Health

Makanan Minuman Yang Disarankan dan Harus Dihindari Ketika Asam Lambung Naik

Ketika asam lambung naik, beberapa penyebabnya bisa jadi karena telat makan, stres, atau salah makan. Paling sering, asam lambung naik karena salah makan. Untuk itu, penderita asam lambung tinggi wajib tahu nih, makanan serta minuman apa saja yang boleh dan yang harus dihindari.

Gejala asam lambung di antaranya adalah rasa perih, mual dan kembung pada perut, atau dalam kasus lebih parah, asam lambung berlebih ditandai dengan gejala sesak napas dan refluks lambung.

Jangan sepelekan, asam lambung bisa menyebabkan komplikasi serius bahkan hingga mengancam nyawa. Sakit asam lambung atau maag yang disepelekan, seperti terus mengonsumsi makanan dan minuman pemicu atau tidak menjaga pola makan teratur dapat menyebabkan iritasi lambung hingga kanker lambung.

Berikut ini deretan daftar makanan dan minuman yang harus dihindari ketika asam lambung naik.

1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan yang mengandung gula, secara otomatis dapat menyebabkan gula darah meningkat. Jika penderita asam lambung mengalami kenaikan gula darah, perut biasanya akan terasa lebih perih serta tubuh menjadi berkeringat dan gemetar.

Sumber Gambar: Pinterest

Rasa manis memang menggoda selera, tapi, ketika asam lambung naik, berhenti mengonsumsi manis-manis dulu, ya.

2. Makanan yang Mengandung Gas

Gas berlebih pada perut akan menyebabkan kembung, begah serta rasa tidak nyaman. Terlebih untuk penderita maag, makanan bergas hanya akan membuat asam lambung naik. Hindari ubi, sayur sawi, kol, nangka hingga makanan bersantan yang mengandung kadar gas tinggi.

3. Makanan Pedas

Dewasa ini, makanan pedas semakin populer hingga tersedia beberapa level. Memang sih, mengonsumsi makanan pedas dipercaya dapat mengurangi stres. Namun, bagi penderita asam lambung, makan pedas cuma bikin tambah stres.

Umum diketahui, makanan pedas dilarang keras untuk penderita asam lambung. Makanan pedas berpotensi menyebabkan iritasi lambung yang bisa menjadi komplikasi serius jika diabaikan. Sebisa mungkin hindari konsumsi cabai berlebih, saos sambal, sambal dan makanan yang banyak mengandung lada atau merica.

4. Makanan Asam

Hindari konsumsi asam ketika asam lambung sedang naik, seperti cuka, acar atau asinan. Kafein dalam kopi maupun teh juga dilarang mengingat kandungan asam yang tinggi. Memang, makanan asam sangat segar nan menggoda untuk dicicipi. Namun, jika hanya akan memperparah sakit lambung hingga bisa menyebabkan refluks lambung, tidak ada salahnya untuk menghindari dulu.

Nah, jika barusan adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat asam lambung naik, di bawah ini Loper kasih tahu makanan dan minuman apa saja yang baik dikonsumsi. Langsung aja, yuk!

1. Gandum dan Biji-Bijian

Biasanya, ketika telanjur telat makan, kita selalu cari makanan apa yang praktis dan bisa cepat dikonsumsi.Roti, misalnya. Sayang sekali, bagi sebagian orang roti yang mengandung ragi pun sebenarnya harus dihindari oleh penderita penyakit asam lambung.

Sebagai gantinya, ada roti gandum yang lebih sehat serta mengenyangkan. Roti gandum atau makanan yang mengandung gandum seperti sereal mengandung serat lebih banyak yang mudah dicerna.

Sumber Gambar: Pinterest

Biji-bijian seperti oatmeal, kacang merah, almon dan beras merah pun merupakan makanan berserat yang baik untuk lambung serta dapat memperlancar aliran pencernaan.

2. Makanan Berprotein Tinggi

Protein lebih mudah dicerna oleh lambung ketimbang karbohidrat. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging dan ikan amat disarankan untuk dikonsumsi terlebih ketika asam lambung naik.

Supaya lebih sehat,pilih jenis daging rendah lemak tanpa kulit atau konsumsi saja ikan yang pastinya lebih aman untuk kesehatan tubuh bagian lainnya.

3. Brokoli untuk Sakit Lambung

Brokoli dipercaya  mengurangi sakit pada lambung karena mengandung zat sulforpahane yang dapat melawan bakteri helicobacter pylori, bakteri negatif penyebab sakit lambung. Data dalam jurnal Cancer Prevention Research menyebutkan, rutin mengonsumsi setengah cangkir brokoli selama dua bulan dipercaya dapat mengurangi resiko sakit lambung termasuk mencegah asam lambung naik.

Jika tidak suka brokoli yang dikukus, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan sehat seperti tumis sayuran atau capcay, lho! Atau dijus dengan campuran madu, rasanya enak juga!

Penyakit asam lambung sejatinya tidak dapat disembuhkan, sebab, asam lambung asli berasal dari tubuh manusia sehingga tidak dapat dicegah kemunculannya. Namun, kita tetap bisa menjaga agar kadar asam lambung tidak berlebih dengan cara sering mengonsumsi dan menghindari makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas.

Selain menjaga pola makan dan makan teratur, diharapkan penderita penyakit asam lambung pun dapat dengan bijak mengelola stres, rajin olahraga serta menjaga pola hidup sehat.

Itu dia informasi makanan dan minuman yang boleh dan yang harus dihindari ketika asam lambung naik. Ayo, jaga kadar asam lambung dalam tubuh mulai sekarang, sebab, segala penyakit sumbernya dari perut. Semoga bermanfaat, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top