanan ini juga bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Pilihan untuk Anda : Kentang manis yang digoreng menggunakan minyak zaitun.

JUS BUAH KEMASAN

Anda mungkin berfikir bahwa selama produk yang ditawarkan mengandung unsur buah-buahan, maka produk itu baik untuk tubuh. Namun ternyata itu salah. Jus buah kemasan tidak banyak menawarkan manfaat kecuali kalori yang tinggi bagi tubuh Anda.

Pilihan untuk Anda : Bagi Anda yang menyukai jus buah sebaiknya memiliki jus buah segar yang Anda buat sendiri di rumah. Selain itu, tidak ada pilihan lain.

ES KRIM

Hampir semua produk es krim yang dijual di pasaran mengandung gula, kuning telur, dan krim, jadi otomatis mereka mengandung tinggi lemak dan kalori. Contohnya begini, 100 gr es krim vanilla mengandung 200 kalori. Tentu saja makanan ini harus Anda hindari jika Anda sedang diet.

Pilihan untuk Anda : Es krim buatan sendiri dengan skim milk. Gunakan yoghurt rendah lemak dan bukan es krim. Jika dimungkinkan, ganti unsur susu yang dikandungnya dengan susu yang berasal dari tumbuhan. Susu kedelai, misalnya.

MINUMAN DINGIN dan MINUMAN BER-ENERGI

Hindari jenisn minuman diatas. Hanya akan memberi Anda unsur kalori  dan gula yang tinggi

Pilihan untuk Anda : Minum jus lemon

SNACK BAR BERSERAT TINGGI

Anda tidak mengira bahwa makanan ini masuk didalam daftar makanan yang harus dihindari atau dikurangi bukan? Tubuh kita memang memerlukan serat yang cukup sehingga kita percaya akan sangat baik jika mengkonsumsi makanan ini lebih banyak. Harus Anda ketahui bahwa pada umumnya satu buah snack bar rata-rata mengandung  25 gram. Menurut studi dari Institute of Medicine, pria memerlukan 38 gram serat perhari sedangkan wanita memerlukan 25 gram. Jadi, makanan ini tidak dapat Anda konsumsi banyak-banyak untuk menggantikan bahan makanan lainnya.

Pilihan untuk Anda : Porsi kecil buah dan sayuran segar mengandung serat yang tinggi.

MAKANAN BEKU

Makanan beku mengandung banyak kalori. Namun dikarenakan seringkali dibungkus dalam porsi mungil membuat Anda merasa aman jika mengkonsumsinya lebih banyak.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top